Sukses

Inilah Peran Penting Palang Merah bagi Dunia Kesehatan

Sebagai gerakan kemanusiaan yang sudah berdiri sejak 1945 di Indonesia, kenali peran penting Palang Merah bagi dunia kesehatan.

Klikdokter.com, Jakarta Peringatan Hari Palang Merah Internasional jatuh pada hari ini, Rabu (8/5). Dengan peran Palang Merah yang begitu besar di dunia kesehatan, sudah sepantasnya Anda mengetahui seluk-beluk mengenai organisasi yang melegenda ini.

Didirikan pada tahun 1863, Komite Palang Merah Internasional atau International Committee of the Red Cross (ICRC), beroperasi di seluruh dunia untuk membantu para korban yang terkena dampak konflik dan kekerasan senjata. Selain itu institusi ini juga turut serta mempromosikan hukum yang melindungi para korban peperangan.

Sebagai sebuah organisasi yang independen dan netral, Palang Merah mendapatkan mandatnya dari Konvensi Jenewa pada tahun 1949, dan memiliki markas besar di Jenewa, Swiss, dengan mempekerjakan 16.000 individu di lebih dari 80 negara.

Dan operasional organisasi ini sebagian besar berasal dari donasi sukarela pemerintah, Palang Merah Indonesia, serta perkumpulan Sabit Merah. Satu yang perlu diberi apresiasi, Palang Merah selalu merespon secara cepat dan efisien bagi mereka yang terkena dampak kekerasan senjata, terutama di zona konflik.

Peran Palang Merah di dunia kesehatan

Bagi dunia kesehatan, berikut ini adalah beberapa peran penting yang dilakukan oleh Palang Merah:

1. Pertolongan pertama dan perawatan darurat sebelum ke rumah sakit

Bertujuan memastikan bahwa individu yang terluka dan jatuh sakit bisa mendapatkan pengobatan yang aman, manusiawi, dan efektif, atau dirujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi. Program ini diberikan oleh para tenaga medis yang memiliki kompetensi dalam keadaan gawat darurat dan bekerja dalam keamanan yang terjamin.

2. Fasilitas kesehatan tingkat pertama

Memastikan adanya akses kesehatan pertama bagi para korban konflik bersenjata. Aksi pertama yang dimaksud adalah pencegahan seperti vaksinasi pada anak atau menyediakan perawatan selama kehamilan. Faskes (fasilitas kesehatan) tingkat pertama ini juga berguna untuk para korban kekerasan, khususnya wanita yang membutuhkan bantuan.

3. Perawatan rumah sakit

Menyediakan layanan kesehatan di masa konflik bersenjata, di mana infrastruktur runtuh dan kekerasan merajalela. Rumah sakit yang disediakan Palang Merah dan dekat dari tempat tinggal para korban pada akhirnya dapat menjadi media pertolongan pertama, serta layanan rehabilitasi fisik yang memastikan tersedianya rangkaian perawatan yang optimal.

4. Perawatan kesehatan dalam tahanan

Palang Merah berperan menjaga kesehatan para tahanan. Selain itu juga  memastikan bahwa pemerintah menghormati hak para tahanan untuk mendapatkan layanan kesehatan di tahap awal hingga akhir masa tahanan.

Dengan mempromosikan layanan kesehatan di tempat tahanan, Palang Merah membantu meningkatkan kualitas kesehatan secara menyeluruh.

5. Rehabilitasi fisik

Dalam hal ini, Palang Merah menyediakan peralatan mobilitas seperti protesa, orthosa, alat bantu jalan dan kursi roda, serta layanan fisioterapi bagi yang membutuhkan.

Palang Merah juga menyediakan bantuan untuk mereka yang memiliki perilaku menyimpang agar dapat bersekolah, mengikuti pelatihan kejuruan, kampanye meningkatkan kesadaran, advokasi serta memiliki inisiatif mikroekonomi.

6. Kesehatan mental dan dukungan psikososial

Palang Merah Internasional fokus pada penyediaan layanan kesehatan mental serta dukungan psikososial untuk:

  • Para keluarga yang kehilangan anggota keluarganya
  • Korban kekerasan seksual
  • Tahanan
  • Korban dari kekerasan lain, seperti anak di bawah umur

Demikianlah berbagai peran yang dilakukan oleh Palang Merah. Karena di masa lalu belum banyak instansi kesehatan, maka organisasi ini selalu berdiri di garda depan untuk menyelamatkan korban di zona konflik.

Walau Anda mungkin hanya mengenal Palang Merah sebagai lembaga penyalur darah,  nyatanya peran Palang Merah sangatlah beragam dan penting bagi dunia kesehatan dan kemanusiaan, terutama di daerah rawan konflik dan bencana. Mari dukung kinerja Palang Merah – salah satunya melalui donor darah – untuk membantu mereka yang membutuhkan.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar