Sukses

Bolehkah Mencium Bayi yang Baru Lahir? Apa Dampaknya?

Mencium bayi baru lahir dengan sembarangan bisa berisiko bagi sistem imun mereka.

Klikdokter.com, Jakarta Ketika melihat bayi baru lahir, wajar saja jika Anda langsung ingin mencium dan mencubitnya karena gemas. Tapi sebaiknya Anda tidak sembarangan mencium mereka, apalagi jika Anda sedang sakit. Pasalnya, bayi baru lahir lebih mudah untuk terkena infeksi. Dan untuk para orang tua, penting untuk tidak membiarkan siapa pun mencium bayi di atau dekat mulut, khususnya selama 3 bulan pertama kelahiran.

Berikut adalah dampak yang bisa terjadi jika Anda atau para tamu sembarangan mencium bayi baru lahir:

  1. Sariawan karena virus

Dalam sebuah postingan baru-baru ini di Facebook, seorang ibu menceritakan bagaimana anaknya terinfeksi HSV-1 (virus herpes) saat dicium oleh orang dewasa yang menderita sariawan. Anak tersebut dirawat di rumah sakit karena virus yang menyebar di seluruh tubuhnya. Oleh karena itu, sangat disarankan bagi orang dewasa atau anak yang menderita sariawan untuk tidak mencium bayi yang baru lahir.

  1. Penyakit tangan, kaki, dan mulut (Hand, foot, and mouth disease)

Penyakit tangan, kaki dan mulut biasanya menyerang bayi dan anak-anak di bawah 5 tahun. Virus penyebab penyakit ini dapat mengakibatkan munculnya luka di seluruh tubuh dan mulut anak. Anak akan merasa letih, sakit tenggorokan, demam, dan sangat tidak nyaman. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa orang dewasa atau anak yang terinfeksi, tidak bersentuhan dengan bayi Anda atau menciumnya.

  1. Alergi makanan

Banyak bayi terkena alergi dari makanan tertentu. Tak hanya makanan, tapi juga dari debu bahkan lipstik. Ya, banyak orang tidak menyadari bahwa gluten juga bisa ada di lipstik. Gluten dapat menyebabkan respons autoimun dalam tubuh, sehingga anak berisiko terkena kanker dan gangguan autoimun lainnya.

Cara terbaik untuk mencegah alergi pada bayi adalah dengan memberitahu orang-orang untuk tidak menciumnya di atau dekat bibir. Anda tidak pernah bisa memastikan makanan apa yang mungkin dikonsumsi orang tersebut, dan bekas makanan yang masih melekat di mulut mereka bisa saja membahayakan bayi Anda.

  1. Sakit perut, muntah, dan diare

Satu ciuman orang dewasa yang terinfeksi virus dapat menyebabkan bayi sakit perut, muntah, bahkan diare. Muntah atau diare sangatlah berbahaya bagi bayi karena mereka akan mengalami dehidrasi. Ini karena bayi cenderung memuntahkan apa pun yang mereka konsumsi. OIeh karena itu, disarankan untuk tidak mencium wajah bayi, terutama jika Anda sedang sakit.

  1. Sistem kekebalan tubuh yang lemah

Sistem kekebalan tubuh bayi baru lahir belum berkembang dengan baik dibandingkan dengan orang dewasa. Masa paling rentan adalah beberapa bulan setelah lahir, ketika bakteri di dalam usus mereka masih dalam tahap perkembangan. Untuk alasan ini, setiap anak atau orang dewasa yang ingin melakukan kontak dengan bayi harus memastikan bahwa mereka telah mencuci tangan dengan baik dan tidak memiliki tanda-tanda penyakit.

Demikian beberapa dampak negatif jika orang-orang sembarangan mencium bayi yang baru lahir. Anda dapat mencegah penularan virus atau penyakit lain bagi bayi dengan menjaga kebersihan diri, serta menginformasikan para kerabat untuk tidak memegang atau mencium bayi Anda apabila sedang sakit.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar