Sukses

Buah yang Sebaiknya Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Penderita asam urat harus lebih selektif memilih makanan, termasuk jenis buah. Berikut ini adalah buah yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita asam urat.

Kondisi asam urat terjadi akibat penumpukan kristal asam urat di sendi-sendi tubuh. Bagian tubuh yang paling sering mengalami nyeri akibat asam urat adalah persendian,  terutama di bagian jempol kaki.

Asam urat membuat penderitanya harus membatasi beberapa jenis makanan. Pembatasan dilakukan agar kadar asam urat di dalam tubuh bisa dikendalikan dan gejalanya tidak semakin parah.

Jika penderita asam urat tidak menjaga pola makannya dengan baik, maka ada kondisi kesehatan lain yang dapat mengintai, di antaranya batu ginjal.

Salah satu jenis makanan yang baik untuk penderita asam urat adalah buah-buahan. Lalu, buah apa yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita asam urat? Untuk tahu jawabannya, simak ulasan berikut ini, ya.

1. Apel

Apel merupakan buah yang baik untuk penderita asam urat karena kandungan purinnya rendah. Perlu diketahui, purin adalah zat yang bisa memicu naiknya kadar asam urat tubuh. Penderita asam urat perlu mengonsumsi makanan yang mengandung rendah purin.

Apel juga sehat dikonsumsi karena  mengandung serat dan vitamin yang tinggi. Asupan apel rutin baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan Anda.

Artikel Lainnya: 6 Jenis Makanan Terbaik Penderita Asam Urat, Apa Saja?

1 dari 3 halaman

2. Anggur

Anggur adalah buah dengan kadar purin rendah dan baik dikonsumsi untuk penderita asam urat. Selain rasanya lezat, anggur merupakan buah yang kaya antioksidan. Antioksidan adalah senyawa yang baik untuk mencegah penuaan di tubuh.

3. Stroberi

Buah stroberi memiliki sifat antiperadangan yang bisa mengendalikan peradangan di bagian sendi. Stroberi juga mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan tubuh. 

4. Jeruk

Jeruk adalah buah yang kaya vitamin C. Kandungan vitamin C di dalam buah jeruk dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh. Vitamin C juga dapat membantu mengeluarkan asam urat melalui urin.

5. Pisang

Untuk penderita asam urat, pilihlah buah yang kaya akan serat seperti pisang. Buah berserat dapat membantu tubuh mengeluarkan asam urat melalui saluran pencernaan. Konsumsi serat juga dapat mengendalikan kadar gula darah dan menstabilkan hormon insulin yang turut memengaruhi pembentukan asam urat.

Artikel Lainnya: Benarkah Penderita Asam Urat Harus Pantang Sayuran Hijau?

2 dari 3 halaman

6. Pir dan Plum

Buah pir dan buah plum mengandung serat yang cukup tinggi, terutama di bagian kulitnya. Sekitar ½ buah pir berukuran besar menyediakan 3 gram serat dan sebanyak 2 buah plum mengandung 2,4 gram serat. Kedua buah ini juga mengandung kadar purin yang rendah sehingga aman untuk dikonsumsi penderita asam urat.

7. Buah Beri

Buah-buahan jenis beri, seperti raspbery, umumnya mengandung senyawa alami flavonoid. Senyawa aktif flavonoid adalah antioksidan yang dapat membantu tubuh menghilangkan radikal bebas akibat terpapar racun. Kandungan di dalam buah beri juga dapat menurunkan kadar asam urat di dalam tubuh.

Itu dia beberapa jenis buah yang aman dikonsumsi oleh penderita asam urat. Kini Anda sudah tidak bingung lagi untuk memilih buah bagi penderita asam urat. 

Konsumsilah deretan buah-buahan di atas untuk membantu menunjang kesehatan tubuh Anda. Cari tahu informasi kesehatan lainnya dengan membaca artikel di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

32 Komentar

  • Nad******a

    Magnam et omnis pariatur. Tempore ut alias aut aut soluta dolorem sed occaecati. Sed ipsum optio voluptatem fugiat nesciunt dolores ullam.

  • Nad******a

    Et qui non tempora officia dolores sed. Et rem ut dolores sit a nesciunt. Laborum molestiae est repudiandae.

  • Nad******a

    Quae quam eligendi provident repellat ratione molestiae veritatis. Hic pariatur laboriosam illum ut voluptatem accusamus. Maxime velit ipsa id aperiam et et.