Sukses

Manfaat Jalan Cepat yang Membuat Tubuh Anda Lebih Bugar

Berjalan lebih cepat ternyata memiliki beragam kebaikan bagi tubuh. Apa sajakah itu? Simak manfaat jalan cepat bagi kesehatan di sini.

Jalan cepat adalah olahraga intensitas ringan yang mudah dilakukan dan bisa memberikan beragam manfaat kesehatan. Kunci dari berjalan cepat adalah mempertahankan kecepatan yang sama, agar jantung dan paru terlatih dan tertantang, hingga garis akhir.

Untuk menentukan kecepatan yang pas, cobalah untuk berbicara sambil berjalan cepat. Apabila Anda masih mampu berbicara dengan sedikit usaha, Anda sedang berjalan dalam tempo sedang tapi cepat.

Ada berbagai manfaat jalan cepat bagi kesehatan yang bisa Anda dapatkan. Berikut ulasannya.

1 dari 5 halaman

1. Menurunkan Berat Badan

Berjalan cepat secara rutin dapat mengurangi berat tubuh berlebih. Aktivitas ini dapat membakar banyak kalori serta meningkatkan massa otot tanpa lemak.

Anda yang sedang berusaha memangkas berat badan tanpa teknik dan peralatan rumit, berjalan cepat adalah salah satu pilihan terbaik.

2. Memperbaiki Kesehatan Jantung

Penelitian menemukan, melakukan jalan cepat selama 5 hari dalam seminggu mampu menurunkan risiko penyakit jantung. Olahraga kardio ini mampu menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah bila dilakukan secara rutin.

Artikel lainnya: 10 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan Anda

2 dari 5 halaman

3. Menurunkan Tekanan Darah

Dengan berlatih olahraga kardio secara rutin, Anda akan mengalami penurunan tekanan darah secara alami. Padukan kebiasaan baik ini dengan konsumsi makanan sehat dan seimbang.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah

Berjalan cepat secara rutin akan memperbaiki sensitivitas insulin dalam tubuh. Artinya, sel dalam otot akan lebih mampu menggunakan insulin untuk mengubah glukosa menjadi energi, sebelum maupun sesudah berolahraga.

3 dari 5 halaman

5. Memperbaiki Kesehatan Mental

Berbagai studi telah membuktikan berolahraga mampu memperbaiki rasa percaya diri, meningkatkan kualitas tidur, dan membangun kekuatan otak  lebih baik. Hal-hal tersebut pada akhirnya dapat membantu memelihara kesehatan mental Anda.

6. Dapat Dilakukan Sembari Aktivitas Lain

Anda tidak selalu perlu menyediakan waktu untuk berjalan cepat. Aktivitas ini bisa dilakukan di mana saja bersamaan dengan kegiatan lainnya.

Misalnya, saat Anda berbelanja di supermarket sambil menjinjing belanjaan, atau saat berangkat atau pulang kerja. Dengan demikian, Anda mengombinasikan olahraga aerobik dan penguatan otot.

Artikel lainnya: 10 Manfaat Sehat Rutin Jalan Kaki 30 Menit Setiap Hari

4 dari 5 halaman

7. Mudah Dimodifikasi agar Tidak Bosan

Mengubah jalan cepat menjadi suatu latihan interval intensitas tinggi (HIIT) juga mudah diterapkan! Misalnya, jalan menaiki bukit menggunakan kecepatan tinggi selama 5 menit, yang diikuti dengan berjalan di permukaan yang datar selama 3 menit.

Ulangi aktivitas ini selama 20-30 menit untuk membakar lebih banyak kalori dengan mudah dan cepat.

8. Mengurangi Nyeri Sendi

Mencegah terjadinya nyeri sendi, terutama sendi panggul dan lutut, bisa dilakukan dengan rutin berjalan cepat. Hal ini karena pelumas sendi yang diproduksi saat Anda bergerak juga menguatkan otot di sekitar sendi tersebut.

Bagi pengidap arthritis, manfaat jalan cepat juga mampu mengurangi rasa nyeri. Berjalan 3 km seminggu juga mampu mencegah arthritis.

Yuk, sisipkan rutinitas berjalan cepat ke dalam jadwal sehari-hari, misalnya 3x10 menit dalam sehari, atau 2x15 menit dalam sehari. Targetkan 150 menit berjalan cepat dalam seminggu, yang dapat Anda bagi dalam 5 hari.

Pilih sepatu yang cocok dan nyaman untuk kaki. Apabila berjalan di luar dan menggunakan headphone, pastikan Anda masih bisa mendengar suara agar dapat mengurangi risiko kecelakaan. Jadi, apakah Anda sudah siap menerima manfaat jalan cepat?

Intip informasi menarik lainnya seputar gaya hidup sehat, nutrisi, dan penyakit dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

0 Komentar

Belum ada komentar