Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

LanjutkanStop Disini

Badan Pegal Usai Hubungan Seks, Cek 5 Penyebabnya

Setelah melakukan hubungan seks, Anda kerap merasa tidak nyaman karena badan pegal di pagi hari. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Klikdokter.com, Jakarta Usai melakukan hubungan seks bersama suami atau istri, Anda mungkin merasakan badan pegal. Bukannya lebih menjadi bersemangat, Anda malah merasa tidak nyaman karena pegal dan nyeri di pagi hari. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Seperti dijelaskan dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, nyeri saat hubungan seks dalam bahasa medis disebut dengan dyspareunia. Ini merupakan keluhan yang muncul di sekitar alat kelamin, yang terjadi pada awal, saat, atau sesudah melakukan hubungan seks.

“Nyeri saat berhubungan seks lebih sering terjadi pada wanita, meski pria juga mungkin mengalaminya. Fakta menyebutkan, 46 persen wanita Amerika Serikat yang aktif melakukan hubungan seksual mengalami keluhan tersebut,” ujarnya.

Seperti dilansir dari Yourtanggo, berikut lima hal penyebab pegal dan nyeri setelah berhubungan intim.

1. Terlalu banyak tekanan pada punggung

Pegal yang Anda rasakan setelah berhubungan intim mungkin disebabkan oleh terlalu banyak tekanan pada punggung Anda. Mungkin sudah waktunya untuk mempertimbangkan kembali beberapa posisi Anda dan pasangan di tempat tidur.

Menurut Floyd N. Keller Jr., Direktur Nasional Pan American Sports Federation, sakit punggung dapat disebabkan oleh sejumlah posisi berbeda saat berhubungan seks.

"Beberapa posisi seperti wanita di atas dapat memberi tekanan pada punggung bagian bawah. Meskipun Anda merasa tidak menghabiskan terlalu banyak energi dalam posisi ini, tubuh Anda dapat didorong lebih dalam ke kasur.”

Dia menambahkan, “Akibatnya, otot punggung bagian bawah Anda akan mencoba mengimbanginya dengan upaya mengangkat pinggul Anda. Nah, rasa sakit di area punggung pun timbul.”

Untuk memerangi rasa sakit di area ini, Keller menyarankan untuk olahraga demi memperkuat inti dan otot perut bagian bawah.

2. Seks yang terlalu intens

Lindsay van Clief, seorang pendidik seks bersertifikat, mengatakan bahwa kadang-kadang Anda tidak menyadari hingga melakukan seks yang terlalu intens.

"Toleransi rasa sakit tubuh meningkat selama berhubungan seks karena hormon endorfin yang dilepaskan karena kegembiraan yang Anda alami. Anda pun dapat melakukan peregangan berlebihan atau memaksakan diri. Setelah itu semua, Anda baru merasakan sakit di tubuh Anda," ujar van Clief.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Dasar panggul Anda butuh latihan

Kadang-kadang, rasa pegal usai berhubungan intim disebabkan oleh dasar panggul yang lemah. Misalnya, kram otot polos. “Jika Anda memiliki dasar panggul yang lemah, ini bisa membuat Anda merasa tidak nyaman selama dan setelah berhubungan seks,” ujar Keller.

Agar sakit dan pegal usai bercinta berkurang, latihlah otot-otot ini olahraga merenggangkan lalu mengencangkan sebanyak 10-15 kali.

4. Kurang cairan

Satu hal yang kerap dilupakan – bahkan untuk urusan seks – adalah kecukupan cairan. Dengan terhidrasi di siang hari, Anda tidak akan merasa sakit ketika malam tiba. Cairan yang terpenuhi akan mengurangi ketegangan otot-ototdi tubuh Anda. Seberapa banyak pemenuhan cairan yang cukup dalam satu hari? Minumlah minimal 8 gelas air setiap hari.

5. Adanya indikasi serius

Meski pada umumnya disebabkan oleh hal sepele seperti kurang olahraga dan cairan, pegal setelah berhubungan seks juga bisa pertanda indikasi serius. Salah satunya adalah Multiple Sclerosis (MS) adalah gangguan kekebalan di mana pelindung saraf Anda “dimakan”.

Samantha Morrison, ahli kesehatan dan kebugaran di Glacier Wellness, menjelaskan, "Karena gairah seksual dimulai pada sistem saraf pusat, MS dapat memainkan peran utama dalam kehidupan seks seseorang. Selain mengubah suasana hati dan tingkat energi, MS sering menyebabkan gangguan sensitivitas seksual atau hubungan seksual yang menyakitkan.”

Agar hal tersebut tidak berulang terjadi, dr. Devia menyarankan untuk mengomunikasikan bersama pasangan posisi nyaman Anda agar momen bercinta dapat dinikmati oleh kedua belah pihak tanpa keluhan badan pegal. Selain itu, jangan lupakan berolahraga untuk memperkuat otot panggul dan punggung. Dengan begini, hubungan seks Anda bersama pasangan akan terasa lebih spesial.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar