Mata

Apa Itu Mata Malas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Siti Putri Nurmayani, 09 Nov 2023

Ditinjau Oleh dr.Nadia Octavia

Gangguan mata malas bisa menyerang anak-anak. Tentunya, kondisi ini bisa mengganggu keseharian. Ketahui serba-serbi mata malas di sini.

Apa Itu Mata Malas? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tak hanya sekadar keluhan penampilan fisik yang terlihat tidak bersemangat, ternyata mata malas merupakan gangguan kesehatan yang serius. Secara medis, mata malas disebut dengan istilah amblyopia.

Kondisi ini termasuk ke dalam gangguan mata yang serius dan butuh upaya keras untuk menyembuhkannya. Umumnya, mata malas sering terjadi pada anak-anak. Yuk, kenali apa itu mata malas dan ciri-cirinya lewat ulasan berikut ini.

Mengenal Mata Malas dan Penyebabnya

Disampaikan dr. Nadia Octavia, mata malas artinya adalah kondisi berkurangnya ketajaman penglihatan di salah satu mata. Hal ini disebabkan oleh perkembangan proses penglihatan yang tidak normal yang terjadi saat bayi atau anak-anak.

“Pada gangguan mata malas, terjadi kekurangan stimulasi untuk sistem penglihatan. Biasanya, ini terjadi ketika penderita masih anak-anak,” tuturnya.

Mengutip dari National Eye Institute, penyakit ini dapat berkembang ketika ada gangguan dalam cara kerja otak dan mata, sehingga otak tidak dapat mengenali pemandangan dari 1 mata.

Seiring berjalannya waktu, otak semakin bergantung pada mata lain yang lebih kuat, sementara penglihatan pada mata yang lebih lemah akan menjadi semakin buruk.

Selain itu, penyebab mata malas pada anak umumnya terjadi karena gangguan refraksi mata yang sangat berat, misalnya memiliki minus, plus, atau silinder mata yang terlalu tinggi, memiliki penyakit mata juling, faktor genetik, kerusakan mata akibat trauma, atau defisiensi vitamin A.

Gangguan-gangguan tersebut biasanya terjadi di masa perkembangan sistem penglihatan, yakni pada anak-anak yang baru lahir hingga usia 7 tahun. Oleh karenanya, penyakit mata malas cenderung lebih sering dialami oleh anak-anak.

Sering kali, penyakit mata malas dialami hanya pada satu mata. Akan tetapi, bisa juga mata malas ini dialami di kedua mata.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apa perbedaan mata malas dan mata juling? Penyakit ini disebut dengan istilah mata malas karena mata yang lebih kuat akan bekerja dengan lebih baik. Seseorang yang mengidapnya tidak memiliki kendali atas cara kerja otot mereka yang lemah.

Sedangkan mata juling, ini mengacu pada ketidaksejajaran pada salah satu atau kedua mata, sehingga mengakibatkan mata mengarah ke dalam atau terkadang ke atas dan ke samping.

Ciri-Ciri Mata Malas yang Perlu Dikenali

Mata malas adalah kondisi yang perlu segera ditangani. Sayangnya, gangguan mata malas sering kali sulit untuk dideteksi karena hasil pemeriksaan menyeluruh pada penderita jarang menunjukkan adanya penyakit mata yang berat.

Namun, ada beberapa gejala mata malas yang bisa muncul. Berikut ciri-ciri mata malas yang harus kamu waspadai:

  • Kecenderungan untuk menabrak benda di satu sisi tertentu
  • Bola mata yang terlihat ke dalam atau ke luar
  • Kedua mata terlihat tidak berkoordinasi dengan baik
  • Pandangan mata kabur atau berbayang
  • Penderita sering menyipitkan mata ketika berusaha melihat suatu benda
  • Penderita sering memiringkan posisi kepala saat melihat sesuatu. 

Penting untuk diingat, terkadang mata malas tidak menunjukkan tanda atau gejala. Sehingga dibutuhkan pemeriksaan untuk menentukan diagnosis mata malas.

Artikel Lainnya: Daftar Penyakit yang Ditangani Dokter Spesialis Mata

Cara Menyembuhkan Mata Malas pada Anak dan Dewasa

Mata malas

Mata malas tentunya dapat membuat penderitanya merasa terganggu. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara mengatasi mata malas. Umumnya, cara mengobati mata malas akan bergantung dari penyebab mata malas dan seberapa parah kondisinya.

Beberapa cara menghilangkan mata malas yang bisa dilakukan mencakup:

  • Kacamata atau lensa kontak korektif yang biasanya dapat mengatasi masalah rabun dekat, rabun jauh, atau astigmatisme
  • Obat tetes mata jenis tertentu untuk memburamkan pandangan secara sementara pada mata yang lebih kuat, sehingga dapat meningkatkan kerja dari mata yang lebih lemah
  • Penutup mata untuk menstimulasi mata yang lebih lemah. Nantinya anak dapat menggunakan penutup mata pada mata yang lebih kuat sebagai bentuk terapi mata malas
  • Pembedahan dengan tujuan untuk memperbaiki otot mata, kelainan kelopak mata, atau katarak

Selain langkah-langkah di atas, cara menyembuhkan mata malas pada orang dewasa dan anak-anak juga bisa dengan mencukupi kebutuhan nutrisi, salah satunya vitamin.

Berdasarkan Illinois Department of Central Management Services, vitamin untuk mata malas terdiri dari vitamin A, B12, C, dan E. Selain itu, perlu juga asupan nutrisi lain seperti omega-3 dan zinc.

Nah, itu dia serba-serbi mata malas yang bisa kamu ketahui. Yuk, #JagaSehatmu dengan mengenali gejala mata malas sedini mungkin dan lakukan pemeriksaan mata secara rutin sejak usia anak-anak.

Kamu bisa lakukan pemeriksaan kesehatan mata dengan memesannya lewat aplikasi KlikDokter. 

Bila punya pertanyaan seputar mata malas dan cara mengatasinya, jangan sungkan untuk lakukan konsultasi secara online lewat layanan Tanya Dokter dengan dokter spesialis mata dan booking dokter spesialis mata dengan layanan Temu Dokter, ya!

(NM)

Mata Malas

Konsultasi Dokter Terkait