Sukses

8 Alasan Anda Butuh Tidur yang Cukup

Tidur adalah kebutuhan dasar manusia. Ada beberapa alasan mengapa Anda butuh tidur yang cukup.

Klikdokter.com, Jakarta Tidur adalah salah satu kebutuhan penting yang perlu Anda lakukan setiap hari. Sekuat apa pun tubuh Anda, pada akhirnya Anda butuh tidur yang cukup untuk menyegarkan kembali kondisi Anda. Hanya saja, masih banyak orang yang menyepelekan durasi tidur. Mereka menganggap tidur hanya cukup beberapa jam saja. Selain itu, masih banyak juga orang yang memilih begadang daripada tidur.

“Padahal dengan tidur yang cukup, tubuh akan melakukan proses regenerasi sehingga fungsi setiap organ yang ada di dalamnya terjaga dengan sempurna,” tutur dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid dari KlikDokter.

Dia menambahkan, jika porsi tidur tidak memadai, proses tersebut akan terhambat sehingga organ-organ tubuh akan mengalami gangguan fungsi. “Kondisi ini lama-kelamaan akan berujung pada terjadinya berbagai kondisi merugikan,” kata dr. Resthie. 

Alasan Anda butuh tidur

Lantas, apa alasan sebenarnya Anda harus mencukupi kebutuhan tidur? Berikut ini adalah beberapa alasannya:

  1. Meminimalkan kecelakaan

Dilansir dari WebMD, pengemudi yang mengantuk menyebabkan setidaknya menyebabkan 100 ribu kecelakaan jalan raya dalam setahun. Kurangnya istirahat dapat menyebabkan penurunan apa yang disebut dokter sebagai kinerja mental. Selain itu, kurang tidur dapat menyebabkan Anda kurang termotivasi, tidak fokus, tidak bahagia, dan tidak bisa berpikir jernih.

  1. Jantung yang lebih sehat

Tidur kurang dari 6 jam semalam? Berhati-hatilah karena Anda lebih berisiko terkena penyakit jantung. "Saat tidur, tekanan darah di dalam tubuh akan menurun. Oleh karena itu, cukup tidur mampu membuat jantung dan pembuluh darah memiliki kesempatan untuk beristirahat. Hal ini sangat baik untuk kesehatan serta keberlangsungan fungsi organ vital tersebut," ujar dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Memori yang lebih baik

Jika Anda belum tidur, lebih sulit mengingat hal-hal tertentu. Anda juga perlu tidur untuk menciptakan ikatan di antara sel-sel otak yang memperkuat daya ingat jangka panjang Anda. Terakhir, jika pikiran Anda berada mengawang ke mana-mana karena kurang istirahat, sulit bagi otak untuk menyimpan hal-hal yang ingin Anda ingat.

  1. Berisiko terkena diabetes

Ketika Anda kurang tidur – terutama jika kurang dari 5 jam semalam – tubuh Anda tidak menggunakan glukosa. Karena saat tidur, kadar gula darah di dalam tubuh mengalami penurunan.  Seiring waktu, jika tidak cukup tidur, itu dapat meningkatkan peluang Anda terkena diabetes.

  1. Lebih sedikit kerutan

Terlalu sering kurang tidur akan membuat kulit Anda mungkin mengalami kerutan atau penuaan. Itu sebagian karena tubuh Anda melepaskan hormon stres kortisol ketika Anda belum cukup tidur. Ini dapat memecah kolagen, suatu zat yang membantu menjaga kulit Anda tetap halus.

  1. Anda akan membuat keputusan dengan bijak

Percaya atau tidak, ketika kurang tidur, Anda berisiko tidak bisa mengambil keputusan dengan baik. Sel-sel otak yang bekerja terlalu keras tidak dapat mengatur atau bahkan mengingat hal-hal yang Anda pikir Anda ketahui. Sulit untuk membuat keputusan yang masuk akal karena Anda tidak dapat memercayai pendapat Anda tentang suatu peristiwa saat itu terjadi. Ini mungkin akan jauh berbeda jika Anda beristirahat dengan benar.

  1. Berisiko mengalami kegemukan

Jika tidur kurang dari 6 jam semalam, Anda bisa memiliki lebih banyak lemak tubuh. Anda membutuhkan sekitar 8 jam untuk menyimpan lemak seminimal mungkin. Ketika Anda kurang tidur, tubuh Anda membuat terlalu banyak insulin. Itu bisa menyebabkan penambahan berat badan. Ini juga dapat merusak hormon lapar Anda dan membuat Anda menginginkan makanan tinggi lemak dan gula.

  1. Anda bisa hidup lebih lama

Siapa tidak ingin berumur panjang? Namun ternyata, jika Anda sering tidur kurang dari 5 jam semalam, Anda akan lebih cenderung meninggal pada usia yang lebih muda.

Dengan merujuk pada alasan-alasan di atas, jelaslah bahwa tidur cukup adalah kebutuhan wajib yang harus Anda penuhi. Jika kurang tidur dan itu terjadi secara terus-menerus setiap hari, Anda akan berisiko mengalami masalah-masalah kesehatan di atas.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar