Sukses

Tips agar Badan Anda Tetap Fit Selama Puasa Ramadan

Badan fit dan bertenaga selama puasa Ramadan bukanlah impian belaka. Tidak percaya? Yuk, terapkan cara-cara berikut ini!

Klikdokter.com, Jakarta Bulan Ramadan mewajibkan seluruh umat Muslim di dunia untuk berpuasa, tidak makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Tentunya ini bukan hal yang mudah, apalagi bila Anda memiliki segudang aktivitas. Bila tidak melakukan persiapan dengan baik, tubuh tentu akan terasa lemas dan tidak bertenaga selama puasa Ramadan.

Tidak dapat dimungkiri bahwa orang yang berpuasa identik dengan kondisi tubuh yang lemas dan lesu, khususnya saat di siang hari. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasan untuk menjalankan puasa dengan bermalas-malasan. Anda bisa tetap memiliki badan yang fit dan bugar selama Ramadan dengan beberapa tips berikut ini:

1. Awali dengan menu sahur penuh nutrisi

Sahur adalah waktu paling penting untuk seseorang yang berpuasa. Hal ini dikarenakan makanan atau minuman yang Anda konsumsi saat sahur akan dijadikan tubuh sebagai cadangan energi untuk melakukan aktivitas hingga sore hari.

Oleh karena itu, mengatur menu saat sahur adalah hal yang penting. Agar badan tetap menyimpan tenaga hingga saat berbuka tiba, konsumsilah menu yang mengandung karbohidrat dan juga tinggi serat seperti nasi merah atau roti gandum utuh.

Sajikan juga menu pelengkap seperti daging tanpa lemak, ayam tanpa kulit, atau ikan. Jangan lupa cukupi kebutuhan air putih agar tubuh tetap terhidrasi. Jika perlu, Anda juga bisa menambahkan susu untuk melengkapi gizi yang didapatkan saat sahur.

2. Tetap aktif bergerak

Sekali lagi, puasa bukanlah ajang untuk bermalas-malasan atau sekedar berbaring di kasur. Sebab, hal tersebut justru bisa membuat badan terasa lemas dan tidak bertenaga. Akan lebih baik bila Anda mengajak tubuh untuk “bergerak” dengan melakukan olahraga ringan.

Fakta membuktikan bahwa olahraga ringan bisa membuat stamina tubuh tetap terjaga. Selain itu, olahraga juga bisa mengoptimalkan penyerapan gula darah pada otot, sehingga membuat tubuh lebih punya tenaga.

Beberapa jenis olahraga ringan yang bisa Anda pilih adalah jalan kaki, naik dan turun tangga, joging, dan sebagainya. Pastikan untuk melakukan olahraga tersebut di pagi hari atau sore menjelang berbuka puasa. Hindari berolahraga saat siang hari apalagi dibawah teriknya sinar matahari.

Jika saat olahraga Anda merasa pusing atau lemas, lebih baik segera hentikan aktivitas olahraga dan beristirahatlah.

3. Buka puasa dengan nikmat

Saat bedug magrib berkumandang, segerakan untuk berbuka puasa. Pilih menu ringan dengan rasa manis sebagai santapan pertama agar energi Anda bisa segera kembali pulih.

Beberapa menu yang sebaiknya dikonsumsi terlebih dahulu saat buka puasa misalnya kurma, air kelapa, atau teh manis. Jangan lupa iringi dengan minum air putih secukupnya. Dan ingat, lakukan secara bertahap dan perlahan.

Hindari berbuka puasa dengan metode “balas dendam”, karena hal ini bisa membuat saluran cerna Anda merasa “kaget”. Akibatnya, justru begah, kembung, bahkan mual yang muncul. Pada akhirnya, Anda akan terhalang untuk melakukan ibadah selanjutnya.

4. Cukupi waktu istirahat

Meskipun sedang berpuasa, pastikan Anda tetap memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu 8 jam sehari. JIka kurang dari itu, bukan mustahil jika Anda cenderung akan merasa lemas di siang hari saat beraktivitas.

Bila Anda mengalami suatu penyakit, jangan lupa untuk terus mengonsumsi obat yang diberikan oleh dokter. Minta saran dokter yang merawat Anda untuk menyesuaikan dosis obat dengan waktu berpuasa. Jika diperlukan, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen, sesuai saran dari dokter.

Jadi mempertahankan agar kondisi badan tetap fit selama berpuasa bukanlah angan-angan belaka. Dengan menerapkan beberapa tips di atas, harapannya Anda senantiasa energik dan bugar saat menjalankan ibadah puasa Ramadan.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar