Sukses

Manfaat Sehat Tertawa yang Perlu Anda Tahu

Tertawa bukan hanya sebagai ekspresi gembira. Perilaku ini juga bisa mengundang banyak manfaat sehat, lho. Berikut fakta seputar manfaat tertawa bagi kesehatan Anda.

Tertawa adalah hal sederhana yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Aktivitas ini biasanya dilakukan untuk meluapkan rasa senang atau gembira. 

Namun, tahukah Anda bahwa tertawa bukan hanya sekadar ekspresi kegembiraan? Ternyata, ada banyak manfaat tertawa bagi kesehatan

Para ahli telah membuktikan bahwa tertawa dapat mengurangi nyeri, membawa lebih banyak kebahagiaan, bahkan meningkatkan daya tahan tubuh.

Ketika mulai tertawa, beban mental Anda pun akan terasa lebih ringan. Selain itu, aktivitas tersebut juga bisa menyebabkan banyak perubahan positif di dalam tubuh. 

Artikel Lainnya: Tertawa Terbahak-Bahak Saat Hamil, Berbahaya untuk Janin?

Secara jangka pendek, berikut ini beberapa manfaat tertawa untuk kesehatan tubuh Anda: 

1 dari 11 halaman

1. Menstimulasi Berbagai Organ dalam Tubuh

Tertawa meningkatkan asupan udara kaya oksigen, yang akan memicu kerja jantung, paru, dan otot. Hal tersebut juga dapat meningkatkan endorfin yang dilepaskan oleh otak. 

Dengan demikian, tertawa dapat menstimulasi organ-organ dalam tubuh sehingga Anda tetap sehat dan bugar. 

2 dari 11 halaman

2. Mengaktifkan dan Melegakan Respons terhadap Stres

Manfaat tertawa lepas akan meningkatkan respons stres, untuk kemudian menurunkannya. 

Di waktu yang sama, detak jantung akan meningkat dan langsung menurun seketika. Hal ini dapat menciptakan perasaan yang melegakan dan memberikan sensasi relaksasi. 

3 dari 11 halaman

3. Mengurangi Ketegangan pada Tubuh

Tertawa juga dapat menstimulasi sirkulasi darah dan membantu relaksasi otot. 

Kedua hal tersebut dapat mengurangi beberapa gejala fisik yang ditimbulkan oleh stres, seperti ketegangan pada otot leher dan bahu.

4 dari 11 halaman

4. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Adanya pikiran negatif akan memicu reaksi kimia yang berdampak buruk pada tubuh, seperti stres serta daya tahan tubuh menurun.

Sebaliknya, dengan pikiran yang positif, seperti ketika tertawa, protein yang dapat melawan stres akan dilepaskan. Pada gilirannya, hal ini pun dapat menurunkan risiko penyakit.

5 dari 11 halaman

5. Meredakan Nyeri

Tertawa itu menyehatkan, dan mampu merangsang tubuh untuk memproduksi senyawa antinyeri alami. 

Alhasil, Anda akan secara alami merasakan nyeri yang berkurang, baik secara fisik maupun mental. 

Artikel Lainnya: Awas, Tertawa Terlalu Lebar Bikin Rahang Tak Bisa Menutup

6 dari 11 halaman

6. Meningkatkan Kepuasan Pribadi

Salah satu manfaat tertawa bagi kesehatan adalah bisa meningkatkan kepuasan Anda. 

Tertawa dapat membuat Anda lebih mudah menghadapi situasi yang sulit, serta memberi kemudahan dalam berkoneksi dengan orang lain.

7 dari 11 halaman

7. Meningkatkan Suasana Hati atau Mood

Orang terdekat mungkin sedang mengalami depresi, dan Anda tidak mengetahui pemicunya. 

Namun, dengan tawa yang Anda lontarkan, depresi dan kecemasan yang dirasakan orang tersebut bisa saja berkurang. Ia pun bisa “tertular” untuk merasa bahagia juga. 

8 dari 11 halaman

8. Membangun Hubungan yang Kuat

Berbagi tawa dengan orang-orang tersayang dapat Anda jadikan sebuah kebiasaan. 

Misalnya, jika Anda sedang menjalin hubungan jarak jauh dengan seseorang, sering-sering bertukar cerita lucu maupun lelucon akan membuat hubungan semakin dekat, kuat dan hangat. 

9 dari 11 halaman

9. Olahraga yang Tidak Disadari

Aktivitas tertawa yang baik dapat melatih otot diafragma. Selain itu, tertawa juga bisa membantu kontraksi otot perut dan bahu.

Hal-hal tersebut dapat memicu sensasi relaks setelahnya. Jantung Anda pun turut terlatih saat tertawa, sehingga fungsinya lebih terjaga.

10 dari 11 halaman

10. Lebih Awet muda

Ada anggapan, banyak tertawa bikin Anda lebih awet muda. Ternyata, hal tersebut tak sepenuhnya salah, lho

Tertawa dapat meningkatkan hormon endorfin dan mengurangi stres, sehingga meringankan ketegangan otot-otot di wajah. Hal ini membuat penampilan wajah Anda lebih awet muda. 

Jadi, kesimpulannya: tertawa itu sehat. Tertawa memang bermanfaat. Namun, pastikan untuk tidak melakukannya secara berlebihan. Sebab, tertawa yang tidak terkontrol atau di waktu yang kurang tepat tidak akan membawa manfaat sehat. 

Pada beberapa orang, tertawa berlebihan bahkan dapat memicu reaksi asma, pecahnya benjolan pembuluh darah (aneurisma), dan penurunan kesadaran hingga pingsan.

Punya pertanyaan seputar kondisi kesehatan? Ingin tahu fakta medis lainnya? Anda bisa berkonsultasi kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar