Sukses

3 Peregangan Sederhana Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Duduk terlalu lama saat mudik dapat menimbulkan rasa pegal dan nyeri punggung. Peregangan adalah salah satu cara mengatasi masalah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Saat musim mudik Lebaran seperti sekarang ini, kemacetan di jalan tidak bisa dihindarkan. Anda pun mau tak mau harus bersabar duduk di dalam kendaraan, baik kendaraan umum ataupun pribadi, untuk waktu yang lama. Tak jarang, lama-kelamaan akan timbul rasa kaku dan pegal di leher, bahu, dan punggung akibat terlalu lama duduk. Nah, peregangan adalah salah satu cara mengatasi masalah ini.

Bahaya duduk terlalu lama

Terkait hal tersebut, dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter menjelaskan, keluhan nyeri punggung dan pegal ketika Anda duduk terlalu lama merupakan kondisi yang wajar. “Itu karena otot kelelahan mempertahankan posisi dalam waktu lama dan tidak melakukan aktivitas apa pun.”

Dia menambahkan, biasanya, nyeri akan mereda dengan sendirinya setelah Anda berisitirahat atau melakukan aktivitas lainnya, seperti peregangan.

Ditambahkan dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter, ketika duduk terlalu lama, tubuh Anda bisa mengalami perlambatan metabolisme, gangguan otot tulang belakang, peningkatan kadar kolesterol, serta kegemukan.

“Sebuah penelitian membandingkan orang dewasa yang menghabiskan kurang dari dua jam sehari untuk duduk di depan televisi dan orang dewasa yang aktif bergerak. Orang yang duduk memiliki peningkatan risiko sebanyak 50 persen untuk mengalami kematian akibat berbagai penyebab,” kata dr. Alvin.

Peregangan sederhana di tengah mudik

Anda yang merasa pegal di dalam mobil, jangan khawatir. Ada beberapa peregangan sederhana yang dapat menyelamatkan kondisi Anda. Yuk simak di bawah ini:

  • Peregangan dada

Dalam posisi duduk, silangkan tangan ke dada hingga masing-masing telapak tangan menyentuh bahu secara silang. Selanjutnya, lakukan gerakan seperti memeluk erat. Kemudian, turunkan lengan Anda ke arah bawah, lalu tarik ke arah belakang. Lakukan gerakan ini 10-15 kali.

Gerakan ini akan menyebabkan dada Anda mengembang. Pastikan Anda tidak terlalu memaksakan punggung bagian bawah.

  • Peregangan leher

Anda sering menganggap punggung bagian bawah adalah yang terbebani paling berat ketika Anda banyak duduk. Padahal, bagian terburuk ketika Anda duduk dalam waktu lama adalah tekanan yang diberikan pada tulang belakang leher.

Untuk melakukan peregangan leher, letakkan dagu ke dada dan biarkan menggantung selama 10 detik. Untuk meregangkan bagian samping leher, bengkokkan leher ke kiri hingga telinga Anda menyentuh bahu, lakukan juga ke arah sebaliknya. Anda dapat melakukan gerakan ini beberapa kali hingga rasa kaku di leher hilang.

  • Peregangan otot paha

Dalam posisi duduk, silangkan satu kaki di atas yang lain, sandarkan pergelangan kaki Anda di atas lutut yang berlawanan. Tekan lutut kaki yang diangkat dengan mendorongnya ke arah tanah. Lakukan hal yang sama pada kaki lainnya. Lakukan gerakan ini 10 kali.

Jika kondisinya memungkinkan, Anda dapat keluar mobil dan berjalan-jalan di sekitar mobil Anda. Ya, aktivitas sederhana ini adalah salah satu cara terbaik untuk membuat tubuh Anda terbebas dari rasa pegal. Berjalanlah sekitar 10 atau 15 menit. 

Itu adalah tiga tips peregangan saat Anda mudik. Gerakan-gerakan tersebut cukup sederhana dan dapat Anda lakukan di dalam mobil. Akan tetapi, sebaiknya, jika Anda sudah merasa sangat lelah dan sakit di bagian punggung, jangan memaksa untuk melanjutkan perjalanan. Lebih baik cari rest area terdekat dan istirahat sejenak.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar