Sukses

Segera Cuci Tangan Setelah Menyentuh 9 Benda Ini!

Aktivitas cuci tangan kerap diabaikan. Segera cuci tangan ketika Anda menyentuh benda-benda berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Kebersihan tangan adalah salah satu hal harus selalu Anda perhatikan. Pasalnya, kuman-kuman yang ada di tangan bisa membuat Anda sakit, seperti diare, radang, dan flu. Dan, salah satu cara paling efektif untuk menyingkirkan kuman dari tangan dengan cuci tangan.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, meski sebuah tindakan sederhana, kebiasaan mencuci tangan punya manfaat begitu besar hingga mampu menyelamatkan nyawa. Sebab, berbagai kuman yang dapat mengancam kesehatan dapat ditularkan lewat sentuhan.

"Terlebih lagi, Anda juga tak bisa memastikan bahwa permukaan berbagai benda yang sering disentuh bebas dari kuman. Untuk itu, “perisai” terbaik dari serangan kuman adalah dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir,"  ujar dr. Atika.

Terkhusus setelah menyentuh sembilan benda ini, segeralah cuci tangan Anda. Apa saja benda tersebut? Berikut ulasannya.

1. Uang

Uang sudah lama dikenal sebagai sarang kuman. Jadi, setelah memegang uang, pastikan untuk mencuci tangan sesegera mungkin. Para peneliti menguji uang kertas US$ 1 dari Bank New York City. Di dalamnya, peneliti menemukan ratusan mikroorganisme, termasuk bakteri oral dan vagina, dan DNA dari hewan peliharaan dan virus.

2. Gagang pintu dan sejenisnya

"Mencuci tangan sangat penting untuk membatasi penyebaran bakteri dan virus," kata Katy Burris, MD, seorang dokter kulit di Columbia University Medical Center.

Sementara itu, salah satu hal yang sangat penting untuk diingat adalah Anda harus mencuci tangan setelah mengunjungi beberapa tempat umum dan transportasi umum. Ini mencakup pegangan tangan di eskalator, pegangan di kereta, hingga gagang pintu kamar mandi.

3. Menu restoran

Restoran bisa menjadi tempat yang penuh kuman, apalagi buku menunya. Para peneliti dari University of Arizona menemukan bahwa buku menu restoran memiliki 185.000 organisme bakteri. Masuk akal, karena begitu banyak orang memegang menu restoran saat memilih makanan. Jadi, saat menyentuhnya, segeralah cuci tangan.

4. Pulpen

Meski saat ini banyak orang mencatat menggunakan ponsel dan tablet, pulpen masih banyak digunakan untuk mencatat. Menurut Wall Street Journal, pulpen yang ada di kantor rata-rata memiliki 10 kali kuman lebih banyak dibanding kuman di toilet kantor. Segera cuci tangan setelah memegang pulpen. Karena sangat banyak pulpen mengandung bakteri, jangan coba-coba untuk menggigit pulpen Anda.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

5. Memegang hewan

Tidak semua orang mencuci tangan setelah menyentuh hewan peliharaan atau hewan apa saja. Padahal, menurut Nesochi Okeke-Igbokwe, MD, seorang dokter dan ahli kesehatan, hal itu harus dilakukan.

"Hewan dapat membawa berbagai penyakit. Hewan peliharaan umumnya dianggap ramah keluarga, sehingga mencuci tangan kadang-kadang diabaikan,” ujar dr. Nesochi.

6. Layar sentuh

Hampir semua teknologi saat ini menggunakan layar sentuh atau touchscreen. Ponsel juga terhitung sebagai salah satu benda terkotor. Jangan sering-sering memegang ponsel jika tidak penting sekali atau jangan lupa cuci tangan setelah memegang ponsel.

7. Talenan dan spons dapur

Dapur adalah lingkungan yang penuh kuman. Jangan lupa membersihkan makanan, peralatan, seperti talenan dan spons pencuci piring. Sebuah menemukan 326 spesies bakteri yang hidup di spons dapur bekas. Pastikan untuk rutin mengganti spons dapur Anda. Selain itu, jangan lupa cuci tangan ketika hendak menyiapkan makanan atau setelah makan.

8. Tempat sabun yang berpompa

Jangan pikir tempat sabut yang menggunakan pompa aman dari bakteri. Sebaliknya, pompa sabun adalah “surga” bagi bakteri. Para peneliti dari University of Arizona menemukan pompa sabun isi ulang banyak mengandung kuman. Saat Anda menekan pompa, bakteri apa pun yang ingin Anda cuci memiliki peluang yang sama untuk ditransfer.

Peneliti utama Charles Gerba, PhD, mengatakan menyentuh wadah sabun isi ulang sebenarnya dapat mentransfer lebih banyak bakteri ke tangan Anda daripada jika Anda memasukkan tangan ke toilet.

9. Beberapa benda di bandara

Menurut Administrasi Penerbangan Federal, sekitar 2,6 juta penumpang maskapai bepergian melalui bandara. Lebih banyak orang berarti lebih banyak kuman, dan lebih banyak bagian di bandara yang mengandung kuman. Hindari menyentuh kenop pintu dan beberapa hal yang disentuh oleh publik. Jika Anda terpaksa harus menyentuhnya, lebih baik segera cuci tangan.

Jadi, meski terlihat bersih, beragam jenis benda di atas sebenarnya berpotensi menyimpan kuman dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, setelah menyentuh mereka, pastikan Anda segera mencuci tangan dengan sabun dan air bersih. Kebiasaan cuci tangan akan sangat bermanfaat pada kesehatan Anda.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar