Sukses

Menu Buka Puasa Sehat untuk Penderita Hipertensi

Penderita hipertensi butuh menu buka puasa yang sehat agar tekanan darah tak melonjak. Seperti apa menu yang dimaksud?

Klikdokter.com, Jakarta Menu buka puasa yang sehat tidak hanya diperlukan untuk penderita diabetes saja. Mereka yang mengalami tekanan darah tinggi atau hipertensi juga perlu mengonsumsi menu yang sehat saat berbuka. Hal ini bertujuan untuk mencegah naiknya tekanan darah secara berlebihan.

Beberapa jenis makanan di bawah ini bisa menjadi menu buka puasa sehat yang layak dikonsumsi oleh penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah, penderita penyakit ini seharusnya mengurangi asupan garam. Oleh karena itu, apa pun jenis makanan yang dikonsumsi, harus jeli dalam hal asupan natrium.

1. Olahan sayur bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang tinggi kalium, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Sebab kalium akan membantu mengikat natrium dalam darah, lalu mengeluarkannya bersama urine saat berkemih. Proses ini membuat tekanan darah penderita hipertensi berada di angka yang normal.

Adapun olahan sayur bayam yang bisa dihidangkan, misalnya sayur bening bayam dengan jagung, tumis bayam, salad bayam, dan sebagai campuran pasta (makaroni/spageti).

2. Kolak pisang versi sehat

Penderita hipertensi tetap boleh mengonsumsi kolak pisang, asalkan itu dibuat sendiri. Tak ada salahnya ‘kan memasak kolak pisang sendiri dengan resep yang lebih sehat? Misalnya saja, kadar gula pasirnya bisa dikurangi. Lalu, santannya diganti dengan susu rendah lemak, dan pisangnya diperbanyak. Dengan menu ini, tekanan darah penderita hipertensi bisa tetap berada di rentang optimal.

Bagaimana dengan kolak pisang yang biasa dijual di pinggir jalan? Kolak yang seperti ini biasanya menggunakan gula dan santan yang cukup banyak. Apabila penderita hipertensi mengonsumsinya, maka kolesterol dan gula darah akan naik dengan cepat. Jadi, lebih baik bikin sendiri saja, ya!

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Jus buah delima

Bosan dengan takjil yang itu-itu saja? Coba bikin sendiri jus buah segar versi Anda! Jenis buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi adalah pomegranate alias delima.

Jus buah delima dapat membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Lebih dari itu, delima juga dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh pada pasien yang menjalani dialisis atau cuci darah.

4. Smoothies pisang dark chocolate

Ingin sesuatu yang lebih segar dan menyehatkan untuk dikonsumsi saat buka puasa? Buat saja smoothies pisang, yang dicampur dengan potongan dark chocolate agar lebih lezat.

Menurut dr. Devia Irine Putri dari KlikDokter, cokelat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh sekaligus memperkecil risiko hipertensi gestasional serta preeklampsia.

5. Roti gandum isi tuna panggang

Bila penderita hipertensi ingin menyantap protein hewani di waktu berbuka puasa, maka menu yang disarankan adalah ikan tuna panggang. Ikan tersebut mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, sehingga dapat mencegah timbulnya plak pada pembuluh darah, mengurangi peradangan, serta mengurangi kadar trigliserida.

Cara penyajiannya mudah, Anda hanya perlu memanggang ikan tuna menggunakan minyak zaitun dan bumbui dengan perasan lemon, lada, serta sedikit garam. Ketika sudah matang, potong atau suir ikan tersebut, lalu masukan ke dalam roti gandum. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa tambahkan daun ketumbar atau selada serta saus sambal secukupnya.

Di antara menu buka puasa sehat untuk penderita hipertensi di atas, mana yang jadi favorit Anda? Tetap ingat untuk mengonsumsinya pada batas wajar, agar manfaatnya dalam mengendalikan tekanan darah Anda bisa benar-benar dirasakan.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar