Sukses

Jurus Self Love Stephany Josephine untuk Kesehatan Diri

Penulis, blogger dan host acara film, Stephany Josephine buka suara soal self love dan menangkis bullying demi kesehatan diri.

Klikdokter.com, Jakarta Kasus-kasus perundungan – termasuk cyberbullying – pada anak dan remaja masih marak terjadi di Indonesia. Dilansir situs Verywell Family, kebanyakan korban “penindasan” ini berkarakter lemah, tidak memiliki kesehatan diri yang baik, fisik maupun mental. Namun siapa sangka, perempuan muda berkarakter positif, fun dan lincah seperti Stephany Josephine justru pernah menjadi salah satu korbannya.

Teppy – sapaan akrab wanita 32 tahun ini – lalu menuturkan pengalamannya kepada KlikDokter. Ditemui beberapa waktu lalu pada suatu siang di sebuah kedai kopi di bilangan Kemang Timur, Jakarta Selatan, Teppy tidak hanya berbagi kisah yang dialaminya, tetapi juga jurus jitu   penangkal depresi, self love

Tangkal cyberbullying demi kesehatan mental

Teppy, bernama panjang Stephany Josephine Agnes Lea Ena bukanlah anak kemarin sore yang tiba-tiba muncul menjadi sensasi di jagat media sosial. Gadis berdarah campuran Flores-Dayak ini pernah menjadi salah satu finalis Miss Indonesia 2006.

Namun, aktivitasnya sebagai blogger mulai dikenal pada 2007 dan makin digemari kaum milenial berkat resensi film yang dibuatnya pada blog thefreakyteppy.com. Baginya, me-review film adalah bagian dari keisengan yang telah ia lakukan sejak 2012.

Pada 2017, blognya cukup ramai ketika  ia meresensi  film Ayat-Ayat Cinta 2 (AAC 2), dan disusul film horror fenomenal Pengabdi Setan. “Page view melonjak drastis sampai 500 ribu,” ungkap Teppy sambil terkekeh.

Sejak itulah pengikut di media sosialnya bertambah, hingga kemudian sebuah kanal TV di YouTube menghubunginya untuk menjadi pembawa acara yang membahas seputar film.

Sukses sebagai seorang blogger, pemandu sebuah acara film dan penulis buku ternyata ada “harga” yang harus dibayar Teppy. Di balik kesuksesannya, ia sempat bergulat dengan cyberbullying.

Bila Anda lihat dari konten blog dan bukunya Suka-suka Teppy, wanita penggemar kopi ini jelas tampak sebagai pribadi yang selalu berpikiran positif dan menyenangkan. Namun, ia mengaku bisa merasa terganggu karena komentar pedas dari para warganet. Kasus cyberbullying yang pernah dialaminya adalah soal pandangannya terhadap film AAC 2. Namun, ia menghadapinya dengan santai.

“Viral itu di luar kuasa saya. Sebab, mau senetral apa pun tulisan yang saya buat,  tetap saja orang melarikannya ke isu SARA. Ada yang berkomentar pedas di media sosial, bahkan membuat opini seputar resensi yang saya buat,” kata Teppy. Ia sadar betul bahwa komentar negatif para perundung tidak bisa dihilangkan, tapi bisa disaring.

Teppy bertekad untuk tidak larut dalam situasi itu. Resepnya untuk kembali bersemangat: membaca meme lucu atau quote yang inspiratif. Dengan cara ini Teppy menguatkan sekaligus menunjukkan caranya mencintai dirinya. Lalu ia juga mengunggahnya di media sosial, karena mungkin ada orang di luar sana yang mengalami hal serupa.

Wanita kelahiran Banjarmasin ini menganggap bahwa mencintai diri sendiri amatlah penting. Menurutnya, self love bisa ditunjukkan dengan menerima kelebihan atau kekurangan serta bersyukur dengan apa yang dimiliki. Untuk bisa mencintai diri sendiri, seseorang harus tahan dari omongan orang yang menyakitkan sekalipun.

Di samping itu, agar tak mudah depresi, menurut Teppy support system adalah kunci dari semuanya.

“Biasanya saya menelpon sahabat kalau memang benar-benar down. Karena kebetulan saya tinggal jauh dari keluarga,” ucap Teppy sambil menyeruput segelas es teh.

1 dari 3 halaman

Berikan hadiah untuk diri sendiri

Kesehatan mental juga berkaitan dengan bagaimana cara Anda menghargai diri sendiri. Tak heran, Teppy juga menerapkan hal ini pada kesehariannya. Untuk mengapresiasi dirinya atas kerja keras yang telah dilakukan, ada beberapa hal yang biasa dilakukannya.

