Sukses

Efek Makan Emping Melinjo, Dapat Menyebabkan Asam Urat?

Terdapat tudingan yang menyebut, salah satu efek makan emping melinjo adalah menyebabkan penyakit asam urat. Apakah medis sependapat?

Asam urat dapat dianggap sebagai penyakit sejuta umat. Salah satu hal yang dapat meningkatkan risiko penyakit tersebut adalah mengonsumsi makanan tinggi purin. 

Apakah Anda tahu contoh makanan yang mengandung tinggi purin? Benar, jeroan. Jenis makanan ini terbukti mengandung kadar purin tinggi sehingga jika dikonsumsi —apalagi dalam jumlah berlebihan— dapat meningkatkan risiko asam urat.

Selain jeroan, ada lagi satu makanan yang sering dihubungkan dengan risiko penyakit asam urat, yaitu emping melinjo. Apakah medis setuju mengenai efek makan emping melinjo dalam meningkatkan risiko penyakit tersebut?

Artikel Lainnya: 6 Penyebab Asam Urat Selain Jeroan, Apa Saja Penyebabnya?

1 dari 4 halaman

Emping dan Risiko Asam Urat

Anda mungkin sudah tidak asing dengan larangan makan emping bagi penderita asam urat. Anggapan ini pun sudah turun-temurun dipercaya kebenarannya, termasuk oleh pihak medis.

Faktanya, emping merupakan sejenis kerupuk yang berbahan dasar melinjo. Buah yang punya nama latin Gnetum gnemon L ini mengandung purin yang relatif tinggi, yaitu berkisar 50 hingga 150 miligram per 100 gram sajian. 

Dengan demikian, efek makan emping melinjo —apalagi dalam porsi berlebih— terbukti dapat meningkatkan kandungan asam urat dalam darah.

Artikel Lainnya: 4 Suplemen Ini yang Dapat Memicu Asam Urat, Apa Saja?

2 dari 4 halaman

Batas Aman Konsumsi Emping Melinjo

Meski emping penyebab asam urat, bukan berarti Anda harus menghindarinya sama sekali. Anda tetap boleh mengonsumsinya asalkan porsinya dibatasi. 

Para ahli kesehatan mengatakan, Anda sebaiknya tidak mengonsumsi emping melinjo lebih dari 100 gram (10 keping ukuran kecil) dalam sehari. 

Selain karena emping penyebab asam urat, makanan berbentuk kerupuk ini juga mengandung kalori yang tinggi. Sekitar 100 gram emping melinjo mengandung sedikitnya 350 kalori.

Jadi, dapat Anda dapat bayangkan sendiri jika emping dikonsumsi dalam jumlah berlebihan. Anda bukan hanya berisiko mengalami penyakit asam urat (gout), tapi juga obesitas alias berat badan di atas normal.

Artikel Lainnya: Efek Samping Pete, dari Asam Urat hingga Bau Mulut

3 dari 4 halaman

Adakah Penawar Asam Urat setelah Makan Emping?

Selain mekanisme normal tubuh yang berusaha menyeimbangkan segala sesuatunya, ada salah satu hal yang dapat membantu menjadi penawar emping melinjo, yaitu konsumsi vitamin C.

Dalam sebuah penelitian, suplemen vitamin C terbukti dapat mengurangi kadar asam urat dalam darah. 

Maka dari itu, bagi Anda yang mengalami atau berisiko mengalami penyakit asam urat (gout), cobalah untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung vitamin C. Anda bisa mendapatkan vitamin tersebut dari jus jeruk, stroberi, jambu, dan tomat.

Selain itu, jangan lupa untuk memperbanyak konsumsi air putih dan rutin bergerak. Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan kadar asam urat dalam darah, sehingga tidak berubah menjadi kristal-kristal di sendi yang dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Kabar mengenai emping melinjo menyebabkan asam urat bukanlah isapan jempol belaka. Atas dasar itu, bagi Anda yang gemar mengonsumsinya, mulailah untuk membatasi porsi agar tidak berlebihan. 

Punya pertanyaan tentang efek makan emping melinjo bagi kesehatan? Tak perlu sungkan untuk mengajukan pertanyaan kepada dokter melalui LiveChat 24 jam atau di aplikasi KlikDokter.

(NB/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar