Sukses

Ngemil Selama Nonton Avengers: Endgame Picu Radang Tenggorokan?

Selama 3 jam menonton Avengers: Endgame, mulut Anda tak berhenti mengunyah camilan. Bisakah perilaku ini picu radang tenggorokan?

Klikdokter.com, Jakarta Film Avengers: Endgame seolah sudah “memanggil” Anda untuk menontonnya di bioskop. Selama sekitar 3 jam Anda akan menyaksikan aksi para jagoan membela dunia. Camilan manis dan asin, seperti popcorn, pun sering menjadi pilihan untuk menemani saat menonton film. Durasi film yang panjang dan jalan cerita yang mengasyikkan tentu rawan membuat Anda lupa diri sehingga akan terus ngemil sepanjang pertunjukan. Pertanyaannya, apakah nonton selama 3 jam dan ngemil sepanjang durasi film bisa mengakibatkan radang tenggorokan?

Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong dari KlikDokter, anggapan mengonsumsi camilan manis atau asin dalam jumlah banyak selama berjam-jam bisa picu radang tenggorokan bisa benar dan bisa juga tidak. Bisa benar jika sedari awal penikmat camilan itu memiliki kondisi tenggorokan yang sensitive, dan daya tahan tubuhnya sedang tidak baik.

“Bisa juga tidak, jika penikmat camilan tersebut tidak memiliki tenggorokan yang sensitif dan memiliki kekebalan tubuh yang baik,” ujar dr. Sepri.

“Tapi, meski kekebalan tubuh orang itu baik, bila dia mengonsumsi banyak camilan tanpa disertai minum air putih untuk menetralkan tenggorokan, kemungkinan dia terkena radang tenggorokan juga besar,” jelas dr. Sepri.

Dengan kata lain, saat makan camilan sambil menonton, jangan lupakan juga peran air minum, terutama air putih untuk menetralkan kondisi tenggorokan Anda.

Mengapa harus air putih? Bukan soda ataupun es teh manis, es cokelat, atau bahkan es kopi? Sebab, hanya air putihlah yang tidak menambah rangsangan negatif terhadap kondisi tenggorokan yang sudah sensitif.

Ancaman obesitas

Sebenarnya, dr. Sepri lebih mengkhawatirkan kebiasaan ngemil makanan asin atau manis saat menonton film itu berubah menjadi kebiasaan jangka panjang. Pasalnya, jika kebiasan tersebut dilakukan terus-menerus, ancaman obesitas bisa menghampiri. Pada akhirnya, obesitas bisa meningkatkan risiko penyakit kronis, seperti hipertensi dan diabetes.

Melarang sama sekali untuk tidak menikmati kudapan saat menonton film di bioskop memang sulit, apalagi bila film yang ditonton berdurasi lebih dari 2 jam. Oleh sebab itu, perhatikan porsi makanan yang Anda nikmati di dalam bioskop. Hindari memilih camilan berukuran besar ataupun minum minuman yang terlalu banyak mengandung gula, seperti soda.

Tak mengapa bila Anda mengonsumsi camilan asin atau camilan manis. Asalkan porsinya diatur dan Anda minum banyak air putih setelahnya, maka seharusnya kondisi tenggorokan akan baik-baik saja.

Lalu, bagaimana jika kondisinya, Anda sudah telanjur terkena radang tenggorokan, tetapi rasanya “mulut gatal” sekali kalau tak mengunyah camilan?

Menurut dr. Adeline Jaclyn dari KlikDokter, Anda masih boleh kok mengunyah camilan saat menonton film. Hanya saja, sesuaikan jenis makanannya.

Saat tenggorokan dalam keadaan yang tidak baik, lebih baik konsumsi buah pisang untuk mengganjal perut. Jika bosan minum air putih, Anda bisa minum jus, tetapi sebaiknya bukan jus jeruk, ya. Meski kandungan vitamin C-nya tinggi, jus jeruk bersifat asam sehingga dapat mengiritasi permukaan tenggorokan.

Dengan demikian, apakah ngemil berjam-jam sembari nonton film Avengers: Endgame yang berdurasi panjang bisa memicu radang tenggorokan? Semuanya kembali kepada kondisi kesehatan Anda. Jika tenggorokan Anda sedang sensitif, tidak minum banyak air putih, dan kekebalan tubuh sedang lemah, camilan asin atau manis bisa membuat tenggorokan tidak nyaman dan berujung pada radang tenggorokan.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar