Sukses

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Vertigo

Keluhan vertigo bisa benar-benar mengganggu aktivitas penderitanya. Adakah makanan tertentu yang harus dihindari mereka yang memiliki vertigo?

Vertigo adalah keluhan pusing berputar yang sering terjadi secara mendadak. Sensasi yang muncul menyebabkan diri Anda atau lingkungan sekitar terasa berputar.

Jika vertigo tergolong berat, hal ini bisa saja membuat penderitanya kehilangan keseimbangan hingga terjatuh. Tentu ini sangat berbahaya, khususnya pada orang lanjut usia. 

Untuk menghindari kambuhnya vertigo, Anda dianjurkan untuk menghindari beberapa makanan tertentu. 

Memang tidak semua jenis penyebab vertigo terkait dengan makanan. Pembatasan jenis makanan berlaku untuk kasus tertentu saja. Misalnya, vertigo akibat penyakit Meniere (gangguan pada telinga bagian dalam) dan vertigo terkait migrain.

Pada dua kelompok tersebut, membatasi atau menghindari makanan tertentu akan memberikan manfaat dalam mencegah kambuhnya penyakit. Berikut adalah beberapa makanan penyebab vertigo yang perlu Anda ketahui:

1 dari 8 halaman

1. Makanan dan Minuman Tinggi Gula

Pilihan jenis karbohidrat yang sebaiknya dikonsumsi adalah yang bersifat karbohidrat kompleks. Misalnya gandum utuh, nasi merah, dan brokoli.

Sebaiknya hindari yang mengandung gula sederhana dan terlalu manis. Contohnya roti, permen, dan sirup fruktosa.

2 dari 8 halaman

2. Makanan Tinggi Garam

Makanan tinggi garam bisa menjadi penyebab vertigo Anda kambuh. Contohnya pizza, sandwich, puding instan, keju cottage, dan salad dressing. 

Pasalnya, garam dapat memengaruhi kadar air dalam tubuh serta pengaturannya. Karena itu, mengurangi asupan garam penting untuk mengurangi frekuensi serangan vertigo Anda.  

Artikel lainnya: Vertigo Bisa Disebabkan oleh Gangguan Lambung?

3 dari 8 halaman

3. Kafein

Kurangilah konsumsi kafein, seperti kopi dan teh. Kafein merupakan salah satu stimulan yang bisa memicu dengung yang lebih besar di telinga.

Selain itu, karena kafein memiliki sifat diuretik, tubuh dapat kehilangan banyak cairan melalui urine.

4 dari 8 halaman

4. Alkohol

Jika Anda memiliki vertigo, sebaiknya Anda tidak minum minuman beralkohol. Itu karena konsumsi alkohol, apalagi berlebihan, dapat memengaruhi komposisi cairan di telinga dalam. 

Pada akhirnya, hal tersebut dapat menyebabkan telinga mengirimkan sinyal yang bertentangan ke otak. Alhasil, vertigo Anda bisa mengalami kekambuhan.

5 dari 8 halaman

5. Makanan yang Mengandung Tiramin

Salah satu makanan pantangan bagi penderita vertigo adalah yang mengandung tiramin.

Tiramin adalah asam amino yang diketahui dapat memicu migrain, serta kondisi lain yang dapat menyebabkan pusing dan vertigo.

Contoh makanan yang mengandung tiramin, yaitu anggur merah, hati ayam, serta daging asap.

Artikel lainnya: Waspadai Bahaya Vertigo pada Ibu Hamil!

6 dari 8 halaman

6. Gorengan

Gorengan memang enak, tetapi ini makanan yang juga harus dihindari penderita vertigo. 

Beberapa makanan yang digoreng dapat menyebabkan reaksi peradangan, sehingga turut mengganggu telinga dalam dan mencetuskan vertigo. Contohnya kentang goreng, tahu goreng, dan lain-lain.

7 dari 8 halaman

7. Makanan Olahan

Makanan olahan dapat menyebabkan reaksi peradangan, sehingga termasuk makanan penyebab vertigo. 

Alih-alih mengonsumsi makanan di atas, ada beberapa makanan yang sudah terbukti aman dan bisa menurunkan risiko kekambuhan. Di antaranya: 

  • Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba adalah jenis herbal asal Tiongkok yang telah terbukti dapat membantu mengurangi gejala vertigo.

Tumbuhan ini disebut bisa melancarkan sirkulasi darah ke otak, sehingga membantu mengurangi keluhan pusing dan gangguan keseimbangan.

  • Jahe

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science mengungkapkan, jahe dapat mengurangi keluhan yang timbul akibat vertigo. 

  • Kacang Almond

Meski mekanismenya masih belum jelas, penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi kacang almond dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu mengatasi gejala vertigo.

Manfaat tersebut diduga berasal dari kandungan vitamin A, B, dan E yang tinggi pada kacang almond.

Umumnya, setiap orang memiliki kecenderungan pencetus makanan yang berbeda. Oleh karena itu, ada baiknya Anda membuat sebuah catatan tentang makanan yang dapat menyebabkan kekambuhan vertigo.

Beberapa makanan penyebab vertigo yang harus dihindari meliputi makanan tinggi gula hingga kafein. 

Yang perlu diingat, menghindari makanan pencetus hanyalah salah satu cara yang dapat Anda tempuh. Anda tetap harus memeriksakan diri ke dokter untuk mengevaluasi penyebab vertigo Anda.

Konsultasikan kepada dokter melalui fitur Live Chat di aplikasi KlikDokter bila ingin tahu lebih lanjut seputar makanan pantangan vertigo. 

[RS]

5 Komentar

  • ANE******ANA

    saya mau nnya dok kpa sya skit,trus pundak skitpandangan buram, mual" kta bidan vertigo,sudah dkasih obat nmun msih ttp aj skit dok.trus apalagi solusinya dok terimakasih

  • Bor******a

    Sya mau nanya ,1kingu ini saya trus pusing ,telinga sebelah kanan berdenging.trus sya berobat ke klinik.sya ceritakan ke bidan nya yg saya rasakn.obt dikasih saya merasa setelah minum obat itu udah sembuh pusing nya dan telinga saya yg berdenging td jg udah sembuh .tp mulai td mlm pusing nya kambuh lg.itu penyebab nya apa ya??mohon bantu jwab ya

  • Asr******andari

    apakah bekerja di depan komputer dalam jangka lama dpt memicu vertigo?