Sukses

Cara Mandi Sesuai Anjuran Medis

Mandi bikin tubuh bersih dan bebas kuman berbahaya asalkan dilakukan dengan cara yang tepat.

Klikdokter.com, Jakarta Mandi adalah aktivitas yang wajib dilakukan, khususnya bila Anda tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Teriknya matahari bisa membuat tubuh mengeluarkan keringat dan minyak, yang jika tidak dibersihkan membuat debu maupun kuman jahat (patogen) berdatangan.

Fakta menyebut bahwa kulit akan terhidrasi dengan baik pada saat mandi. Dengan hidrasi yang baik, integritas kulit lapisan luar dapat terjaga dengan baik. Hal ini turut membuat imunitas kulit terjaga dengan baik, sehingga fungsinya untuk melindungi tubuh dari paparan kuman penyebab penyakit juga optimal.

Sayangnya, sebagian orang masih belum melakukan aktivitas mandi dengan cara yang tepat. Apakah Anda salah satunya?

Cara mandi yang tepat

Supaya bermanfaat, Anda sebaiknya mandi tidak menggunakan air yang terlalu panas. Akan lebih baik bila menggunakan air yang sesuai dengan suhu tubuh, atau air dingin seperti pada umumnya.

Saat mandi, pastikan Anda membersihkan seluruh bagian tubuh, termasuk kulit kepala, belakang telinga, telapak tangan, dan bagian lipatan kulit seperti ketiak, lipat lengan, lipat lutut, leher, dan selangkangan dengan sabun yang memiliki kemampuan untuk menunjang imunitas kulit.

Setelah itu, bilas tubuh secara merata menggunakan air mengalir hingga tak ada lagi busa sabun yang tampak. Hal ini penting agar tidak menyebabkan iritasi karena kurang bersih saat membilas.

Pastikan Anda tidak mandi lebih dari 10 menit. Anda mesti benar-benar membatasi diri untuk tidak berlama-lama di kamar mandi. Mandi dengan waktu yang terlalu lama akan membuat kulit berisiko kehilangan kelembapan alami, yang pada akhirnya ‘meruntuhkan’ imunitas yang dimiliki kulit.

Mandi dengan cara yang benar adalah langkah awal untuk memiliki kulit sehat, yang bukan hanya sekadar mulus melainkan memiliki imunitas untuk melawan kuman jahat (patogen). Jadi, sudahkah Anda mandi dengan cara yang benar? Jika belum, yuk segera perbaiki!

(NB/ RH)

0 Komentar

Belum ada komentar