Sukses

3 Jenis Rempah yang Ampuh Meredakan Inflamasi

Mau meredakan inflamasi dengan mudah? Rahasianya adalah dengan mengonsumsi beberapa jenis rempah berikut ini.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika terjadi peradangan atau inflamasi, banyak orang yang langsung memikirkan obat antiinflamasi sebagai solusi untuk mengatasinya. Nyatanya, ada beberapa jenis rempah yang bisa dimanfaatkan untuk meredakan inflamasi atau peradangan.

Dalam beberapa kasus, peradangan biasanya bisa hilang dengan sendirinya. Namun, ada beberapa kasus peradangan yang bisa berbahaya karena bisa menyebabkan kerusakan jaringan. Untuk kondisi ini, sejumlah obat antiinflamasi bisa membantu Anda mengendalikan peradangan dalam tubuh.

Namun, obat-obat tersebut sering memiliki efek samping dan mungkin tidak selalu efektif bagi peradangan yang Anda alami. Oleh sebab itu, konsumsi rempah tertentu juga kerap diandalkan untuk mengatasinya.

Rempah untuk meredakan peradangan

Terkait inflamasi, ada beberapa obat herbal yang bisa mengatasinya. Obat-obatan herbal ini biasanya diambil dari berbagai jenis rempah. Berikut ini adalah di antaranya:

1. Kunyit

Kunyit sering digunakan sebagai pengobatan alami dan biasanya dijual di supermarket dalam bentuk bubuk atau rimpang. Jenis rempah ini mengandung bahan kimia yang disebut kurkumin, yang mungkin memiliki sifat antiinflamasi.

Melansir dari Healthline, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kunyit dapat membantu mengurangi peradangan dan ketidaknyamanan pada penderita artritis, yakni peradangan pada persendian. Cara kerja kunyit adalah dengan membatasi produksi molekul yang disebut sitokin di dalam tubuh karena dapat menyebabkan peradangan.

Kurkumin cukup efektif sebagai antiinflamasi dibandingkan dengan obat herbal lainnya. Di sisi lain, kurkumin memiliki kandungan antioksidan yang kuat.

"Sebagai zat aktif, kurkumin merupakan antioksidan yang kuat, sehingga dapat melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas," ujar dr. Kartika Mayasari kepada KlikDokter.

2. Jahe

Jahe adalah tanaman tropis yang telah lama dipercaya dalam pengobatan tradisional. Memiliki sifat antiinflamasi, banyak kandungan zat di dalam jahe yang dapat membatasi produksi zat pemicu peradangan: sitokin dan enzim siklooksigenase.

Penelitian telah menemukan bahwa sifat antiinflamasi jahe dapat bermanfaat dalam mengobati beberapa kondisi, termasuk radang sendi dan meredakan rasa sakit. Hal ini juga diamini oleh dr. Sara Elise Wijono, MRes dari KlikDokter.

"Jahe memiliki kandungan yang dinamakan gingerol. Bahan ini memiliki sifat antiradang. Itulah sebabnya suplemen jahe banyak disarankan bagi mereka yang memiliki rheumatoid arthritis dan osteoarthritis, yang ditandai dengan peradangan nyeri pada persendian. Selain itu, gingerol yang tinggi antioksidan juga berpotensi melawan sel kanker, terutama pada saluran cerna," ujar dr. Sara.

Meski demikian, manfaat terbesar jahe sebenarnya untuk mengatasi masalah saluran pencernaan dan menghangatkan tubuh. Menurut dr. Sara, jahe dapat mengurangi keluhan akibat produksi gas berlebihan dalam saluran cerna dan sangat baik untuk mengurangi rasa mual.

Perihal khasiat jahe untuk menghangat tubuh, ternyata jenis rempah ini bersifat diaforetik, artinya menghangatkan serta memicu keringat. Oleh karena itu, jahe biasanya cocok dikonsumsi saat musim hujan.

Pengolahan jahe sendiri sangat terkenal dijadikan minuman wedang jahe. Diseduh dengan air hangat, rasanya sangat nikmat dan membuat tubuh hangat seketika.

3. Kayu manis

Kayu manis termasuk dalam salah satu jenis rempah yang efektif meredakan peradangan di tenggorokan. Rempah yang beraroma khas ini mengandung antibakteri yang dapat membunuh bakteri penyebab radang tengorokan.

Selain dicampurkan ke dalam masakan, untuk mengonsumsinya, Anda bisa mencampurkan kayu manis pada segelas susu tawar. Sebelumnya, rebus susu dan tambahkan baking soda serta satu sendok teh madu dan kayu manis. Bila sudah tercampur semua, susu kayu manis bisa segera dinikmati selagi hangat.

Demikianlah beberapa jenis rempah yang bisa Anda manfaatkan untuk meredakan inflamasi atau peradangan di dalam tubuh. Memang hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Tapi, tidak ada salahnya Anda mencobanya sebagai pertolongan pertama di rumah. Namun jika kondisi yang Anda rasakan makin mengganggu, segera periksakan diri ke dokter.

[NP/ RVS]

64 Komentar

  • Chyntia Rahadia

    Ipsam sit eaque ut dolorum. Consequatur explicabo cum suscipit. Et accusamus sed a voluptatem dolor. Distinctio voluptatum aperiam eum facilis non dolorem.

  • Chyntia Rahadia

    Dolores illo et omnis omnis voluptatem et quo expedita. Vitae voluptatem sequi porro animi delectus. Deleniti voluptatibus id quas nobis et corporis quas. Voluptas voluptate sed rerum.

  • Chyntia Rahadia

    Eos dolor ipsum dolores et est accusantium quos. Voluptate saepe omnis voluptatum. Odio et quis et tenetur ipsam ut recusandae ipsum. Voluptatum aliquid voluptas illum voluptatibus.