Sukses

Cara Alami Menurunkan Kadar Asam Urat

Di samping obat-obatan medis, beberapa cara alami ini terbukti ampuh menurunkan kadar asam urat dengan cepat.

Klikdokter.com, Jakarta Tingginya kadar asam urat dalam tubuh ternyata tidak hanya jadi persoalan mereka yang lanjut usia. Nyatanya tidak sedikit orang berusia muda yang mengalami gangguan serupa.

Mulai dari pegal-pegal dan nyeri sendi hingga risiko gangguan ginjal di kemudian hari dapat diawali dengan kadar asam urat terlalu tinggi. Untuk menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, selain mengonsumsi obat, terdapat cara alami yang bisa dicoba.

Sebelum berbagai komplikasi terlanjur terjadi, mereka yang memiliki penyakit asam urat sebaiknya segera mengubah gaya hidup.

Namun bila Anda telanjur mengalami asam urat, berikut ini adalah ragam terapi alami yang bisa dilakukan agar penyakit yang satu ini tidak berlama- lama mengganggu:

  1. Diet rendah purin

Asam urat sendiri sebenarnya merupakan produk hasil metabolisme makanan tinggi purin, seperti jeroan, makanan laut, kembang kol dan kacang- kacangan. Bila makanan jenis ini tidak dikonsumsi berlebihan, purin yang dihasilkan dapat dengan mudah dikeluarkan lewat urine.

Akan tetapi bila makanan yang masuk jumlahnya banyak, urine yang dihasilkan pun akan berlebihan, sehingga menumpuk dan berubah menjadi kristal asam urat pada sendi dan ginjal. Akibatnya dapat terjadi peradangan sendi atau gout artritis dan juga gangguan fungsi ginjal.

Untuk itu, penderita asam urat sebaiknya menghindari jenis makanan tersebut.

  1. Hindari minuman dengan pemanis tambahan

Siapa sangka ternyata minuman manis juga dapat menjadi biang kerok meroketnya kadar asam urat dalam tubuh. Sebuah penelitian membuktikan bahwa selain pola makan, kebiasaan minum atau konsumsi makanan yang mengandung pemanis tambahan juga mampu meningkatkan risiko asam urat.

Oleh karena itu, usahakan hindari makanan atau minuman yang mengandung pemanis buatan dan usahakan lebih banyak mengonsumsi air putih di sela beraktivitas.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Banyak minum air putih

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, kelebihan purin dari makanan akan dibuang tubuh melalui urine. Sedangkan, salah satu modal ginjal dalam bekerja dan mengeluarkan urine adalah kecukupan air putih. Sehingga, wajib bagi seorang penderita asam urat untuk memenuhi kebutuhan air minum.

Bila perlu, bawa segelas besar air putih kemanapun Anda pergi dan buat alarm khusus untuk mengingatkan kapan harus minum di sela kesibukan.

  1. Perhatikan kecukupan serat

Mengonsumsi makanan kaya serat ternyata juga bisa jadi solusi bagi penderita asam urat. Serat yang masuk dalam tubuh akan menjaga kadar gula tubuh tetap stabil dan mempertahankan rasa kenyang, sehingga terhindar dari porsi makan berlebihan.

Oleh karena itu, asupan yang satu ini juga tidak boleh luput dari menu harian Anda bila mengalami asam urat. Untuk menjamin kecukupan asupannya, pastikan selalu mengonsumsi 5 porsi buah atau sayur setiap harinya.

  1. Hindari stres

    Selain pola makan, ternyata kondisi psikis juga harus Anda perhatikan bila ingin menurunkan kadar asam urat dalam darah. Hal ini karena stres, kelelahan dan kurang tidur dapat memicu proses peradangan dalam tubuh.

    Proses peradangan ini dapat meningkatkan risiko penumpukan asam urat dalam darah. Jadi, agar kecukupan tidur terjaga, ada beberapa hal yang dapat dilakukan :

    • Hindari penggunaan perangkat elektronik 3 jam sebelum waktu tidur
    • Tidur dan bangun di jam yang sama setiap harinya
    • Hindari konsumsi kopi setelah jam makan siang

    Untuk mengatasi stres, Anda dapat mencoba meditasi, melakukan hal-hal yang menjadi hobi atau berlibur. Bila kondisi psikis tertangani, asam urat pun enggan berlama-lama mengganggu Anda.

Di samping pengobatan oleh dokter, cara-cara alami tersebut dapat menjadi senjata ampuh untuk menurunkan kadar asam urat, asalkan dilakukan secara konsisten dan teratur. Dengan kadar asam urat yang dapat dikendalikan, aktivitas sehari-hari Anda pun tidak akan terganggu.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar