Sukses

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Vertigo

Keluhan vertigo benar-benar mengganggu aktivitas penderitanya. Adakah makanan tertentu yang harus dihindari para penderita vertigo?

Klikdokter.com, Jakarta Vertigo adalah keluhan pusing berputar yang sering terjadi secara mendadak. Sensasi yang muncul menyebabkan diri atau lingkungan sekitar terasa berputar. Pada vertigo yang cukup berat, seseorang dapat mengalami kehilangan keseimbangan hingga terjatuh. Tentu hal ini sangat berbahaya, khususnya pada penderita yang sudah lanjut usia (lansia).

Untuk itu penting bagi Anda untuk mengenali gejala-gejala vertigo yang biasa terjadi, untuk melakukan pencegahan sejak dini. Selain itu, menghindari beragam jenis makanan yang bisa menyebabkan vertigo juga bisa Anda lakukan.

Apa saja gejala vertigo?

Saat gejala vertigo muncul, penderita biasanya turut mengalami beberapa kondisi berikut:

  • Perasaan tidak stabil dan tidak seimbang
  • Mual dan muntah
  • Pandangan ganda dan bisa juga mengalami pandangan buram
  • Sakit kepala
  • Pendengaran berkurang atau terdengar denging di telinga
  • Sulit berkonsentrasi

Vertigo cenderung ditujukan sebagai istilah untuk suatu gejala, bukan nama dari sebuah penyakit. Sebab, vertigo bisa muncul karena berbagai macam penyakit. Secara umum, ada dua penyebab vertigo, yaitu:

  1. Vertigo akibat masalah sentral (otak dan sumsum tulang belakang), misalnya disebabkan oleh adanya penyakit migrain, tumor otak, stroke, serta cedera leher dan kepala.
  2. Vertigo akibat masalah perifer (sistem saraf di bawah otak dan sumsum tulang belakang), antara lain disebabkan oleh penyakit BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo). Ini merupakan penyebab paling sering vertigo. Contoh lainnya adalah infeksi telinga dalam, radang saraf vestibular, penyakit Meniere, dll.
1 dari 2 halaman

Makanan yang harus dihindari penderita vertigo

Faktanya, tidak semua jenis penyakit penyebab vertigo memiliki kaitan dengan pengaturan makanan. Oleh sebab itu, pembatasan jenis makanan hanya berlaku untuk vertigo akibat penyakit-penyakit tertentu saja. Seperti vertigo akibat penyakit Meniere (gangguan pada telinga bagian dalam) dan vertigo yang berkaitan dengan migrain.

Pada dua kelompok itu, pembatasan jenis makanan tertentu akan memberikan manfaat pencegahan kambuhnya vertigo. Bagi Anda penderita vertigo, berikut adalah jenis-jenis makanan yang sebaiknya dihindari:

  • Makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula terlalu tinggi. Pilihan jenis karbohidrat yang sebaiknya dimakan adalah yang bersifat karbohidrat kompleks, misalnya gandum utuh. Untuk camilan dan minuman, sebaiknya hindari yang mengandung gula sederhana (seperti gula pasir dan sirup fruktosa).
  • Asupan makanan yang banyak mengandung garam. Garam dapat memengaruhi kadar air dalam tubuh serta pengaturannya.
  • Kurangi konsumsi kafein. Kafein merupakan salah satu stimulan yang bisa memicu denging yang lebih besar di telinga. Selain itu, karena kafein memiliki sifat diuretik, tubuh bisa kehilangan banyak cairan lewat urine.
  • Batasi konsumsi alkohol karena dapat memengaruhi komposisi cairan di telinga dalam.
  • Bagi penderita vertigo yang berasosiasi dengan migrain, hindari berbagai makanan yang dapat memicunya. Umumnya, setiap orang memiliki kecenderungan pencetus makanan yang berbeda. Namun secara umum, beberapa makanan yang sebaiknya dihindari adalah anggur merah, hati ayam, daging asap, yoghurt, buah sitrus, keju, susu, dan kacang.
  • Terakhir, hindarilah rokok. Sebab, nikotin dapat mempersempit pembuluh darah. angguan vestibular – organ di telinga dalam, bertugas untuk keseimbangan – bisa  mencetuskan gejala vertigo berat ketika mengalami penyempitan pembuluh darah akibat rokok.

Perlu diketahui bahwa setiap penderita vertigo memiliki pantangan makanan tertentu yang berbeda-beda. Untuk itu, konsultasikanlah hal tersebut terlebih dahulu kepada dokter yang merawat Anda. Selain itu, cara sederhana yang bisa Anda lakukan dengan segera adalah selalu cukupi kebutuhan cairan Anda setiap hari, untuk menghindari pemicu pusing hingga vertigo.

[HNS/ RVS]

1 Komentar