Sukses

Gaya Hidup Sehat bagi Penyandang Diabetes

Jika Anda memiliki diabetes dan berencana untuk mulai mengubah gaya hidup sehat, simak tipsnya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Diabetes merupakan penyakit metabolik yang umum terjadi dan dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang tidak diinginkan. Seperti penyakit jantung, stroke, luka di kaki, gagal ginjal, hingga kerusakan mata. Melakukan perubahan gaya hidup yang sehat diharapkan dapat memperbaiki kualitas hidup penyandang diabetes.

Selain karena resistansi insulin dan faktor keturunan, diabetes bisa timbul karena pola hidup yang tidak sehat. Mengubah kebiasaan hidup menjadi lebih sehat memang tidak mudah, tapi Anda pasti bisa melakukannya. Berikut gaya hidup sehat bagi Anda penyandang diabetes.

  1. Makan sehat

Mengonsumsi makanan sehat sangat penting ketika menderita diabetes, karena apa yang Anda makan akan memengaruhi gula darah Anda. Tidak ada makanan yang terlarang. Fokus makan hanya sebanyak yang dibutuhkan tubuh Anda.

Makanlah banyak sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian. Pilih susu tanpa lemak dan daging tanpa lemak. Batasi makanan yang tinggi gula dan lemak. Ingat bahwa karbohidrat berubah menjadi gula, jadi perhatikan asupan karbohidrat Anda.

Cobalah untuk mempertahankan pola makan sehat. Ini sangat penting, terlebih jika Anda menggunakan insulin atau obat-obatan untuk mengendalikan gula darah. Kunci dalam manajemen diabetes adalah belajar cara menghitung karbohidrat. Anda dapat konsultasikan hal ini dengan ahli gizi.

  1. Olahraga

Jika Anda malas berolahraga, ini saat yang tepat untuk memulainya. Anda tidak harus bergabung di gym dan melakukan olahraga berat. Cukup berjalan kaki, naik sepeda, atau aerobik. Tujuannya adalah melakukan 30 menit aktivitas yang membuat Anda berkeringat dan bernapas sedikit lebih keras hampir sepanjang hari dalam seminggu.

Gaya hidup aktif membantu Anda mengendalikan diabetes dengan menurunkan gula darah. Ini juga menurunkan peluang Anda terkena penyakit jantung.Kebiasaan ini juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan ekstra dan mengurangi stres.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Lakukan pemeriksaan rutin ke dokter

Temui dokter setidaknya dua kali dalam setahun. Diabetes meningkatkan peluang Anda terkena penyakit jantung. Jadi pelajari angka-angka kolesterol, tekanan darah, dan HbA1c (gula darah rata-rata lebih dari 3 bulan) Anda. Lakukan juga pemeriksaan mata setiap tahun. Kunjungi dokter kaki untuk memeriksa masalah seperti luka di kaki dan kerusakan saraf.

Periksa juga kadar gula darah Anda setidaknya dua kali sehari. Apakah itu masih dalam kisaran yang disarankan dokter. Catatlah sehingga dapat melacak kemajuan dan perhatikan bagaimana makanan dan aktivitas memengaruhi kadar gula darah.

  1. Kelola stres

Ketika stres, kadar gula darah dapat naik. Dan ketika cemas, Anda mungkin tidak mengelola diabetes dengan baik. Anda mungkin lupa berolahraga, makan dengan benar, atau minum obat. Temukan cara untuk menghilangkan stres. Lakukan latihan pernapasan dalam, yoga, atau hobi yang membuat Anda rileks.

  1. Berhenti merokok

Diabetes membuat Anda cenderung memiliki masalah kesehatan seperti penyakit jantung, penyakit mata, stroke, penyakit ginjal, penyakit pembuluh darah, kerusakan saraf, dan masalah kaki. Jika Anda merokok, peluang untuk mendapatkan masalah ini bahkan lebih tinggi. Bicarakan dengan dokter tentang cara untuk berhenti merokok.

  1. Kontrol konsumsi alkohol

Mungkin lebih mudah untuk mengontrol gula darah Anda jika tidak minum terlalu banyak bir, anggur, dan minuman keras. Bila memiliki kebiasaan mengonsumsi alkohol, Anda dapat tetap meminumnya, tetapi jangan berlebihan.

The American Diabetes Association mengatakan bahwa wanita tidak boleh minum lebih dari satu gelas alkohol sehari dan pria tidak lebih dari dua gelas. Alkohol dapat membuat gula darah menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Periksa gula darah sebelum minum, dan ambil langkah-langkah untuk menghindari kadar gula darah rendah. Jika Anda menggunakan insulin atau menggunakan obat untuk diabetes, makanlah saat Anda sedang minum.

Dibutuhkan waktu dan proses yang panjang untuk mengubah gaya hidup menjadi sehat. Tentu saja akan ada banyak rintangan di sepanjang jalan yang harus Anda hadapi. Tapi dengan komitmen, niat, serta dukungan keluarga dan orang terdekat, perubahan pola hidup dapat Anda lakukan. Dengan menerapkan gaya hidup sehat, penderita diabetes akan mempunyai kualitas hidup yang semakin baik.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar