HomeInfo SehatTHTSinusitis, Bisakah Disembuhkan?
THT

Sinusitis, Bisakah Disembuhkan?

dr. Atika, 17 Agu 2020

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Sinusitis bisa terjadi secara berulang dan sangat mengganggu penderitanya. Kira-kira, bisakah penyakit ini disembuhkan?

Sinusitis, Bisakah Disembuhkan?

Sinusitis merupakan terjadinya peradangan pada lapisan jaringan di permukaan sinus paranasal, yakni rongga-rongga udara yang berlokasi di sekitar hidung dan berfungsi untuk mengurangi beban berat pada tulang kepala manusia. Saat terjadi peradangan pada sinus paranasal, dapat terjadi gejala yang menyerupai pilek atau selesma.

Bedanya, terdapat beberapa gejala tambahan lainnya. Selain itu, sinusitis biasanya lebih mengganggu dibandingkan pilek biasa dan bisa terjadi secara berulang. Maka, sangat wajar ketika penderitanya bisa sangat terganggu kenyamanannya.

Lalu, bagaimana membedakan antara pilek biasa dengan sinusitis? Pemeriksaan dengan saksama oleh dokter akan mengungkapkan perbedaannya. Namun, petunjuk awal sinusitis bisa dilihat dari ada atau tidaknya infeksi saluran pernapasan atas yang memanjang hingga 7-10 hari. https://www.klikdokter.com/penyakit/masalah-pernapasan/pilek

Selain itu, sinusitis memiliki gejala yang lebih berat, misalnya disertai demam tinggi, nyeri pada wajah, lendir kehijauan dari hidung, dan bengkak di sekitar mata.

Bisakah Sinusitis Disembuhkan?

Bila memang telah terindikasi mengalami sinusitis, maka Anda mungkin saja membutuhkan pengobatan yang lebih intensif dibandingkan pilek biasa.

Mengingat sinusitis yang bersifat akut disebabkan oleh infeksi, maka faktanya penyakit ini bisa disembuhkan dengan sempurna. Untuk bisa sembuh dibutuhkan adalah pemberian obat yang tepat serta penerapan gaya hidup yang mendukung.

Sinusitis bisa disebabkan oleh virus maupun bakteri. Namun, penanganannya tidaklah sama. Antibiotik hanya diperlukan pada sinusitis yang disebabkan oleh bakteri untuk membantu melawan bakteri penyebab sinusitis dan mempercepat kesembuhan. Namun, bila digunakan pada sinusitis akibat virus, tentunya tidak akan mendatangkan manfaat.

Adapun penanganan yang dibutuhkan pada sinusitis akibat virus terdiri dari beberapa macam obat.

Obat pertama yang dibutuhkan penderita adalah analgesik atau obat penghilang nyeri. Selain itu, obat steroid yang dimasukkan ke hidung juga dapat mengurangi keparahan gejala. Sebagai alternatif, bisa dilakukan irigasi hidung menggunakan cairan fisiologis (NaCl 0,9 persen) untuk membersihkan hidung dan mempercepat kesembuhan.

Artikel Lainnya: Kapan Sinusitis Anda Perlu Dioperasi?

Obat-obat dan tindakan tersebut juga bisa diberikan pada penderita sinusitis akibat bakteri untuk menunjang kesembuhan. Ketika Anda mengalami gejala sinusitis, periksakan ke dokter untuk mengetahui apakah disebabkan oleh virus atau bakteri.

Selain itu, tentunya hal yang sangat penting adalah meningkatkan daya tahan tubuh, terutama bagi sinusitis akibat virus. Perbanyaklah istirahat selama sakit, konsumsi makanan bergizi dan seimbang dalam jumlah yang cukup, serta minumlah air putih yang banyak.

Dengan cara-cara di atas, umumnya sinusitis akan sembuh secara sempurna. Bila tidak, maka bisa jadi ada ganguan lain di tubuh. Sebagai contoh, penyakit alergi pada hidung (rhinitis alergi) mungkin menyebabkan gejala yang sama, bahkan bisa sampai memperberat gejala sinusitis.

Penderita rhinitis alergi sangat mudah mengalami sinusitis yang memanjang atau berulang-ulang. Untuk kondisi khusus ini diperlukan pengobatan tambahan khusus.

Sinusitis ternyata dapat disembuhkan dengan sempurna. Namun, bila sinusitis terasa membandel dan sulit sembuh, berarti terdapat penyakit lain yang menyertai. Teruslah berkonsultasi atas perkembangan penanganan sinusitis Anda pada dokter yang menangani.

[NP/RVS]

Antibiotiksaluran pernapasanindra penciumaniritasi tenggorokangejala sinusiitisSinusitis