Sukses

Warnai Liburan Anak dengan Aktivitas Sehat dan Seru Ini

Supaya liburan anak menyenangkan dan tak terlupakan, warnai hari-harinya dengan aktivitas sehat dan seru berikut ini!

Klikdokter.com, Jakarta Liburan telah tiba, semua hati gembira. Liburan mungkin menjadi hari yang ditunggu oleh anak-anak, karena mereka mendapat kesempatan untuk melakukan berbagai aktivitas yang sulit dikerjakan di hari biasa.

Sayangnya, sebagian orang tua merasa bahwa liburan memberikan rasa takut tersendiri. Hal ini terkait dengan sajian kegiatan yang mesti dilakukan si Kecil, agar selama liburan dirinya bisa tetap senang dengan kondisi kesehatan yang selalu terjaga.

Lalu, adakah solusi terbaik agar selama liburan si Kecil bisa terus sehat sekaligus menyenangkan? Ada! Berikut beberapa kegiatan yang bisa membuat liburan si Kecil menyehatkan lagi menyenangkan.

  • Liburan di rumah

Liburan di rumah juga bisa menjadi sangat menyenangkan, lho! Banyak kegiatan yang dapat Anda lakukan bersama si Kecil dan anggota keluarga lain di rumah. Contohnya, kerja bakti membersihkan rumah.

Anda dapat berbagi tugas dengan anak untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan rumah, seperti menyapu, mengepel, membersihkan jendela, menyiram tanaman, membersihkan pekarangan, mencuci kendaraan, dan sebagainya.

Dalam pembagian tugas, pastikan hal tersebut sesuai dengan usia dan kemampuan anak. Hindari melakukan pemaksaan dalam bentuk apapun. Ingat, tujuannya bukanlah sekadar membuat rumah menjadi bersih, tetapi mengajari anak tentang kerja sama dan bertanggung jawab.

Selain membersihkan rumah bersama, Anda juga bisa mengajak si Kecil untuk menata ulang kamarnya atau membuat dekorasi di ruang bermainnya. Anda bisa membuat karya seni tertentu bersama anak, seperti lukisan atau kerajinan tangan. Kemudian, minta anak untuk menempelnya di dinding kamar sebagai pajangan atau hiasan.

Hal lain yang dapat Anda lakukan bersama anak adalah memasak bersama. Selama liburan, libatkan anak membuat menu makanan keluarga. Ajak ia belanja ke pasar, dan libatkan dalam proses pengolahan bahan yang dibelinya menjadi makanan.

  • Pergi piknik

Anak-anak pasti menyukai piknik. Meski makanan yang dikonsumsi sama dengan di rumah, sensasi yang didapatkan ketika piknik pasti berbeda. Anda dapat pergi ke taman di sekitar rumah, lalu melakukan piknik sederhana.

Sambil menikmati waktu piknik, si Kecil bisa bereksplorasi dengan lingkungannya dan mengasah kemampuan motoriknya.

  • Berkemah

Kegiatan berkemah mungkin identik dengan pergi ke gunung atau hutan dan tidur di dalam tenda. Hal tersebut bisa dilakukan bila anak sudah cukup besar dan Anda telah mempersiapkannya jauh-jauh hari. Namun, bila anak masih kecil, Anda bisa melakukannya di teras depan rumah.

Caranya, pasang tenda yang cukup untuk Anda dan anak-anak. Lalu, ajak anak untuk berkemah di sana hingga esok harinya. Sepanjang malam, Anda dapat mengajak mereka bernyanyi, bermain tebak-tebakan, dan bercerita.

  • Olahraga bersama

Kalau olahraga sulit dilakukan di hari biasa, saat liburan Anda bisa melakukannya bersama-sama dengan anak. Mulai dari lari mengelilingi rumah, berenang bersama, atau bersepeda.

Anda bisa melakukan kegiatan ini pagi atau sore hari. Selain menyenangkan, kegiatan ini juga menyehatkan tubuh Anda dan si Kecil.

  • Mengunjungi tempat wisata

Ini adalah hal umum yang pasti dilakukan saat liburan. Ada banyak tempat wisata yang dapat dipilih, mulai dari kebun binatang, pantai, museum, pusat permainan, dan sebagainya.

Libatkan anak untuk menentukan tempat wisata yang akan dituju. Sebaiknya pilih tempat wisata yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah untuk mencegah kelelahan berlebih pada anak, sehingga ia tetap sehat dan dapat menikmati liburannya.

Ajak mereka mempersiapkan keperluan sebelum pergi. Jangan lupa untuk selalu menyediakan air putih yang cukup untuk mencegah anak dehidrasi atau kekurangan cairan.

Selain merencanakan kegiatan liburan, Anda juga harus tetap menjaga stamina diri sendiri dan anak-anak. Ini artinya, Anda dan si Kecil tetap wajib menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan bergizi seimbang, banyak makan buah dan sayur, tidak begadang, dan tetap menyempatkan waktu untuk berolahraga. Memenuhi nutrisi anak dengan vitamin juga perlu dilakukan, agar daya tahan tubuh si Kecil tetap terjaga sehingga dirinya bisa menikmati liburan dengan lebih baik.

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar