HomeGaya hidupDiet dan NutrisiManfaat Konsumsi Ubur-ubur untuk Kesehatan
Diet dan Nutrisi

Manfaat Konsumsi Ubur-ubur untuk Kesehatan

dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons, 14 Mar 2019

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Meski belum jadi makanan laut favorit sebagian masyarakat Indonesia, konsumsi ubur-ubur punya banyak manfaat pada kesehatan.

Manfaat Konsumsi Ubur-ubur untuk Kesehatan

Ubur-ubur adalah salah satu hewan laut atau air yang sangat sederhana. Mereka tidak memiliki otak, tulang, paru-paru, atau usus. Akan tetapi, meski bersifat sederhana, ternyata Anda bisa mendapat banyak manfaat dengan mengonsumsi makanan laut ini. Mengapa demikian?

Sebagian besar tubuh ubur-ubur terdiri dari air dan protein, serta tidak memiliki kolesterol atau lemak. Hewan berwarna bening transparan ini juga hanya mengandung  sejumlah kecil gula. Atas alasan itulah, ubur-ubur dianggap sebagai makanan bergizi.

Berikut beberapa manfaat mengonsumsi ubur-ubur bagi kesehatan.

  1. Mencegah asma

Penyakit asma cukup banyak terjadi pada anak-anak, bahkan bayi. Konsumsi ubur-ubur sebagai obat tradisional dapat menurunkan risiko perkembangan penyakit asma. Ubur-ubur mengandung senyawa khusus yang bisa menurunkan risiko asma dan bisa dikonsumsi sejak bayi masih dalam kandungan.

  1. Baik untuk ibu hamil

Studi menunjukkan, ubur-ubur memiliki agen pelindung yang memberikan manfaat sehat bagi ibu hamil. Ubur-ubur yang kaya akan protein akan bermanfaat bagi pertumbuhan bayi yang dikandung.

Ibu hamil yang mengonsumsi ubur-ubur dapat mengurangi kemungkinan terjadinya kelahiran prematur, dan dapat membantu meningkatkan kesehatan anak secara keseluruhan.

  1. Untuk diet

Ubur-ubur ternyata banyak mengandung berbagai sumber nutrisi yang bisa membuat tubuh lebih sehat dan bertenaga. Konsumsi ubur-ubur juga sangat disarankan untuk orang yang sedang melakukan program diet.

  1. Kesehatan mata dan otak

Tubuh tidak memiliki mekanisme yang diperlukan untuk pemulihan sel-sel pada mata dan otak. Salah satu cara memperolehnya adalah melalui makanan. Nah, ubur-ubur mengandung senyawa penting untuk mata dan otak, yaitu asam lemak Omega-3.

  1. Mencegah penyakit kardiovaskular

Studi terbaru menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ubur-ubur setidaknya dua kali seminggu tidak memiliki masalah dengan pembekuan darah. Ubur-ubur juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi karena mengandung zat asetikolin.

Zat ini bisa bekerja untuk membantu mencegah penyempitan pembuluh darah. Mengonsumsi ubur-ubur juga mengurangi kadar kolesterol tinggi pada pasien dengan masalah jantung.

  1. Mengatasi batuk berdahak

Konsumsi ubur-ubur yang sudah dimasak dengan cuka bisa membantu mengatasi penyakit batuk berdahak. Ubur-ubur mengandung senyawa aktif yang bisa memerangi semua bakteri dan bersifat membersihkan paru-paru.

Namun, sebaiknya hindari konsumsi ubur-ubur mentah karena mungkin saja masih mengandung bakteri yang bisa menyebabkan penyakit tertentu.

  1. Mengurangi risiko demensia

Ubur-ubur mengandung protein pengikat kalsium protein genetik alami yang bermanfaat untuk peningkatan memori. Protein ini penting seiring bertambahnya usia.

Lansia yang makan ubur-ubur dua kali seminggu tidak mudah terkena demensia dan penyakit lainnya yang umum menyerang lansia. Itu karena ubur-ubur mengandung zat yang dapat melindungi sel-sel otak.

  1. Peradangan dan mencegah keriput

Ubur-ubur biasanya digunakan untuk mengurangi peradangan pada pasien dengan psoriasis atau penyakit peradangan lainnya. Ubur-ubur mengandung kolagen yang bermanfaat dalam pengobatan radang sendi dan membantu mencegah keriput pada kulit.

  1. Diabetes

Mengonsumsi ubur-ubur juga membantu mengatur kadar gula pada pasien penderita diabetes. Selain itu, penelitian terbaru menunjukkan bahwa mengonsumsi ubur-ubur dapat meningkatkan mood.

Kini ubur-ubur dapat masuk dalam salah satu menu makanan Anda. Akan tetapi, ingat, konsumsilah ubur-ubur dalam takaran yang cukup, diproses secara higienis, dan dimasak secara matang. Hal ini untuk mencegah kemungkinan Anda terkena masalah kesehatan di kemudian hari.

[HNS/ RVS]

proteinUbur-uburmakanan lautAsmaManfaat Ubur-uburDemensiaIbu Hamil

Konsultasi Dokter Terkait