Sukses

9 Fakta Organ Tubuh yang Bikin Anda Terkejut

Kerja tubuh dalam menopang kehidupan sangat menarik untuk diketahui. Berikut fakta organ tubuh yang bisa bikin Anda ternganga!

Klikdokter.com, Jakarta Tubuh manusia dijalankan oleh berbagai organ tubuh di dalamnya, yang setiap organ tersebut saling berkesinambungan dalam menjalankan fungsinya. Mungkin selama ini Anda cuma tahu fungsi utamanya saja. Namun, ada banyak sekali fakta mengenai organ tubuh yang mungkin tak Anda tahu dan bisa bikin terkesima.

Dilansir dari Reader’s Digest, berikut ini adalah beberapa fakta menarik tentang organ tubuh.

  1. Jantung berdenyut hingga miliaran kali

Denyut jantung manusia rata-rata dalam hidupnya adalah sekitar tiga miliar. Wah, jantung Anda bekerja super keras, ya?! Inilah alasan kenapa Anda harus menyayangi jantung Anda.

Disarankan oleh dr. Vito A. Damay, SpJP, M.Kes, FIHA, FICA, dari KlikDokter, konsumsilah makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Perbanyak konsumsi buah, sayur, kacang-kacangan, dan makanan nabati lainnya untuk mendapatkan vitamin secara alami. Pastikan juga konsumsi ikan yang kaya akan omega-3 seperti salmon tuna, serta daging lainnya seperti dalam porsi terbatas.

  1. Permukaan paru-paru sebesar setengah lapangan tenis?

Tarik napas, buang napas, terus-menerus. Tugas paru-paru Anda berat sekali, lho! Menurut sebuah artikel yang dipublikasikan di jurnal “Frontiers in Pharmacology”, beberapa ahli memperkirakan luas permukaan paru-paru (termasuk bagian alveolinya) bila dibentangkan bisa mencakup setengah lapangan bulu tangkis atau tenis (bahkan ada juga yang bilang sebesar lapangan tenis).

  1. Produksi air liur hingga 640 ml per hari

Air liur atau saliva adalah cairan yang diproduksi oleh kelenjar liur atau kelenjar ludah yang berada di dalam rongga mulut. Nah, tahukah Anda bahwa rata-rata manusia memproduksi 640 ml (lebih dari 0,5 kg) per hari!

Meski “cuma” cairan, tapi air liur punya banyak sekali fungsi dalam menjaga kesehatan mulut. “Ketika aliran air liur berkurang, masalah kesehatan mulut bisa terjadi,” kata drg. Wiena Manggala Putri dari KlikDokter.

Lebih jelasnya, fungsi air liur antara lain adalah: membersihkan makanan dan kotoran dan gigi dan gusi, membantu melembapkan dan memecah makanan untuk memudahkan dalam menelan serta meningkatkan kemampuan untuk merasakan sesuatu, mencegah penyakit di rongga mulut, serta membantu permukaan gigi tetap kuat. Orang-orang dengan kadar air liur yang rendah lebih berisiko mengalami gigi berlubang dan infeksi mulut.

1 dari 3 halaman

Selanjutnya

  1. Butuh ratusan ribu kelenjar keringat untuk mencegah kaki lecet

“Sepasang kaki memiliki sekitar 250.000 kelenjar keringat. Kelenjar keringat ini bersifat asam, sehingga bermanfaat untuk melindungi kaki dari infeksi kuman. Keringat juga membuat kulit telapak kaki agak lembap dan tak mudah pecah-pecah,” ungkap dr. Resthie Rachmanta Putri, M.Epid, dari KlikDokter.

Kata dr. Resthie lagi, manfaat yang tak kalah penting dari kelenjar keringat ini adalah mencegah lecet akibat gesekan di telapak kaki bila Anda berjalan tanpa mengenakan alas kaki.

  1. Vagina juga bisa kentut

Vagina Anda pernah mengeluarkan bunyi seperti kentut? Menurut dr. Fiona Amalia, MPH, dari KlikDokter, tak perlu khawatir karena itu adalah hal yang normal.

“Proses yang disebut dengan queefing ini terjadi jika banyak udara masuk ke dalam vagina, seperti saat berhubungan seks. Beda dengan kentut yang dikeluarkan melalui anus, kentut dari vagina ini tak berbau karena tidak mengandung sisa metabolisme makanan maupun bakteri usus,” kata dr. Fiona menjelaskan.

  1. Lidah bisa mengecap ribuan rasa

Asin, manis, asam, dan gurih—lidah Anda memiliki 2.000-8.000 pengecap rasa, dan masing-masing memiliki 50-100 sel reseptor. Ini adalah peluang besar untuk menikmati tiap gigitan makanan yang Anda makan. Untuk menjaga kerja reseptor tersebut, jagalah kesehatan dan kebersihannya dengan menjaga kebersihan gigi dan gusi. Anda juga bisa menggunakan tongue scraper untuk menyikat celah dan permukaan lidah.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya (2)

  1. Ovarium adalah “ibu” dari jutaan telur

Seorang wanita terlahir dengan 1-2 juta telur di ovarium atau indung telurnya. Namun, wanita tak akan memproduksinya seumur hidup karena pasokannya berkurang sepanjang tahun hingga menopause. Sebanyak 500 telur matang selama bertahun-tahun reproduksi, sisanya dihancurkan oleh tubuh.

  1. Jumlah pori-pori wajah ternyata jauh lebih banyak dari yang Anda duga ...

Jika Anda pikir jumlah pori-pori kulit wajah Anda hanya ratusan, Anda salah. Menurut sebuah laporan, jumlah pori-pori orang dewasa adalah sekitar 20.000.

  1. Koneksi saraf otak manusia tak terhingga

Percaya tidak, menurut majalah Discovery, koneksi saraf di otak manusia setidaknya ada 100 triliun! Untuk menjaganya, lindungi otak dari kerusakan dengan pola hidup sehat, banyak melakukan olahraga otak (misalnya puzzle), meningkatkan variasi aktivitas, konsumsi makanan yang mengandung omega-3 dan vitamin, atau sesederhana bersosialisasi.

Bagaimana, organ tubuh manusia dan fungsinya menarik untuk diketahui, bukan? Sebetulnya masih ada banyak lagi fakta lainnya yang berkaitan dengan organ tubuh lainnya. Satu hal yang lebih penting dari sekadar mengetahui adalah menjaganya. Jalankan pola hidup sehat dan berperilaku bersih agar kesehatan seluruh organ tubuh Anda selalu terjaga.

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar