Sukses

Dapatkan Manfaat Makan Ikan Saat Sahur di Bulan Puasa Ramadan

Menu sahur yang tepat berdampak positif bagi kesehatan. Tahukah Anda bahwa makan ikan saat sahur bermanfaat bagi puasa Ramadan Anda?

Klikdokter.com, Jakarta Bulan Ramadan telah datang dan umat muslim seluruh dunia sedang menjalankan ibadah puasa. Salah satu kunci supaya kuat menjalankan puasa Ramadan adalah pilihan makanan bernutrisi yang Anda santap saat sahur, apakah membantu Anda tetap kuat atau malah sebaliknya. Untuk bagian ini, cobalah dapatkan manfaat makan ikan yang luar biasa.

Bangun sahur saat menjalankan ibadah puasa untuk beberapa orang terhitung hal yang sulit. Selain malas karena harus bangun sebelum subuh, kesulitan lainnya adalah dalam memilih menu yang akan disantap pada saat sahur. Saking bingungnya, terkadang banyak orang memilih makanan yang tidak sehat saat sahur dan justru tidak menguntungkan ketika satu harian menjalankan puasa.

Mie instan sering menjadi jalan pintas ketika sahur. Padahal, Anda tentu tahu bahwa makanan seperti itu tidak bisa membantu Anda saat puasa.

Sementara itu, puasa biasanya identik dengan badan lemas. Nah, santapan Anda saat sahur sebenarnya akan sangat menentukan ibadah puasa selama satu hari penuh. Jika makanan yang Anda konsumsi sehat dan mengandung banyak nutrisi, itu akan membantu. Jika tidak, itu akan sangat memengaruhi kondisi Anda.

"Badan lemas merupakan salah satu kondisi yang sering terjadi saat puasa. Ada banyak faktor yang memicu keluhan tersebut, salah satunya yaitu asupan makanan yang minim nutrisi," ujar dr. Reza Fahlevi dari KlikDokter.

Cobalah makan ikan dan rasakan manfaatnya

Ya, badan lemas adalah ancaman yang sering terjadi saat puasa. Menurut dr. Reza, ini bisa diakali dengan mengonsumsi ikan pada saat sahur.

"Agar tubuh tetap bertenaga saat puasa, mengonsumsi ikan saat sahur dapat menjadi solusi tepat," ungkap dr. Reza Fahlevi.

Menurutnya, ikan adalah jawaban bagi Anda yang ingin terhindar dari badan lemas selama puasa. Ini karena ikan kaya akan protein. Protein yang tinggi pada ikan dapat membantu tubuh meregenerasi sel-sel yang rusak dan menjaga massa otot tubuh.

"Selama berpuasa, ketika tubuh kekurangan energi, cadangan energi seperti glukosa dalam otot, hati, serta lemak tubuh akan digunakan untuk menghasilkan energi. Jika sumber energi tersebut tidak cukup, barulah cadangan protein dalam otot akan dipecah untuk membentuk energi," jelas dr. Reza.

Selain kaya akan kandungan protein, ikan juga tinggi kandungan omega 3. Kandungan nutrisi tersebut telah terbukti dapat bermanfaat bagi tubuh, di antaranya mengurangi reaksi peradangan, membantu perkembangan otak anak, menurunkan kadar kolesterol jahat, serta mencegah penyakit jantung.

Selain itu, omega 3 punya tugas penting dalam meningkatkan daya tahan tubuh Anda selama puasa. Pada akhirnya, tubuh Anda tidak akan mudah lemas dan sakit ketika menjalankan ibadah puasa selama bulan suci Ramadan.

"Banyak sekali manfaat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi ikan. Jadi, cobalah mengonsumsi ikan saat sahur secara rutin agar tak muncul keluhan badan lemas saat puasa,"  saran dr. Reza.

Jelas, manfaat makan ikan untuk sehari-hari saja sudah sangat luar biasa. Anda pun kini bisa menikmati ikan sebagai menu sahur dan merasakan manfaatnya saat menjalani puasa Ramadan. Dengan demikian, Anda jadi tidak bingung dengan pilihan menu santap sahur. Pastikan Anda sering mengganti jenis ikan yang Anda santap, supaya Anda tidak bosan.

[MS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar