Sukses

Tips Tingkatkan Stamina agar Aktivitas Lancar

Di era dengan segudang kesibukan, menjaga stamina adalah hal yang penting supaya mampu beraktivitas dengan optimal. Bagaimana caranya?

Klikdokter.com, Jakarta Melakukan segudang aktivitas fisik maupun mental setiap hari membutuhkan stamina yang optimal. Berdasar pada hal ini, Anda wajib melakukan upaya agar stamina senantiasa terjaga sehingga segala aktivitas dapat berlangsung sesuai dengan keinginan.

Jika Anda abai dan tidak menjaga stamina supaya tetap optimal, tubuh akan lebih mudah terasa lemas, konsentrasi berkurang dan kewajiban yang mesti dilakukan bisa saja tidak terpenuhi.

Sebagai contoh, seorang pekerja dengan stamina yang rendah akan sulit konsentrasi sehingga dirinya lebih mudah terdistraksi dengan hal-hal di sekitarnya. Alhasil, pekerjaan yang dilakukannya akan terasa lebih berat dan tidak akan selesai tepat waktu.

Adakah solusinya?

Supaya stamina senantiasa optimal sehingga segala aktivitas berjalan dengan lancar, berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

  • Rutin olahraga

Olahraga dapat meningkatkan stamina fisik maupun stamina mental Anda. Individu yang berolahraga secara rutin akan merasa lebih berenergi saat melakukan pekerjaan fisik maupun mental.

Salah satu penelitian yang ada menunjukkan bahwa orang yang mengikuti program olahraga secara rutin memiliki angka kejadian kelelahan akibat kerja yang lebih rendah. Selain itu, hasil dari penelitian tersebut juga menyebut bahwa olahraga dapat membantu meningkatkan rasa percaya diri dan menurunkan tingkat stres.

  • Meditasi atau yoga

Anda dapat melakukan meditasi atau yoga secara rutin supaya merasa lebih relaks dan lebih fokus. Apabila dilakukan secara konsisten, meditasi dan yoga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan memperbaiki stamina secara keseluruhan.

Hal itu dibuktikan oleh salah satu penelitian kecil yang dilakukan pada 27 mahasiswa. Penelitian ini menyebut, berpartisipasi dalam suatu bentuk dari meditasi atau yoga dapat menurunkan tingkat stres dan memperbaiki kesejahteraan secara umum.

  • Konsumsi kafein

Kafein adalah suatu stimulan. Ini artinya, mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung zat tersebut dapat meningkatkan laju jantung dan memberikan booster energi sementara waktu. Kafein banyak ditemukan pada kopi, teh dan minuman sejenisnya.

Pada suatu penelitian, tim peneliti mendapati bahwa mengonsumsi minuman yang mengandung kafein mampu membuat partisipan menjadi lebih berenergi saat sedang mengalami kelelahan. Namun, untuk mendapatkan efek yang ideal, peneliti mengatakan bahwa asupan  kafein tetap harus dibatasi.

  • Mendengarkan musik

Mendengarkan musik dapat mengubah mood alias suasana hati. Selain itu, musik yang sesuai juga dapat meningkatkan efisiensi fungsi jantung dan pembuluh darah.

Meski belum pasti, salah satu penelitian mengungkapkan bahwa peserta yang mendengarkan jenis musik favorit saat berolahraga memiliki laju jantung yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak. Dengan kata lain, musik mampu meningkatkan stamina seseorang saat sedang berolahraga.

Dengan keseharian yang penuh kesibukan, menjaga stamina adalah hal yang sangat penting supaya Anda dapat tetap menjalankan segala kewajiban sesuai dengan target yang diharapkan. Oleh karena itu, lakukanlah hal-hal di atas secara berkelanjutan agar stamina Anda senantiasa terjaga. Namun, jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu, jangan sungkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar