Sukses

9 Hal yang Harus Anda Tahu tentang Kesehatan Telinga

Terdapat berbagai macam fakta menarik mengenai kesehatan telinga yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Ini selengkapnya.

Klikdokter.com, Jakarta Telinga merupakan salah satu pancaindra yang benar-benar menunjang fungsi tubuh manusia. Tanpanya, seseorang tidak akan mampu menikmati indahnya melodi dunia. Kendati demikian, tak sedikit pula orang yang mengabaikan kesehatan telinga. Orang-orang tersebut umumnya baru akan menyadari teNtang pentingnya telinga saat organ tersebut terkena masalah.

Berbicara tentang kesehatan telinga, sejauh mana pengetahuan Anda tentang hal ini? Nah, untuk menambah pengetahuan tersebut, berikut adalah fakta menarik tentang kesehatan telinga yang wajib Anda ketahui:

  1. Tidak semua infeksi telinga membutuhkan antibiotik

Sebagian besar infeksi telinga tengah disebabkan oleh virus. Karenanya, Anda tidak butuh antibiotik untuk mengatasi keluhan tersebut. Pasalnya, antibiotik hanya berguna untuk penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Jadi, jika infeksi telinga yang Anda alami disebabkan oleh infeksi virus atau jamur, penggunaan antibiotik adalah hal yang sia-sia.

Hal lain yang juga wajib diketahui adalah, infeksi telinga bagian luar tidak melulu butuh antibiotik yang diminum. Namun, sebagian besar kasus membutuhkan tetes telinga antibiotik sehingga pemakaiannya terbatas di lokasi itu saja.

  1. Infeksi telinga sering ditemukan pada anak

Infeksi telinga tengah lebih sering ditemukan pada anak usia 6 bulan hingga 3 tahun. Ini karena saluran yang menghubungkan telinga dan tenggorokan masih pendek dan posisinya masih lebih sejajar. Karenanya, jika tenggorokan terkena infeksi, keluhan bisa menjalar hingga ke telinga.

  1. Sebagian besar infeksi telinga memiliki gejala nyeri

Telinga Anda sering nyeri? Mungkin bagian tubuh tersebut sedang mengalami infeksi. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan obat antinyeri yang diresepkan oleh dokter.

  1. Swimmer’s ear tidak selalu diakibatkan oleh berenang

Kondisi infeksi telinga luar sering disebut “swimmer’s ear”, yang kerap terjadi setelah berenang. Namun demikian, swimmer’s ear ternyata juga bisa disebabkan oleh hal lain seperti masuknya pasir atau cairan ke dalam telinga, juga penggunaan hairspray.

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Jangan masukkan benda apapun ke dalam telinga

Penggunaan cotton bud atau korek telinga tidak dianjurkan dari segi medis. Hal ini karena telinga memiliki kemampuan untuk membersihkan dan mengeluarkan kotoran dengan sendirinya. Anda hanya perlu melakukan gerakan buka dan tutup mulut seperti saat berbicara atau mengunyah untuk mengaktikan kemampuan tersebut.

  1. Telinga sangat sensitif

Sebagian besar orang senang mendengarkan musik dengan frekuensi dan intensitas di luar batas. Hal ini sangat berpotensi merusak pendengaran, apalagi bila menggunakan volume maksimal.

Jika ingin aman, dengarkan musim pada volume di bawah 60%. Jangan dengarkan musik lebih dari 30 menit, agar kesehatan telinga selalu terjaga.

  1. Fungsi telinga menurun seiring usia

Sel rambut yang terletak di telinga bagian dalam berperan penting dalam proses pendengaran. Seiring bertambah usia manusia, fungsi tersebut akan mengalami penurunan.

Penurunan fungsi pendengaran akibat usia disebut presbiakusis. Faktor genetik berperan penting dalam seberapa cepat fungsi pendengaran mengalami penurunan.

  1. Tuli adalah masalah telinga yang sering ditemukan

Tak hanya pada lansia, penurunan fungsi pendengaran hingga akhirnya tidak bisa mendengar sama sekali (tuli) dapat dialami oleh siapa saja. Pasalnya, hal tersebut tak hanya dipengaruhi oleh usia, melainkan adanya infeksi, gangguan struktur telinga, trauma, dan tumor.

  1. Penurunan fungsi pendengaran dapat terjadi tanpa disadari

Teman dan keluarga terdekat sangat mungkin untuk menjadi orang pertama yang menyadari bahwa Anda mengalami penurunan fungsi pendengaran. Tak perlu dengki. Lebih baik bila Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT.

Setelah mengetahui fakta tentang kesehatan telinga, diharapkan Anda dapat lebih menyayangi dan menjaga kesehatan organ penting tersebut. Jangan sungkan untuk berkonsultasi lebih lanjut pada dokter jika merasa bahwa telinga Anda sedang mengalami gangguan.

(NB/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar