Sukses

Yang Perlu Anda Ketahui Seputar Kelainan Jantung Bawaan

Penyakit kelainan jantung bawaan biasanya dimiliki seseorang sejak dilahirkan. Ketahui berbagai gejala dan penyebabnya di bawah ini.

Klikdokter.com, Jakarta Penyakit jantung kongenital, atau kelainan jantung bawaan adalah masalah pada jantung yang biasanya muncul saat lahir. Kelainan ini dapat menyebabkan berbagai gejala. Agar Anda dapat berjaga-jaga, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda ketahui seputar penyakit ini. Dengan demikian, upaya pencegahan maupun pengobatan dapat dilakukan sejak dini.

Mengenal penyakit jantung bawaan

Sesuai dengan namanya, kelainan jantung bawaan sudah ada sejak bayi lahir. Kondisi ini dapat memengaruhi berbagai bagian dari jantung bayi, mulai dari dinding jantung, katup jantung dan struktur pembuluh darah.

Derajat keparahan dari kelainan jantung bawaan ini juga bervariasi, mulai dari keadaan yang sederhana, sampai kondisiyang cukup rumit hingga menyebabkan gejala yang mengancam nyawa.

Jenis kelainan jantung bawaan

Terdapat beberapa jenis kelainan jantung bawaan. Secara umum, gangguan jantung ini dapat dibagi menjadi tiga kategori utama, yaitu:

  • Kelainan katup jantung

Dalam keadaan normal, katup jantung ini harus menutup dan membuka dalam irama yang tepat untuk memastikan adanya aliran darah yang baik. Jika katup tidak menutup sempurna, maka aliran darah tidak dapat berjalan dengan baik.

Akibatnya,dapat muncul berbagai keluhan seperti cepat lelah, bibir kebiruan atau sesak napas.

  • Kecacatan pada dinding jantung

Dalam keadaan normal, dinding jantung membatasi ruang jantung menjadi empat ruang yang berbeda. Jika terdapat kelainan pada dinding ruang jantung ini, maka darah dapat menumpuk di tempat-tempat yang tidak seharusnya.

Darah yang kaya oksigen dapat bercampur dengan darah yang kandungan oksigennya sedikit. Hal ini dapat menyebabkan pasokan oksigen ke berbagai organ tubuh menjadi tidak optimal.

  • Kecacatan pembuluh darah yang berhubungan dengan jantung

Terdapat dua jenis pembuluh darah yang berhubungan dengan jantung, yaitu pembuluh darah arteri yang membawa darah keluar dari jantung dan pembuluh darah vena yang membawa darah masuk ke dalam jantung.

Jika terdapat gangguan pada struktur pembuluh darah ini, maka darah dapat bercampur atau tersumbat, sehingga tidak terjadi aliran darah yang normal.

1 dari 2 halaman

Gejala kelainan jantung bawaan

Jika dokter kandungan Anda mendengar detak jantung janin yang tidak normal ketika melakukan pemeriksaan rutin, biasanya akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Sebelum bayi lahir, kelainan jantung bawaan dapat terdeteksi dengan menggunakan beberapa pemeriksaan, salah satunya adalah USG kehamilan.

Pada beberapa kasus, gejala kelainan jantung bawaan bisa tidak terlihat sampai beberapa saat setelah kelahiran, misalnya pada gangguan jantung yang ringan. Namun, gejala yang dapat timbul adalah irama jantung abnormal, mudah lelah, kesulitan bernapas dan pembengkakan pada organ tertentu.

Bayi baru lahir dengan kelainan jantung bawaan dapat mengalami berbagai keluhan seperti sesak napas, bibir kebiruan, kulit pucat kebiruan dan kesulitan untuk makan dengan cukup.Berbagai keluhan ini dapat berdampak pada gangguan pertumbuhan anak.

Hindari penyebab penyakit jantung bawaan

Penyakit jantung bawaan terjadi sebagai akibat dari gangguan perkembangan awal dari struktur jantung. Terdapat beberapa penyebab yang diduga berhubungan dengan penyakit jantung bawaan, seperti:

  • Cacat jantung pada bayi lebih mungkin terjadi di keluarga yang memiliki riwayat kelainan jantung yang sama
  • Penggunaan obat resep tertentu selama kehamilan
  • Menggunakan alkohol
  • Ibu yang memiliki infeksi virus selama trimester pertama kehamilan, sehingga memiliki risiko lebih tinggi untuk mengandung anak yang memilikikelainan jantung bawaan
  • Gangguan metabolik, seperti diabetes

Agar terhindar dari berbagai faktor penyebab di atas, sangat penting bagi ibu hamil untuk menjaga asupannya dengan mengonsumsi makanan sehat dan memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya.

Perawatan kelainan jantung bawaan

Bila memang anak terlanjur memiliki kelainan jantung bawaan, ada beberapa catatan dalam merawat penderita penyakit ini. Perawatan untuk cacat jantung bawaan tergantung pada jenis dan tingkat keparahan kecacatan yang terjadi. Beberapa bayi dengan kelainan jantung ringan dapat diobservasi dan tidak mendapatkan terapi khusus.

Namun pada beberapa kasus, penderita dapat diberikan obat-obatan untuk meringankan gejala yang timbul. Untuk kasus yang lebih berat, operasi jantung adalah satu-satunya solusi yang dapat dilakukan untuk memperbaiki keadaan penderita kelainan jantung ini.

Kelainan jantung bawaan memang dapat terjadi karena faktor genetik, dan jenisnya bisa berbeda-beda. Untuk menentukan terapi yang tepat, diperlukan pemeriksaan menyeluruh. Jadi, jangan ragu untuk memeriksakan anak Anda ke dokter jika mengalami berbagai gejala yang telah disebutkan di atas.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar