Sukses

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Vertigo

Keluhan vertigo benar-benar mengganggu aktivitas penderitanya. Adakah makanan tertentu yang harus dihindari para penderita vertigo?

Vertigo adalah keluhan pusing berputar yang sering terjadi secara mendadak. Sensasi yang muncul menyebabkan diri atau lingkungan sekitar terasa berputar. Pada vertigo yang cukup berat, seseorang dapat mengalami kehilangan keseimbangan hingga terjatuh. Tentu hal ini sangat berbahaya, khususnya pada penderita yang sudah lanjut usia (lansia).

Untuk itu penting bagi Anda untuk mengenali gejala-gejala vertigo yang biasa terjadi, guna melakukan pencegahan sejak dini. Selain itu, menghindari beragam makanan untuk penderita vertigo juga mesti dilakukan agar keluhan tidak mudah kambuh.

1 dari 5 halaman

Apa Saja Gejala Vertigo?

Berikut ciri-ciri vertigo muncul ketika kambuh, penderita biasanya turut mengalami beberapa kondisi berikut:

  • Perasaan tidak stabil dan tidak seimbang
  • Mual dan muntah
  • Pandangan ganda dan bisa juga mengalami pandangan buram
  • Sakit kepala
  • Pendengaran berkurang atau terdengar denging di telinga
  • Sulit berkonsentrasi

Artikel lainnya: Jangan Lakukan 4 Hal Ini Saat Vertigo Menyerang

2 dari 5 halaman

Penyebab Vertigo

Vertigo cenderung ditujukan sebagai istilah untuk suatu gejala, bukan nama dari sebuah penyakit. Sebab, vertigo bisa muncul karena berbagai macam penyakit.

Secara umum, ada dua penyebab vertigo, yaitu:

  1. Vertigo akibat masalah sentral (otak dan sumsum tulang belakang), misalnya disebabkan oleh adanya penyakit migrain, tumor otak, stroke, serta cedera leher dan kepala.
  2. Vertigo akibat masalah perifer (sistem saraf di bawah otak dan sumsum tulang belakang), antara lain disebabkan oleh penyakit BPPV (Benign Paroxysmal Positional Vertigo). Ini merupakan penyebab paling sering vertigo. Contoh lainnya adalah infeksi telinga dalam, radang saraf vestibular, penyakit Meniere, dll.

Artikel lainnya: Penyebab Vertigo dan Cara Mengatasinya

3 dari 5 halaman

Makanan yang Harus Dihindari Penderita Vertigo

Faktanya, tidak semua jenis penyakit penyebab vertigo memiliki kaitan dengan makanan. Oleh sebab itu, pembatasan jenis makanan sebagai pantangan vertigo hanya berlaku untuk kasus-kasus tertentu saja.

Misalnya, vertigo akibat penyakit Meniere (gangguan pada telinga bagian dalam) dan vertigo yang berkaitan dengan migrain. Pada dua kelompok tersebut, menjadikan makanan tertentu sebagai pantangan vertigo akan memberikan manfaat mencegah kambuhnya penyakit.

Bagi Anda penderita vertigo, berikut adalah jenis-jenis makanan yang sebaiknya dihindari:

  • Makanan dan minuman yang memiliki kandungan gula terlalu tinggi. Pilihan jenis karbohidrat yang sebaiknya dimakan adalah yang bersifat karbohidrat kompleks, misalnya gandum utuh. Untuk camilan dan minuman, sebaiknya hindari yang mengandung gula sederhana (seperti gula pasir dan sirup fruktosa).
  • Asupan makanan yang banyak mengandung garam. Garam dapat memengaruhi kadar air dalam tubuh serta pengaturannya.
  • Kurangi konsumsi kafein. Kafein merupakan salah satu stimulan yang bisa memicu denging yang lebih besar di telinga. Selain itu, karena kafein memiliki sifat diuretik, tubuh bisa kehilangan banyak cairan lewat urine.
  • Batasi konsumsi alkohol karena dapat memengaruhi komposisi cairan di telinga dalam.
  • Bagi penderita vertigo yang berasosiasi dengan migrain, hindari berbagai makanan yang dapat memicunya. Umumnya, setiap orang memiliki kecenderungan pencetus makanan yang berbeda. Namun secara umum, beberapa makanan yang sebaiknya dihindari adalah anggur merah, hati ayam, daging asap, yoghurt, buah sitrus, keju, dan susu.
  • Terakhir, hindarilah rokok. Sebab, nikotin dapat mempersempit pembuluh darah. angguan vestibular – organ di telinga dalam, bertugas untuk keseimbangan – bisa  mencetuskan gejala vertigo berat ketika mengalami penyempitan pembuluh darah akibat rokok.

Artikel lainnya: Gejala Vertigo Bisa Diatasi dengan Meditasi?

4 dari 5 halaman

Makanan yang Baik untuk Penderita Vertigo

Berikut ini adalah beberapa makanan untuk penderita vertigo, yang terbukti aman dan bisa menurunkan risiko kekambuhan.

  • Ginkgo Biloba

Ginkgo biloba adalah jenis herbal asal Cina yang telah terbukti dapat membantu mengurangi gejala vertigo. Tumbuhan ini disebut bisa melancarkan sirkulasi darah ke otak, sehingga membantu mengurangi keluhan pusing dan gangguan keseimbangan.

  • Jahe

Penelitian yang dimuat dalam Journal of Acupuncture and Tuina Science mengungkapkan bahwa jahe dapat mengurangi keluhan yang timbul akibat vertigo. 

Untuk mendapatkan manfaat ini, rendam akar jahe dalam air mendidih selama 5 menit. Tuang ke gelas dan campurkan madu secukupnya. Minum dua kali sehari untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

  • Kacang Almond

Meski mekanismenya masih belum jelas, penelitian mengatakan bahwa mengonsumsi kacang almond dalam jumlah cukup setiap hari dapat membantu mengatasi gejala vertigo.

Manfaat tersebut diduga berasal dari kandungan vitamin A, B, dan E yang tinggi pada kacang almond.

 

Makanan-makanan tersebut mungkin tidak efektif untuk setiap penderita vertigo. Karena pada dasarnya, setiap penderita memiliki jenis vertigo yang berbeda-beda. Karena itu, makanan penyebab vertigo atau makanan yang bisa mengurangi keluhan bagi orang-orang tersebut tidak bisa disamaratakan.

Jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter mengenai makanan penyebab vertigo. Dengan ini, Anda juga mungkin akan mendapat saran mengenai obat, menu makan sehari-hari, atau gaya hidup yang mesti diterapkan supaya keluhan vertigo tidak melulu kambuh.

[HNS/ RVS]

3 Komentar