Kedai kopi, bioskop dan tempat olahraga adalah tiga tempat yang biasa ia jadikan lokasi untuk membahagiakan diri. Sebisa mungkin, ia melakukan hal yang disuka saat penat untuk menghindari depresi.

“Depresi bisa menyerang siapa saja, apa pun profesinya. Apalagi, semua orang juga pasti punya masalah yang rentan membuat depresi,” ungkap Teppy.

Baginya, menikmati secangkir kopi di kedai yang nyaman adalah cara efektif untuk membuatnya bahagia. Teppy bahkan menghitung bahwa sejak 2015, ia sudah menyambangi sekitar 625 kedai kopi dari berbagai daerah.

Ya, kopi memang seperti sudah menjadi “candu”nya untuk membahagiakan diri. Cara lainnya, Teppy menyarankan Anda untuk memilih olahraga sebagai salah satu cara untuk menghalau depresi.

Pasalnya, olahraga sudah dikenal dapat melepaskan endorfin, hormon kebahagiaan, Itu sebabnya setiap traveling, ia tetap menyempatkan diri untuk sekadar joging atau berjalan kaki.

“Intinya, jangan lupa kasih reward ke diri sendiri dengan kegiatan yang membuat diri Anda merasa lebih baik,” tambah Teppy yang terkadang juga memilih potong rambut atau pijat sebagai hadiah untuk dirinya.

2 dari 3 halaman

Menjaga kesehatan dan merawat diri adalah keharusan

Menyimak kiat-kiat yang dilontarkan Teppy tentang bagaimana ia membangun kesehatan fisik dan mental, rasanya ikut terbawa. Semuanya serba positif dan tentunya, fun!

Menurut Teppy, selain melakukan hal-hal yang membahagiakan, menjaga kesehatan dan merawat diri juga bagian dari konsep self love yang ia yakini manfaatnya.

Berikut adalah hal-hal yang dilakukan Teppy dan mungkin bisa jadi inspirasi Anda:

1. Rutin konsumsi sayuran

Dalam seminggu, Teppy menargetkan harus makan sayur setidaknya 4 hari. Namun, karena tak suka makan sayur, ia menyiasatinya dengan minum jus dari berbagai sayuran hijau yang ia beli sudah dalam bentuk kemasan.

2. Menghindari gorengan dan gula

Gorengan hampir tak pernah disentuhnya, paling hanya sekali atau dua kali. Bahkan, bahan-bahan memasak di rumah juga sudah diganti dengan yang lebih sehat, seperti mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun.

3. Menjaga jarak mata saat menonton televisi

Jika ingin menonton sesuatu dari ponsel, biasanya Teppy menghubungkannya ke televisi agar dapat menjaga jarak pandang matanya. Sebab, ia mengaku matanya minus 3,5. Bila harus menatap layar laptop dalam jangka waktu lama, ia pun menggunakan kacamata khusus.

4. Melakukan perawatan kecantikan

Sebagai finalis Miss Indonesia 2006 asal NTT, Teppy tentunya tak pernah lupa untuk merawat tubuhnya. Sebulan sekali ia melakukan perawatan kuku dan wajah. Bila akan beraktivitas di luar ruangan, sunscreen dan pelembap jadi andalan. Sebelum tidur, Teppy selalu mengoleskan krim malam untuk menjaga kesehatan kulitnya.

5. Banyak minum air putih

Teppy juga sangat membatasi minuman manis. Baginya, mencukupi kebutuhan air minum adalah hal yang wajib dilakukan. Ia biasanya menghabiskan 2-3 botol air putih berukuran 1 liter setiap harinya.

6. Rutin olahraga

Setidaknya, setiap sore hari Teppy berolahraga selama 45 menit hingga 1 jam dengan joging atau jalan kaki keliling kompleks. Jika sempat ke pusat kebugaran, paling tidak ia menghabiskan waktu hingga 1 jam.

7. Cukup istirahat

Teppy membatasi diri untuk mengakhiri aktivitasnya pada pukul sepuluh malam. Menurutnya, waktu termalam beraktivitas adalah tengah malam. Ia selalu berusaha agar pulang jam 9 malam agar waktu istirahatnya cukup setidaknya 6-8 jam di malam hari.

Selain kiat di atas, Teppy juga mengonsumsi vitamin yang mengandung Echinacea untuk menjaga daya tahan tubuh. Di samping itu ada juga suplemen lain yang dipilihnya untuk kesehatan kuku, kulit dan rambut.

Bagaimana, jurus self love yang dibagikan oleh Stephany Josephine di atas terasa menyenangkan, bukan? Anda tidak hanya jadi lebih mencintai diri sendiri dengan segala kekurangan dan kelebihan yang ada. Namun yang terpenting, selain kesehatan diri yang semakin kuat, dengan konsep tersebut, Anda juga bisa mengajak orang lain untuk bisa lebih merangkul diri sendiri.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar