Sukses

Kurma Ajwa, Makanan Sehat untuk Buka Puasa

Dari sekian banyak jenis, kurma Ajwa disebut-sebut sangat baik dikonsumsi saat berbuka puasa. Cek manfaat sehatnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Kurma Ajwa adalah salah satu varietas kurma terkenal yang banyak ditanam di Madinah. Kurma jenis ini sangat populer hingga ke seluruh dunia, khususnya untuk santapan berbuka puasa. Buah kecil berasa manis ini terkenal karena nilai nutrisi yang tinggi. Kurma Ajwa sangat lembut, berdaging, enak, dan berwarna cokelat gelap sampai hitam. Ada beberapa garis putih tipis hadir di permukaannya.

Dijelaskan dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter, secara umum, berbuka puasa dengan kurma sangat dianjurkan karena mengandung banyak kalori untuk memulihkan energi.

Kurma sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Setelah selama sehari penuh Anda berpuasa, kurma akan segera mengembalikan tenaga Anda.

Namun, dari sekian banyak jenis kurma yang ditawarkan, disebut-sebut kurma Ajwa adalah yang salah satu paling baik. Hal itu diungkapkan  Prof. Dr. Saud N. M. Al-Sifri dari Al Hada Armed Forces Hospital, Arab Saudi, dalam sebuah seminar di kawasan Cikini beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, "Kurma sangat baik untuk meningkatkan kadar gula. Tapi, buah kurma Ajwa termasuk yang paling baik," kata Dr. Saud ketika itu.

Mineral dalam kurma Ajwa

Mineral memainkan peran penting dalam mengatur berbagai fungsi tubuh manusia. Nah, kabar baiknya, kurma Ajwa memiliki sejumlah mineral yang Anda butuhkan, yaitu:

  • Kalium, mineral ini dapat mempertahankan detak jantung yang stabil dengan mengatur impuls listrik. Dalam 100 gram (gr) kurma Ajwa terdapat 476 mg kalium.
  • Magnesium berdampak yang baik pada relaksasi pembuluh darah dan membantu menurunkan skala trigliserida dalam tubuh Anda. Dalam 100 gr kurma Ajwa terdapat 150 mg magnesium.
  • Kaya Kalsium. Setiap 100 gr kurma Ajwa terandung 187 mg kalsium yang membantu menjaga tulang tetap kuat dan gigi tetap sehat.
  • Fosfor adalah mineral penting untuk menjaga kesehatan tulang. Setiap 100 gr kurma Ajwa terdapat 27 mg fosfor.
1 dari 2 halaman

Manfaat kurma Ajwa

Kurma Ajwa memiliki nilai tinggi di antara semua varietas kurma. Kurma ini punya efek ajaib pada kesehatan Anda. Apa saja? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Baik untuk sistem pencernaan

Kurma Ajwa cocok untuk sistem pencernaan karena mengandung jumlah serat makanan yang tinggi. Kurma Ajwa mengandung serat hingga 7 gram.

2. Bagus untuk kesehatan jantung

Makan kurma Ajwa setiap hari dapat membantu kesehatan jantung. Kurma Ajwa kaya akan mineral penting, seperti kalium, fosfor, kalsium, dan magnesium. Selain itu, kurma Ajwa mengandung vitamin B yang berperan penting dalam menghilangkan homocysteine (asam amino) dalam darah. Homocysteine yang tinggi dalam darah buruk untuk kesehatan jantung.

3. Kesehatan hati

Kurma Ajwa mengandung luteolin (flavonoid) agen oksidatif yang baik untuk kesehatan hati. Jika Anda ingin menjaga hati tetap sehat, masukkan kurma Ajwa dalam menu harian Anda.

4. Melindungi dari anemia

Karena tingkat mineral dan vitamin yang tinggi, kurma Ajwa adalah yang terbaik untuk pasien anemia.

5. Memperkuat sistem saraf

Manfaat kurma Ajwa lainnya adalah meningkatkan sistem saraf. Berbagai jenis mineral yang ada dalam kurma Ajwa dapat membantu menjaga keseimbangan sistem saraf.

6. Kesehatan gigi dan tulang

Adanya sejumlah kalsium dalam kurma Ajwa dapat menjaga tulang dan gigi Anda tetap sehat.

7. Baik untuk pasien diabetes

Kurma tinggi gula, tetapi berdampak rendah pada gula darah. Oleh karena itu, kurma baik untuk penderita diabetes.

8. Baik untuk ibu hamil dan melahirkan

Sebuah penelitian menunjukkan, mengonsumsi Ajwa pada akhir kehamilan membantu melancarkan persalinan.

Kurma Ajwa memiliki efek kesehatan yang sangat baik karena kaya kandungan mineral. Mengonsumsi kurma Ajwa secara teratur dapat memberikan hasil yang positif bagi tubuh, terutama bagi penderita gangguan jantung. Namun begitu, pasien seperti diabetes dan Anda yang memiliki alergi harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi kurma ini.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar