Sukses

Manfaat Sehat di Balik Daun Mint yang Menghiasi Makanan Anda

Tak sekadar hiasan dalam makanan, ternyata daun mint mempunyai banyak manfaat sehat. Cari tahu manfaat sehatnya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Daun mint sering digunakan untuk menghiasi makanan seperti kue, masakan, atau salad. Tidak hanya makanan, banyak juga yang menggunakan daun mint pada minuman seperti teh, minuman lemon, soda, dan minuman lainnya. Daun mint membuat makanan dan minuman Anda tampak dan terasa lebih segar. Namun, lebih dari itu, masih banyak manfaat daun mint bagi kesehatan.

Mint merupakan nama dari banyak jenis tanaman, termasuk tanaman peppermint dan spearmint. Tanaman ini terkenal karena dapat memberikan sensasi dingin. Daun mint dapat ditambahkan pada makanan kering maupun makanan segar.

Tidak hanya mempercantik hidangan dan memberi rasa segar, daun mint juga memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat daun mint untuk kesehatan.

  1. Kaya nutrisi

Walaupun tidak dikonsumsi dalam jumlah banyak, ternyata daun mint kaya akan berbagai nutrien yang penting untuk kesehatan Anda. Sekitar 1/3 mangkuk atau 14 gram daun mint mengandung energi 6 kalori, serat 1 gram, vitamin A sebanyak 12 persen dari kebutuhan harian, zat besi 9 persen kebutuhan harian, mangan 8 persen kebutuhan, dan asam folat 4 persen dari kebutuhan. Selain itu, daun mint juga kaya antioksidan yang bermanfaat untuk membantu melindungi tubuh Anda dari radikal bebas.

  1. Membantu meringankan gejala Irritable Bowel Syndrome

Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan masalah saluran pencernaan yang sering terjadi. Penyakit ini ditandai oleh gejala saluran cerna seperti nyeri perut, kembung, dan perubahan pola BAB seperti diare. Penanganan IBS biasanya meliputi perubahan pola diet dan minum obat-obatan.

Namun demikian, penelitian menunjukkan bahwa minyak peppermint juga dapat memberikan manfaat dalam mengurangi gejala IBS. Minyak peppermint mengandung komponen mentol yang dapat meredakan gejala IBS melalui efek relaksasi pada otot-otot saluran cerna.

Sebuah penelitian menunjukkan hasil bahwa 75 persen orang dengan IBS yang minum kapsul minyak peppermint mengalami perbaikan gejala IBS. Namun demikian, masih dibutuhkan penelitian lainuntuk membutiktikan hal ini.

  1. Meningkatkan fungsi otak

Selain dimakan, ternyata menghirup aroma mint juga bermanfaat untuk tubuh. Salah satunya adalah untuk meningkatkan fungsi otak. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 144 orang menunjukkan bahwa mencium aroma minyak mint selama 5 menit sebelum ujian secara signifikan meningkatkan daya ingat.

Penelitian lain menunjukkan mencium minyak mint saat mengemudi kendaraan dapat meningkatkan daya fokus saat berkendara serta menurunkanfrustrasi, kemarahan, dan kelelahan. Namun demikian, masih dibutuhkan penelitian-penelitian untuk membuktikan hal ini.

  1. Mengurangi gejala batuk-pilek

Banyak obat batuk dan pilek mengandung mentol yang merupakan komponen utama dalam daun/ minyak mint. Banyak orang yang percaya bahwa mentol merupakan bahan alami untuk mengatasi hidung tersumbat sehingga melancarkan aliran udara dalam hidung.

Sebenarnya, hasil penelitian tidak membuktikan bahwa mentol memiliki efek dekongestan untuk mengatasi hidung tersumbat. Namun, secara subjektif orang-orang merasa napasnya lebih lega jika menghirup mentol saat sedang batuk dan pilek.

  1. Menyegarkan napas

Daun mint juga memberikan manfaat untuk menyegarkan napas dan menghilangkan bau mulut. Itu sebabnya banyak permen atau perman karet yang memiliki rasa mint. Namun, tak hanya bermanfaat menyegarkan napas seperti permen, mengunyah daun mint juga sekaligus membunuh bakteri penyebab bau mulut.

Tak sekadar pemanis penampilan hidangan, ternyata daun mint mempunyai banyak manfaat sehat. Jangan lupa untuk mencuci bersih daun mint sebelum Anda konsumsi. Selain itu, konsumsilah daun mint dalam jumlah wajar dan tidak berlebihan agar khasiatnya dapat dirasakan.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar