Sukses

Pentingnya Menjaga Kesehatan Gigi Anak dengan Sindrom Down

Menjaga kesehatan gigi amat penting untuk diperhatikan. Bagi anak dengan sindrom Down perlu cara khusus untuk melakukannya.

Klikdokter.com, Jakarta Down syndrome atau sindrom Down adalah kelainan genetic yang disebabkan oleh kelainan kromosom. Tanda yang umum terlihat pada anak yang menderita kelainan ini adalah adanya keterbelakangan perkembangan fisik dan mental. Oleh sebab itu, dalam menjaga kesehatan gigi, diperlukan perlakuan yang khusus.

Perawatan gigi pada anak dengan sindrom Down

Bagi setiap orang, melakukan perawatan gigi adalah salah satu komponen penting dari kesehatan secara keseluruhan. Namun pada anak-anak yang lahir dengan kondisi sindrom Down terdapat beberapa perbedaan dalam menjaga kesehatan gigi dan mulutnya dengan baik.

Hal ini disebabkan oleh retardasi mental yang mereka miliki. Umumnya anak sindrom Down memerlukan pelatihan khusus dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut, seperti aktivitas menggosok gigi secara rutin atau flossing untuk membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan.

Namun, mengajarkan merawat gigi pada anak dengan sindrom Down tidaklah mudah. Bahkan, beberapa dari mereka akan menolak dalam melakukan aktivitas ini.

Masalah gigi dan mulut yang sering terjadi

Anak dengan kondisi sindrom Down memiliki permasalahan dalam penyakit sistemik, sehingga memiliki tingkat risiko lebih tinggi terhadap penyakit gusi atau penyakit periodontal.

Ketika anak mengalami penyakit tersebut, pada gusi dan tulang yang menopang gigi akan terjadi peradangan akibat dari penumpukan plak bakteri dan karang gigi (kalkulus) yang menumpuk di sekitar permukaan gigi.

Hal ini dapat terjadi karena anak dengan sindrom Down memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Kondisi ini bisa semakin parah jika mereka tidak dapat menjaga kebersihan mulut dengan baik.

Menurut beberapa penelitian, gigi berlubang jarang ditemukan pada anak dengan kondisi sindrom Down. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh keterlambatan gigi yang tumbuh dan bentuk gigi yang lebih kecil.

Selain itu, dengan diet yang ketat jumlah makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi dapat dibatasi konsumsinya. Sehingga, mereka pun aman dari serangan gigi berlubang.

Akan tetapi, penelitian yang dilakukan pada anak down syndrome yang sudah meningkat remaja menunjukkan bahwa mereka lebih rentan terhadap kerusakan gigi.

Sebab, anak yang sudah remaja telah mengonsumsi karbohidrat, makanan yang mengandung gula tinggi, serta obat-obatan. Belum lagi bila perawatan gigi mereka tidak baik, kondisinya bisa semakin parah.

Oleh karena itu tak jarang anak dengan kondisi sindrom Down membutuhkan bantuan khusus dalam merawat gigi mereka agar tetap sehat. Ini merupakan bentuk penting dalam menunjang kesehatan tubuh serta aktivitas mereka sehari-hari.

Tips merawat gigi dan mulut bagi anak dengan sindrom Down

Pastikan gigi anak disikat minimal 2 kali dalam sehari dan menggunakan pasta gigi berbahan fluoride. Jangan lupa juga untuk mengajarkan anak untuk melakukan flossing guna membersihkan sela-sela gigi dari sisa makanan.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan obat kumur antibakteri untuk membantu mengurangi bakteri berbahaya di dalam mulut.

Batasi juga konsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula tinggi agar terhindar dari segala kerusakan gigi. Dan terakhir, jangan lupa untuk melakukan pemeriksaan rutin ke dokter gigi spesialis anak.

Gigi dan mulut merupakan bagian penting dari organ tubuh secara keseluruhan. Oleh sebab itu, menjaga kesehatan gigi tak boleh disepelekan, termasuk pada anak dengan sindrom Down yang membutuhkan penanganan khusus. Dengan gigi yang sehat, anak bisa lebih nyaman dalam beraktivitas sehari-hari.

[NP/ RVS]

49 Komentar

  • ahlul28

    Velit repellendus sunt et sapiente voluptatum aut earum. Consequatur assumenda aut aut modi velit illo. Nam qui qui voluptatem magni est deleniti ratione.

  • ahlul28

    Sint esse quo cupiditate. Vel laudantium nulla blanditiis eum. Rerum sunt sed ipsam optio. Et laudantium similique perspiciatis ea. Nam voluptas non nihil aut maiores excepturi.

  • ahlul28

    Quia voluptatum consequatur mollitia voluptas est. Maxime magni eveniet velit voluptatem nulla et. Illo ipsam eum omnis quia eos nihil perferendis. Ab at necessitatibus et velit.