Diet dan Nutrisi

15 Manfaat Daun Mint dan Cara Mengolahnya yang Baik untuk Kesehatan

Siti Putri Nurmayani, 21 Jun 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Selain sebagai hiasan makanan dan minuman, ternyata daun mint punya banyak manfaat. Ketahui 15 manfaat daun mint untuk kesehatan dan cara mengolahnya yang aman.

15 Manfaat Daun Mint dan Cara Mengolahnya yang Baik untuk Kesehatan

Daun mint sering digunakan sebagai penghias makanan, mulai dari kue, masakan, hingga salad. Namun, tak jarang tanaman ini juga ditambahkan ke dalam minuman, seperti teh, lemon, atau soda.

Jenis daun ini dapat membuat makanan serta minuman jadi terasa lebih segar dan menciptakan sensasi dingin. Tidak heran, banyak orang yang menggunakan daun mint.

Selain itu, ternyata daun mint juga punya dampak baik untuk kesehatan, lho. Yuk, simak manfaat daun mint lewat artikel berikut ini.

Manfaat Daun Mint untuk Kesehatan

Mint merupakan nama dari banyak jenis tanaman, termasuk peppermint dan spearmint yang sering ditambahkan ke dalam makanan dan minuman. Berikut sejumlah manfaat daun mint untuk kesehatan:

1. Kaya Nutrisi

Disampaikan oleh dr. Vika Damay, sekitar sepertiga mangkuk atau setara dengan 14 gram daun mint mengandung beberapa nutrisi berikut:

  • Energi: 6 kalori
  • Serat: 1 gram
  • Vitamin A: 12 persen dari kebutuhan harian
  • Zat besi: 9 persen dari kebutuhan harian
  • Mangan: 8 persen dari kebutuhan harian
  • Asam folat: 4 persen dari kebutuhan

2. Antioksidan Kuat

Daun mint ternyata merupakan sumber antioksidan yang kuat, apalagi jika dibandingkan dengan bumbu dan rempah-rempah lain.

Kandungan antioksidan ini bisa melindungi tubuh dari stres oksidatif, jenis kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas.

Dengan begitu, menggunakan daun mint untuk minuman bisa menjadi salah satu cara untuk menyehatkan tubuh.

3. Meringankan Gejala Sindrom Iritasi Usus Besar

Irritable bowel syndrome (IBS) merupakan gangguan saluran pencernaan yang umum terjadi. Penyakit ini ditandai dengan nyeri perut, perut kembung, dan diare.

Dikutip dari BMC Complementary Medicine and Therapies, minyak peppermint dapat memberikan manfaat untuk mengurangi gejala sindrom iritasi usus besar.

Minyak yang satu ini mengandung komponen mentol yang bisa meredakan gejala IBS dengan cara memberikan efek relaksasi pada otot-otot di saluran cerna. Meski khasiat daun mint ini bisa membantu penderita IBS, namun diperlukan penelitian lanjutan untuk mendukung manfaat daun mint tersebut.

4. Meningkatkan Fungsi Otak

Hanya dengan menghirup daun mint ternyata bisa membantu meningkatkan fungsi otak, lho.

Sebanyak 144 orang dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa mencium aroma minyak mint selama 5 menit sebelum ujian, secara signifikan dapat meningkatkan daya ingat.

Sayangnya, dibutuhkan lebih banyak penelitian untuk membantu memahami cara kerja dari manfaat daun mint yang satu ini.

5. Mengurangi Gejala Batuk Pilek

Kegunaan daun mint juga dapat membantu mengurangi gejala batuk pilek. Ada banyak obat batuk dan pilek yang mengandung mentol, yang merupakan kandungan utama dalam daun atau minyak mint.

Banyak orang yang percaya bahwa mentol merupakan bahan alami yang bisa mengatasi hidung tersumbat dengan melancarkan aliran udara dalam hidung.

“Meski tidak ada bukti secara ilmiah, namun banyak orang yang merasa napasnya jadi lebih lega jika menghirup mentol saat batuk pilek,” ujar dr. Vika.

6. Menyegarkan Napas

Daun mint terkenal sebagai tanaman yang bisa memberikan sensasi dingin dan segar. Ini tentunya dapat bermanfaat untuk menyegarkan napas dan menghilangkan bau mulut.

Oleh karenanya, banyak permen atau permen karet yang memiliki varian mint. Namun, kamu juga bisa mengunyah daun mint secara langsung untuk memiliki napas segar sekaligus membunuh bakteri penyebab bau mulut.

7. Mengobati Asma

asma

Selain mengatasi hidung tersumbat, daun mint juga berkhasiat untuk mengatasi asma. Tanaman yang satu ini bisa melegakan saluran pernapasan yang mengganggu.

Meski manfaatnya baik, namun tidak dianjurkan untuk mengonsumsi daun mint secara berlebihan. Soalnya, tanaman ini bisa mengiritasi saluran pernapasan.

8. Mengatasi Jerawat

Siapa sangka, daun mint juga punya manfaat baik untuk kesehatan kulit. Ini berkat kandungan anti-inflamasi, antibakteri, dan antioksidan yang terkandung di dalam daun mint.

Sifat antibakteri dalam daun mint bisa membantu mengatasi jerawat. Selain itu, daun yang menyegarkan ini juga berguna untuk melawan radikal bebas, sehingga kulit jadi tampak lebih cerah dan awet muda.

9. Meredakan Nyeri Kepala

Kandungan mentol yang ada di dalam daun mint bisa bermanfaat untuk meredakan sakit kepala.

Sesungguhnya, mentol dapat membantu otot-otot kepala menjadi lebih rileks. Hal ini membuat gejala nyeri dapat berkurang.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi jus daun mint atau balsam berbahan dasar minyak mint di kepala.

Artikel Lainnya: Waspada, Daun Mint Bisa Turunkan Gairah Seksual Anda!

10. Mengurangi Nyeri saat Menyusui

ibu menyusui

Selama menyusui, terkadang Mama mengalami nyeri dan luka pada puting. Hal tersebut tentunya dapat membuat proses menyusui menjadi sulit.

Untungnya, daun mint bisa membantu mengurangi nyeri saat menyusui. Selain itu, mengoleskan minyak mint pada puting setelah menyusui juga dapat menurunkan risiko keparahan luka yang dialami.

11. Meredakan Gangguan Pencernaan

Ketika seseorang mengalami gangguan pencernaan, ini disebabkan oleh makanan yang terlalu lambat masuk ke dalam saluran pencernaan.

Namun tak perlu khawatir, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi daun mint atau minyak peppermint yang ditambahkan ke dalam makanan.

Bahkan, kombinasi minyak peppermint dan minyak jintan yang dikonsumsi lewat suplemen bisa memberikan efek yang mirip dengan obat untuk gangguan pencernaan, yakni memperbaiki sakit perut dan gejala lainnya.

12. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun mint mengandung vitamin dan antioksidan yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Pasalnya, kandungan-kandungan yang ada di dalam daun mint bisa membantu melindungi sel dari kerusakan. Selain itu, tanaman yang satu ini juga dapat mencegah pembentukan tumor.

13. Meredakan Stres dan Depresi

Cara penggunaan daun mint yang paling umum adalah dijadikan sebagai aromaterapi. Aroma yang dihasilkan dari tanaman ini bisa membantu menurunkan hormon kortisol atau hormon stres, sehingga kadar stres bisa berkurang.

Selain itu, penggunaan daun mint juga dapat memicu pelepasan hormon serotonin di tubuh. Hormon yang satu ini berfungsi untuk meredakan stres dan depresi.

14. Menurunkan Berat Badan

Berkat manfaatnya yang dapat meningkatkan pencernaan dan metabolisme dalam tubuh, daun mint pun bisa membantu menurunkan berat badan.

Untuk mendapatkan khasiatnya secara aman, kamu bisa minum teh mint yang sehat karena bebas kalori.

15. Mendorong Pertumbuhan Rambut

Kadar antioksidan dan karoten dalam daun mint ternyata bagus untuk mendorong pertumbuhan rambut dan mencegah terjadinya rambut rontok.

Selain itu, sifat antimikroba dan antijamur yang kuat juga dapat digunakan untuk mengatasi ketombe dan kutu rambut. Coba buat pasta daun mint yang dicampur dengan jus lemon. Kemudian, oleskan di kulit kepala dan rambut selama 30 menit sebelum dibilas.

Artikel Lainnya: Minuman Cokelat Campur Mint Bisa Mencegah Mual?

Cara Mengolah Daun Mint

Daun mint menjadi tanaman yang bisa diolah dengan berbagai cara. Salah satu cara yang paling baik adalah menambahkannya di akhir proses memasak. Tambahan daun mint ini akan membantu mempertahankan rasa dan tekstur hidangan.

Selain itu, cara mengolah daun mint yang lebih praktis adalah dengan membuat teh mint. Seduh daun mint selama 5-6 menit ke dalam air panas untuk disajikan sebagai teh mint.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa potong daun mint ke adonan kue cokelat untuk memperkaya rasa.

Pastikan untuk mencuci bersih daun mint sebelum digunakan. Selain itu, konsumsi daun mint dalam jumlah yang wajar agar kamu bisa mendapatkan khasiat dari tanaman tersebut.

Informasi menarik lainnya seputar kesehatan bisa kamu baca di aplikasi KlikDokter. Selain itu, bisa juga konsultasi dengan lebih mudah dan praktis dengan memanfaatkan layanan Tanya Dokter. KlikDokter, solusi untuk #JagaSehatmu!

(NM)

makanandaun mint

Konsultasi Dokter Terkait