Sehat dan Bugar

Lari di Treadmill atau Luar Ruangan, Mana Lebih Baik?

dr. M. Dejandra Rasnaya, 10 Feb 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Olahraga lari bisa dilakukan di treadmill ataupun luar ruangan. Namun, mana yang terbaik antara lari di luar ruangan vs treadmill? Simak di sini.

Lari di Treadmill atau Luar Ruangan, Mana Lebih Baik?

Manfaat lari untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Ditambah, olahraga ini relatif murah dan mudah dilakukan. Berlari dapat dilakukan di mana pun, dari mulai lari di luar ruangan atau menggunakan treadmill di dalam ruangan. Tapi, kalau dibandingkan lari luar ruangan vs treadmill, mana yang lebih baik?

Manfaat lari sebagai olahraga aerobik dapat menghindarkan Anda dari penyakit yang berhubungan dengan pola hidup, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes.

Rutin berlari juga bisa mencegah osteoporosis, menguatkan tulang dan otot kaki, melatih stamina dan keseimbangan, serta menurunkan berat badan. 

Lari juga terbilang praktis karena tidak membutuhkan banyak peralatan ataupun tempat khusus untuk melakukannya. Selain lari di luar ruangan, lari juga dapat dilakukan di dalam ruangan menggunakan treadmill.

Kelebihan Lari di Luar Ruangan

Saat berlari di luar ruangan, setidaknya Anda akan memperoleh beberapa manfaat berikut:

  • Lebih Melatih Otot Kaki

Anda bisa menemukan beragam trek saat berlari di luar ruangan. Ada jalur lari yang pijakannya keras, empuk, berbatu, berlubang, menanjak, ataupun menurun. Kondisi ini akan lebih melatih otot kaki lebih kuat. 

  • Melatih Koordinasi dan Keseimbangan Tubuh

Tak hanya otot kaki lebih kuat, jalanan yang berbatu, menanjak, atau menurun juga bermanfaat untuk melatih koordinasi dan keseimbangan tubuh Anda.

Artikel lainnya: 6 Kelebihan Olahraga Lari pada Malam Hari, Apa Manfaatnya?

  • Lebih Melatih Stamina

Pijakan yang keras, tanjakan, dan tahanan angin yang melawan tubuh ketika lari outdoor akan menguras energi lebih banyak. Stamina Anda pun akan lebih terlatih. Bagi Anda yang mau meningkatkan kecepatan, lari di luar ruangan lebih disarankan.

  • Memperbaiki Mood

Dengan berlari di luar ruangan, pemandangan juga menjadi lebih dinamis. Anda bisa merasakan efek relaksasi untuk memperbaiki mood.

Meski begitu, lari outdoor memungkinkan Anda lebih terpapar oleh polusi udara, sinar ultraviolet, dan radikal bebas. 

Kelebihan Menggunakan Treadmill

Lalu, apa manfaat berlari menggunakan treadmill? Berikut beberapa kelebihan treadmill:

  • Tidak Terpengaruh Cuaca

Berlari outdoor tentu harus memperhatikan apakah cuaca sedang mendukung atau tidak. Tentu ini berbeda jika Anda lari dalam ruangan menggunakan treadmill. Anda tidak perlu khawatir jika cuaca di luar hujan ataupun terik matahari sekalipun.

  • Hemat Waktu

Bagi Anda yang sibuk, tentunya kelebihan treadmill yang satu ini sangat membantu. Berlari dengan treadmill akan lebih menghemat waktu karena tidak perlu pergi lari menjelajah suatu tempat. Tugas-tugas bisa langsung dikerjakan setelah sesi lari berakhir.

  • Pengaturan Mudah Disesuaikan

Treadmill juga memiliki pengaturan seperti kecepatan langkah dan tanjakan yang dapat diatur untuk membakar energi lebih banyak. Anda pun dapat mengaturnya sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda.

Artikel lainnya: 12 Manfaat Jogging Setiap Hari, Tak Sepele!

  • Lebih “Memaksa” Tubuh

Mesin treadmill juga akan “memaksa” stamina Anda untuk tetap berlari karena akan berlangsung terus-menerus.

  • Lebih Nyaman dan Aman

Menggunakan treadmill dalam ruangan tentu akan terasa lebih nyaman dan aman. Segala kebutuhan Anda selama dan setelah olahraga, seperti kamar mandi dan air minum, sudah tersedia.

  • Lebih Baik pada Kondisi Medis Tertentu

Pada kondisi tertentu, treadmill dapat dijadikan alat untuk membantu dalam rehabilitasi, misalnya pada pasien pasca-stroke atau masalah lutut.

Lalu, Mana yang Lebih Baik?

Jadi, lari vs treadmill, mana yang lebih baik? Terlepas dari kelebihan dan kekurangannya, lari dan treadmill sama-sama baik bila dilakukan secara rutin.

Pada dasarnya, olahraga memang disarankan menjadi pola hidup. Kalau masih bingung, coba kembalikan lagi pada kebutuhan dan tujuan yang Anda ingin raih.

Jika Anda ingin berolahraga tapi punya waktu yang sempit, treadmill bisa jadi pilihan. Terlebih lagi bila cuaca sedang tidak mendukung untuk berlari di luar.

Namun, kalau Anda tipe orang yang lebih punya banyak waktu untuk berolahraga serta ingin melatih kekuatan dan stamina, lari di luar ruangan adalah pilihannya. Tak ada salahnya juga Anda melakukan keduanya secara bergantian agar sesi berlari tidak monoton.

Jangan ketinggalan berita terbaru seputar kesehatan dengan mengunduh aplikasi Klikdokter.

[HNS/JKT]

lariOlahraga

Konsultasi Dokter Terkait