Sukses

Bisakah Wanita dengan Ambeien Melahirkan Secara Normal?

Khawatir ambeien menghalangi Anda untuk bisa melahirkan secara normal? Temukan solusinya di sini.

Klikdokter.com, Jakarta Setiap wanita hamil berisiko mengalami ambeien atau hemoroid. Ini karena hamil memicu perubahan hormon dan peningkatan tekanan dalam perut akibat rahim yang makin membesar. Pertanyaannya kemudian, apakah kemunculan ambeien dapat menghalangi Anda untuk melahirkan secara normal?

Ambeien dan kehamilan

Ambeien yang juga dikenal dengan sebutan wasir terjadi saat pembuluh darah balik (vena) di rektum atau anus membesar dan membengkak. Alhasil, Anda akan merasakan gatal yang menyengat, serta nyeri hingga keluarnya darah saat buang air besar. Dua keluhan ini kerap menjadi tanda pertama adanya ambeien.

Pada wanita hamil, risiko ambeien bisa jadi lebih tinggi, yakni sekitar 25-35 persen dari seluruh kehamilan. Namun, risiko ambeien semakin meningkat hingga 85 persen pada trimester ketiga kehamilan. Mengapa demikian?

Ini karena perubahan-perubahan saat hamil, di antaranya peningkatan hormon progesteron dan rahim yang membesar dapat memicu konstipasi yang dapat mengakibatkan ambeien.

Kadar progresteron yang tinggi saat hamil secara normal juga akan meningkatkan aliran darah. Pembuluh darah di sekitar rektum dan anus pun cenderung lebih bengkak dari biasanya. Jadi, ambeien akan lebih mudah muncul.

Konstipasi sendiri terjadi karena hormon yang sama membuat otot-otot usus melemas, sehingga gerakan peristaltik usus untuk mendorong feses ke arah anus dirasakan sebagai rasa mulas. Karena feses menjadi lebih lama berada di dalam usus, sehingga lebih banyak air yang diserap.

Akibatnya, secara otomatis feses yang terbentuk menjadi lebih keras dan lebih sulit dikeluarkan.Selanjutnya, konstipasi bisa semakin berat dengan rahim yang semakin membesar dan menekan usus, sehingga BAB lebih sulit dikeluarkan.

Itulah sebabnya wanita hamil cenderung mengejan keras saat buang air besar. Kondisi ini yang tentu saja menyebabkan ambeien semakin mudah muncul.

1 dari 2 halaman

Betulkah akan menyulitkan proses melahirkan normal?

Meski ambeien kerap mengganggu, kondisi ini sebenarnya tidak membahayakan janin maupun ibu hamil. Cara melahirkan baik normal maupun melalui operasi caesar pun tidak ditentukan oleh ada atau tidaknya ambeien.

Sebab, ambeien terjadi di anus, sehingga tidak akan menghalangi jalan lahir. Kalaupun Anda disarankan untuk melakukan operasi caesar, bisa dipastikan hal tersebut karena ada faktor-faktor lain yang menjadi penyebabnya dan tidak berhubungan dengan ambeien yang dialami.

Perlu diketahui bahwa ambeien yang berukuran besar bisa berdarah selama proses melahirkan normal. Tapi Anda yang memiliki ambeien dan tengah hamil tak perlu cemas. Ambeien akan berangsur-angsur menghilang setelah melahirkan.

Cara mengatasi ambeien saat hamil

Pengobatan ambeien yang muncul saat hamil ditujukan untuk mengurangi keluhan nyeri. Ibu hamil dapat lebih selektif dengan apa yang dimakan dan mulai melatih kebiasaan buang air besar di pagi hari atau setelah sarapan, dimana gerakan peristaltik usus tertinggi di waktu-waktu tersebut.

Pengaturan makan ini juga ditujukan untuk menghindari konstipasi dengan cara melembutkan feses, sehingga akan lebih mudah dikeluarkan. Untuk itu, wanita hamil dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi serat yang berasal dari sayuran berdaun hijau dan buah-buahan.

Tak lupa, konsumsi air putih yang cukup juga wajib dilakukan untuk melancarkan pencernaan. Hindari pula makanan yang pedas dan berminyak agar risiko ambeien berkurang.

Bila cara-cara ini belum menunjukkan hasil, Anda boleh menggunakan laksatif atau pelembut feses yang aman bagi ibu hamil, yakni yang mengandung psyllium, metilselulosa, polikarbofil, polietilen glikol, laktulosa, gliserin dan bisakodil.

Untuk nyeri yang amat mengganggu, keluhan bisa diminimalkan dengan obat ambeien topikal yang dimasukkan ke dalam anus. Obat-obatan ini tergolong aman untuk ibu hamil. Meski demikian, sebaiknya tetap digunakan atas anjuran dokter kandungan Anda.

Sebagian wanita hamil mungkin tetap mengalami ambeien meski telah melakukan perubahan-perubahan di atas. Pada kasus-kasus seperti ini diperlukan terapi yang lebih agresif seperti skleroterapi, krioterapi, atau pembedahan. Namun, biasanya dokter akan menunda terapi sampai ibu melahirkan agar tidak muncul komplikasi.

Bisa disimpulkan bahwa ambeien pada kehamilan tidak akan menghalangi Anda untuk melahirkan secara normal. Meski demikian, kondisi ini tetap harus dicegah dan diatasi agar tidak mengganggu kualitas hidup ibu hamil.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar