Sukses

5 Cara Mudah Jaga Kesehatan Ginjal

Ketahuilah 5 perubahan gaya hidup yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal Anda.

Klikdokter.com, Jakarta Ginjal merupakan salah satu orang terpenting dari tubuh manusia. Selain membersihkan darah Anda, ginjal juga membantu mengatur tekanan darah, menyeimbangkan jumlah air dalam tubuh, dan mengelola produksi vitamin D. Jika tidak dijaga kesehatannya, Anda bisa rentan terkena berbagai penyakit terkait ginjal, seperti penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal.

Sebelum terlambat, lakukanlah perubahan gaya hidup berikut agar ginjal Anda selalu sehat:

1. Aktif berolahraga

Tak hanya menjaga berat badan di rentang ideal, berolahraga secara rutin juga dapat membantu menurunkan risiko Anda terkena penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal. Selain itu, berolahraga secara teratur juga dapat menurunkan tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung yang penting untuk mencegah kerusakan ginjal.

Olahraga jenis apa pun bisa Anda lakukan, mulai dari jalan kaki, joging, bersepeda, berenang, dan sebagainya, Yang penting, usahakan untuk melakukannya rutin minimal 30 menit setiap harinya.

2. Kontrol gula darah

Salah satu komplikasi dari diabetes adalah kerusakan pada ginjal. Ketika sel-sel tubuh tidak dapat menggunakan glukosa di dalam darah, maka ginjal akan berusaha keras untuk menyaring darah Anda. Kerja ginjal yang terlalu "berat" tersebut akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Jadi, mengontrol kadar gula darah tetap stabil dapat menurunkan risiko kerusakan pada ginjal Anda.

3. Jaga pola makan

Berat badan yang berlebih atau obesitas dapat membuat seseorang berisiko mengalami berbagai penyakit, mulai dari diabetes, penyakit jantung, hingga penyakit pada ginjal. Menjaga pola makan sehat dengan mengonsumsi makanan yang rendah garam serta mengurangi daging olahan, makanan instan, dan makanan kaleng dapat menurunkan risiko kerusakan ginjal.

Perbanyak juga konsumsi buah dan sayur untuk kesehatan ginjal Anda. Selain itu, hindari kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol.

4. Minum air putih yang cukup

Anda mungkin sudah bosan mendengar nasihat untuk minum air putih yang cukup 8 gelas setiap harinya. Faktanya, minum air putih yang cukup setiap harinya memang bermanfaat untuk menjaga kesehatan, termasuk kesehatan ginjal. Usahakan untuk minum air putih 1,5-2 liter setiap harinya.

Jumlah air yang Anda konsumsi bergantung dari kondisi kesehatan dan pola hidup Anda. Beberapa faktor seperti cuaca, intensitas olahraga, jenis kelamin, kondisi kesehatan keseluruhan, hamil atau tidak, menyusui atau tidak, akan menentukan jumlah air putih yang sebaiknya Anda konsumsi. Selain itu, bagi Anda yang pernah memiliki riwayat batu ginjal, minum air putih yang cukup juga sangat dianjurkan.

5. Hindari sembarangan mengonsumsi obat

Penggunaan obat tertentu, terutama obat analgetik yang tidak tepat (tidak sesuai indikasi dan dosis), dapat berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal. Rutin mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid seperti ibuprofen dan naproxen, misalnya untuk nyeri kepala atau nyeri sendi, juga bisa berisiko untuk kesehatan ginjal Anda.

Namun, bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi obat antinyeri sama sekali. Anda boleh menggunakan obat antinyeri asalkan sesuai dengan dosis yang dianjurkan oleh dokter.

Tak lupa, lakukan skrining ginjal secara rutin untuk mengetahui tingkat kesehatan ginjal Anda. Bagi mereka yang berusia 60 tahun ke atas, memiliki penyakit kardiovaskular, dan obesitas, penting juga untuk melakukan pemeriksaan ginjal secara berkala ke dokter.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar