Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Ini Daftar Makanan yang Pantang Dikonsumsi Penyandang Diabetes

Ini Daftar Makanan yang Pantang Dikonsumsi Penyandang Diabetes

Tidak hanya makanan manis, penderita diabetes juga memiliki beberapa pantangan makanan lainnya. Apa saja? Simak selengkapnya dalam artikel ini.

Diabetes adalah penyakit yang mengganggu metabolisme gula di dalam tubuh. Ada tiga tipe diabetes, seperti diabetes tipe 1, diabetes tipe 2, dan diabetes gestasional. Di antara berbagai jenis diabetes tersebut, yang paling sering terjadi adalah diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 biasanya muncul karena gabungan faktor genetik, lingkungan, dan gaya hidup yang tidak sehat. 

Oleh sebab itu, perubahan gaya hidup adalah salah satu kunci utama untuk menangani penyakit diabetes.

Salah satu perubahan gaya hidup yang dapat dilakukan adalah menjaga pola makan. Pola makan yang buruk bisa memperparah kadar gula darah dalam tubuh. 

Artikel Lainnya: Ini Dia Daftar Buah yang Aman untuk Pengidap Diabetes

Untuk itu, ketahuilah beberapa pantangan makanan untuk penderita diabetes berikut ini: 

1 dari 13 halaman

1. Minuman yang Dimaniskan dengan Gula

Konsumsi minuman yang manis tidak dianjurkan untuk penderita diabetes, karena cenderung tinggi karbohidrat. 

Berdasarkan penelitian, minuman manis -- baik dimaniskan dengan gula atau pemanis buatan – bisa menaikkan risiko masalah kesehatan terkait diabetes, seperti penyakit hati berlemak. 

2 dari 13 halaman

2. Makanan Sumber Lemak Trans

Makanan dengan lemak trans sangat tidak sehat untuk tubuh Anda. Walaupun tidak secara langsung menaikkan gula darah, senyawa ini berhubungan dengan resistensi insulin serta penurunan kadar kolesterol baik (HDL). 

Beberapa makanan yang mengandung lemak trans, di antaranya margarin, selai kacang, serta krim.

Artikel lainnya: Makanan Berlemak yang Baik Dikonsumsi Penderita Diabetes

3 dari 13 halaman

3. Nasi, Roti Putih, dan Pasta

Nasi, roti putih, dan pasta merupakan pantangan makanan untuk penderita diabetes. Pasalnya, mereka mengandung karbohidrat yang tinggi dan secara signifikan dapat meningkatkan kadar gula darah.

Makanan ini juga dapat menurunkan fungsi otak pada penderita diabetes. Apalagi nasi, roti putih, dan pasta sedikit mengandung serat. Padahal, serat berguna untuk membantu memperlambat penyerapan gula ke dalam aliran darah.

4 dari 13 halaman

4. Yoghurt Rasa Buah

Yoghurt rasa buah biasanya mengandung kadar gula yang tinggi, sehingga sebaiknya dihindari. 

Pilihlah jenis plain yogurt, karena baik untuk mengendalikan berat badan dan kesehatan usus.

5 dari 13 halaman

5. Sereal yang Manis

Ketahuilah bahwa sereal yang manis mengandung banyak karbohidrat. Selain itu, sereal biasanya mengandung sedikit protein, di mana nutrisi ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama sekaligus menjaga kestabilan gula darah seharian. 

Oleh karena itu, sereal yang manis termasuk pantangan makanan untuk penderita diabetes. Jika Anda memang ingin mengonsumsi sereal, pilihlah jenis sereal yang whole-grain. 

6 dari 13 halaman

6. Kopi Manis (Kopi Instan)

Kopi dikaitkan dengan beberapa manfaat kesehatan, seperti untuk menurunkan risiko diabetes

Akan tetapi, kopi yang disajikan dengan tambahan gula (kopi sachet atau kopi instan) bukanlah pilihan yang baik untuk penderita diabetes. Bila Anda ingin meminum kopi, pilihlah kopi tanpa gula.

Artikel lainnya: Menu dan Pola Makan untuk Meringankan Gejala Diabetes

7 dari 13 halaman

7. Madu

Penderita diabetes yang mencoba mengurangi asupan gula kerap menggantinya dengan jenis pemanis lainnya. Misalnya, madu. 

Madu sebenarnya tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Apalagi jika gula darah Anda sedang tidak terkontrol. 

8 dari 13 halaman

8. Buah Kering

Buah kering termasuk makanan pantangan untuk penderita diabetes. Walaupun menyimpan vitamin dan mineral, kandungan gula pada buah kering lebih pekat. 

Sebagai contoh, kismis mengandung karbohidrat empat kali lebih banyak daripada anggur. Jadi jika Anda menderita diabetes, sebaiknya konsumsi buah segar yang rendah gula.

9 dari 13 halaman

9. Makanan Ringan dalam Kemasan

Biasanya, makanan ringan dalam kemasan terbuat dari tepung olahan dan memberikan sedikit nutrisi. Selain itu, makanan ringan ini menyimpan karbohidrat yang cepat dicerna sehingga akan meningkatkan gula darah dengan cepat. 

Jadi sebaiknya, hindari mengonsumsi makanan ringan dalam kemasan dan coba untuk beralih ke kacang-kacangan yang rendah karbohidrat.

10 dari 13 halaman

10. Jus Buah

Meski jus buah sering dianggap minuman sehat, pengaruhnya terhadap gula darah mirip dengan soda dan minuman manis lainnya. Ini juga berlaku untuk jus buah 100 persen tanpa pemanis, serta jenis yang mengandung gula tambahan. 

Karena itu, berhati-hatilah saat mengonsumsi jus buah karena kadar gulanya yang cenderung tinggi.

Artikel lainnya: Makanan Manis Ini Aman untuk Penderita Diabetes Melitus

11 dari 13 halaman

11. Kentang Goreng

Kentang goreng adalah makanan yang harus dihindari penderita diabetes, karena mengandung tinggi karbohidrat. Apalagi setelah dikupas dan digoreng dengan minyak sayur, maka akan tambah meningkatkan kadar gula darah Anda. 

Makanan yang digoreng terbukti menghasilkan senyawa beracun dalam jumlah tinggi dan dapat meningkatkan peradangan dan risiko penyakit. 

Bahkan, ada penelitian yang menghubungkan konsumsi kentang goreng dan makanan goreng lainnya dengan penyakit jantung dan kanker.

12 dari 13 halaman

12. Kulit Ayam

Kulit ayam mengandung banyak lemak yang dapat berujung pada naiknya berat badan dan kolesterol dalam darah. Lebih baik Anda beralih ke sumber protein lain yang memiliki sedikit lemak.

Itulah sejumlah pantangan makanan untuk para penderita diabetes. Dengan menjaga pola makan yang sehat, kadar gula dalam darah pun dapat dikontrol dengan baik. 

Bila Anda masih punya pertanyaan mengenai penyakit diabetes, jangan ragu konsultasi dengan dokter via Live Chat di aplikasi KlikDokter.

[RS]

0 Komentar

Belum ada komentar