Sukses

Manfaat Buah Kurma yang Jarang Diketahui

Tak cuma saat Ramadhan, manfaat buah kurma bagi kesehatan juga bisa Anda rasakan bila Anda mengonsumsi buah tersebut setiap hari. Ini selengkapnya!

Selama ini, manfaat kurma yang digadang-gadang adalah bisa jadi sumber energi, khususnya buat orang yang sedang dalam proses penyembuhan. Ya, itu memang tak salah. Namun sebenarnya, masih ada lagi manfaat buah kurma yang sayang sekali jika dilewatkan.

Kandungan Nutrisi Buah Kurma

Sebagai informasi, Anda dapat membedakan kurma segar dan kurma yang dikeringkan dengan melihat kulitnya. Jika kulit kurma berkerut, berarti kurma tersebut sempat dikeringkan demi pengemasan yang baik.

Nah, bila kulit kurma masih halus, berarti itu adalah kurma segar. Jangan khawatir, keduanya tetap memiliki manfaat yang sama. Sesuaikan saja dengan selera Anda. Sebagian orang ada yang menyukai kurma kering karena tidak lengket di tangan.

Beralih ke kandungan kurma, adapun kandungan yang ada di dalam buah legit berwarna cokelat tua itu, antara lain

  • Kalori: 281 kcal per 100gr
  • Lemak total: 0.03 gr
  • Karbohidrat total: 5.33 gr
  • Serat: 0.6 gr
  • Gula: 4.5 gr
  • Protein: 0.17 gr
  • Vitamin B6: 0.012 mg
  • Zat besi: 0.07 mg
  • Magnesium: 3 mg
  • Potassium: 47 mg

Artikel Lainnya: Kurma Ajwa, Makanan Sehat untuk Buka Puasa

1 dari 2 halaman

Manfaat Mengonsumi Kurma Tiap Hari

Tahu soal kandungannya tentu tak lengkap jika Anda belum tahu soal manfaat buah kurma itu sendiri. Agar Anda makin semangat untuk menjadikan buah yang satu ini sebagai makanan sehari-hari, berikut di bawah ini 9 khasiat buah kurma untuk kesehatan:

1. Mencukupi Kebutuhan Gizi dan Kalori

Karena sering kali dikeringkan, kadar kalori yang terkandung dalam kurma termasuk tinggi dibandingkan buah lain. Ini mirip dengan kismis dan buah ara.

Sebagian besar kalori kurma datang dari karbohidrat. Dan sisanya, datang dari protein. Meski tinggi kalori, kurma mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Manfaat kurma selanjutnya adalah untuk melancarkan pencernaan. Dengan serat sebanyak 7 gram dalam porsi 3,5 ons (0,99 kg), Anda bisa memasukkan kurma ke dalam diet harian. Serat dalam kurma dapat mencegah konstipasi dan bikin gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

3. Mencegah Penyakit Kronis

Manfaat makan kurma tiap hari adalah bisa terhindari dari berbagai macam penyakit kronis, seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, hingga Alzheimer. Ini semua berkat tingginya kadar antioksidan yang dimiliki oleh kurma.

4. Membantu Melancarkan Proses Persalinan Normal

Manfaat buah kurma yang satu ini pasti sangat diminati oleh ibu hamil. Bila Anda makan kurma tiap hari selama beberapa minggu terakhir sebelum lahiran, itu bisa membantu melancarkan persalinan normal!

Efek yang dihasilkan adalah leher rahim akan melebar, sehingga induksi tidak perlu dilakukan lagi. Bahkan, dengan makan kurma tiap hari sebelum melahirkan, itu bisa juga mengurangi waktu persalinan!

Artikel Lainnya: Benarkah Kurma Medjool adalah Jenis yang Terbaik?

5. Menstabilkan Gula Darah dan Pengganti Gula yang Lebih Sehat

Dengan rasanya yang manis, kurma dapat digunakan sebagai pengganti gula putih. Bonusnya lagi, tak cuma memaniskan, kurma pun kaya nutrisi, serat, dan antioksidan!

Meski masih membutuhkan penelitian lebih dalam, buah kurma juga dipercaya bisa memperbaiki kesehatan tulang  dan membantu mengatur gula darah.

6. Jadi Menu Tambahan dalam Diet

Kurma dapat dimakan langsung ataupun dikombinasikan dengan makanan sehat lainnya, seperti kacang almond, keju, smoothies, oatmeal, hingga ke dalam adonan biskuit. Tapi, karena kalorinya cukup tinggi, tak perlu menambahkan terlalu banyak, ya!.

7. Mengganti Elektrolit Tubuh yang Hilang

Bukan cuma air kelapa, lho, yang bisa membantu membantu elektrolit yang hilang, kurma pun bisa! Dengan kadar potasium yang tinggi, yaitu salah satu unsur elektrolit yang dibutuhkan tubuh, kurma juga bermanfaat untuk menguatkan tubuh sekaligus membangun otot dalam tubuh.

8. Melindungi Tubuh dari Peradangan

Untuk membuat tubuh terlindungi dari berbagai macam jenis radang, kita membutuhkan asupan antioksidan yang cukup, salah satunya dari polifenol. Buah yang satu ini kaya akan polifenol ketimbang buah lain.

9. Meningkatkan Kesuburan

Tak cuma bisa melancarkan persalinan normal, manfaat kurma yang pasti bakal disukai pasangan suami istri adalah bisa meningkatkan kesuburan, baik pada wanita maupun pria. Itu semua berkat kandungan asam amino dan sengnya.

Di Timur Tengah, serbuk sari kurma (date palm pollen) dijadikan obat untuk mengatasi masalah ketidaksuburan, terutama pada pria. Biji dan serbuk sari kurma pun memiliki senyawa yang bekerja seperti hormon-hormon reproduksi pria dan wanita.

10. Mencegah Anemia

Manfaat kurma yang terakhir adalah buah nabi ini bisa membuat Anda tidak mudah lelah dan pucat karena anemia. Dengan makan kurma tiap hari, kandungan zat besinya akan meningkatkan produksi sel darah merah.

Itu dia manfaat buah kurma bagi kesehatan. Bila Anda masih punya pertanyaan seputar khasiat buah kurma untuk kesehatan beserta efek sampingnya, lalu manfaat buah kurma muda, ataupun berbagai fakta kesehatan lain, Anda bisa langsung konsultasi dengan kami lewat fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter.

(AM/OVI)

1 Komentar