Kesehatan Umum

Cara Mengatasi Dagu Berlipat

dr. Adeline Jaclyn, 11 Mar 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Dagu berlipat alias “double chin” bisa bikin tidak pede. Bagaimana cara menghilangkan lemak di dagu? Simak 8 cara menghilangkan dagu berlipat di sini.

Cara Mengatasi Dagu Berlipat

Dagu berlipat juga dikenal sebagai lemak submental atau double chin. Biasanya kondisi ini dikaitkan dengan kenaikan berat badan. Namun, sebenarnya dagu berlipat juga dapat disebabkan oleh hal-hal lainnya, seperti faktor genetik dan usia. 

Seiring bertambahnya usia, kulit mulai kehilangan elastisitasnya. Hal ini kemudian bisa membuat kulit kendur sehingga timbullah dagu berlipat.

Dagu berlipat juga bisa dipicu oleh postur tubuh yang buruk. Ketika postur tubuh Anda buruk, itu sebenarnya dapat melemahkan otot-otot di leher dan dagu.

Ada banyak cara meniruskan dagu yang dapat dilakukan untuk meminimalkan tampilan dagu berlipat. Berikut delapan cara menghilangkan lemak di dagu:

1. Olahraga

Ini merupakan cara menghilangkan dagu berlipat yang paling praktis, karena Anda tak perlu keluar uang dan rumah. Olahraga wajah dapat memperkuat leher, rahang, dan jaringan ikat lokal, sehingga membantu mengurangi dagu berlipat.

Latihannya hanya memerlukan waktu beberapa menit per hari. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Tarik kepala ke belakang dan lihatlah langit-langit. Monyongkan bibir seolah Anda hendak mencium langit-langit. Hal ini dilakukan untuk meregangkan area di bawah dagu. Kemudian, berhenti memonyongkan bibir dan kembalikan kepala ke posisi normal.
  • Gunakan bola berdiameter 20 cm dan letakkan di bawah dagu. Gerakkan dagu seolah-olah menekan bola sekitar 20-25 kali per hari.
  • Dongakkan kepala ke atas, kemudian lihat ke arah kanan. Dorong rahang bagian bawah ke arah depan, tahan selama 10 detik. Ulangi dengan arah berlawanan.

Selain melakukan olahraga yang fokus pada kekencangan otot di area leher dan dagu, salah satu cara menghilangkan lipatan dagu yang efektif adalah menurunkan berat badan. 

Supaya berat badan turun lebih maksimal, lakukan olahraga 300 menit per minggu atau 45 menit per hari.

Anda juga disarankan untuk melakukan strength training dua kali seminggu. Lalu, segala bentuk aktivitas fisik seperti berkebun, membawa barang belanjaan, dan naik-turun tangga juga masuk dalam hitungan.

Artikel Lainnya: Gerakan Senam Wajah untuk Menghilangkan Double Chin

 2. Pola Makan yang Tepat

Mengonsumsi makanan yang tepat juga bisa menjadi cara menghilangkan lemak di bawah dagu, terutama jika dagu berlipat disebabkan oleh kenaikan berat badan. 

Cara menurunkan berat badan yang terbaik adalah mengonsumsi makanan sehat dan olahraga teratur. Ini panduan makan sehat yang bisa Anda lakukan:

  • Makan sayur dan buah dengan cukup.
  • Mengganti gandum tak utuh (seperti nasi putih, roti putih) dengan gandum utuh.
  • Hindari makanan olahan.
  • Konsumsi protein rendah lemak, seperti unggas dan ikan.
  • Konsumsi lemak sehat, seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan.
  • Singkirkan makanan yang digoreng.
  • Pilih produk susu rendah lemak.
  • Batasi asupan gula.
  • Kontrol porsi makan agar tak berlebihan.

3. Lakukan Pemijatan dan Gerakan Mengunyah

Seiring bertambahnya usia, kulit akan semakin kendur. Oleh karena itu, lakukanlah pemijatan di area kulit yang kendur dengan pola mengarah ke atas agar kulit menjadi kencang.

Selain itu, gerakan mengunyah juga dapat membantu. Misalnya, mengunyah permen karet akan otomatis mengencangkan area dagu dan pipi. Terlebih, kebiasaan mengunyah permen karet akan mengurangi keinginan ngemil.

4. Lipolisis

Lipolisis menggunakan sedot lemak atau panas dari laser untuk melarutkan lemak di bawah dagu dan membentuk kulit. 

Prosedur ini hanya menangani lemak, dan tidak menghilangkan kelebihan kulit atau meningkatkan elastisitasnya. Efek samping lipolisis bisa berupa bengkak, memar, dan rasa sakit.

Artikel Lainnya: Dampak dan Cara Mengatasi Kondisi Rahang Bawah Maju (Cakil)

5. Mesoterapi

Saat mesoterapi, dokter akan menyuntikkan senyawa ke dalam dagu untuk melarutkan lemak. Proses ini bisa memakan waktu hingga 6 bulan dan mungkin memerlukan lebih dari 100 suntikan pada beberapa orang. 

Jika dilakukan secara tidak benar, cara menghilangkan double chin ini dapat menyebabkan kerusakan saraf.

6. Masker Wajah

Beberapa masker wajah dianggap dapat mengencangkan dan mengurangi kulit lemak yang kendur pada dagu. Masker gliserin, kopi, dan teh hijau dapat membantu. 

Selain itu, Anda dapat mencoba cara alami menggunakan masker putih telur, madu, dan jus lemon yang juga dipercaya dapat mengurangi lemak pada dagu.

7. Gua Sha

Gua sha adalah salah satu cara pemijatan daerah limfatik menggunakan alat. Alat tersebut digunakan untuk pemijatan bagian wajah demi mengurangi ketegangan bagian otot. 

Artikel Lainnya: Kecanduan Suntik Filler, Adakah Efek Sampingnya?

8. Operasi Plastik

Prosedur bedah merupakan cara meniruskan dagu tercepat dan efektif. Salah satu prosedurnya disebut cervicoplasty anterior, yaitu tindakan membuang bagian yang berlebih dari kulit leher. 

Demikianlah sederet cara menghilangkan dagu berlipat yang bisa Anda lakukan. Dalam menjalani tips tersebut, Anda mesti bersabar kecuali jika memilih prosedur medis yang hasilnya lebih cepat, seperti lipolisis atau mesoterapi.

Anda juga harus memastikan double chin yang dimiliki disebabkan oleh faktor genetik sebelum melakukan prosedur invasif. Jika penyebabnya adalah kenaikan berat badan, lebih baik ubah dengan diet dan olahraga. 

Namun, sebelum melakukan diet dan program olahraga, lebih baik Anda bicarakan dulu dengan dokter. 

Konsultasi dengan dokter kulit lebih mudah via Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(FR/AYU)

Referensi:

  • Healthline. Diakses 2022. How Can I Get Rid of My Double Chin?
  • Medical News Today. Diakses 2022. How to get rid of a double chin?
Operasi PlastikLemakDagu berlipatwajah alergi

Konsultasi Dokter Terkait