Ginjal dan Saluran Kemih

Catat, Ini 13 Jenis Makanan yang Baik untuk Penderita Sakit Ginjal

dr. Dyah Novita, 07 Feb 2023

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bila menderita penyakit ginjal, kamu harus menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Ini beberapa makanan yang baik untuk ginjal.

Catat, Ini 13 Jenis Makanan yang Baik untuk Penderita  Sakit Ginjal

Ginjal melakukan banyak fungsi penting, salah satunya adalah menyaring dan membuang limbah, seperti racun atau garam berlebih. Oleh karena itu, menjaga kesehatan ginjal sangatlah penting. 

Orang dengan gangguan ginjal perlu menjaga asupan dengan mengonsumsi makanan yang baik untuk ginjal. Penderita amat dianjurkan untuk melakukan pola makan khusus dengan membatasi konsumsi sodium, potassium, fosfor, dan protein.

Berikut ini daftar makanan untuk penyakit ginjal yang aman dikonsumsi.

1. Ikan Salmon dan Tuna

Salmon dan tuna termasuk makanan yang menyehatkan ginjal karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Tubuh tidak dapat membuat asam lemak omega-3 sendiri, sehingga harus didapatkan dari makanan.

Lemak omega-3 dapat mengurangi kadar lemak jahat di dalam darah. Omega-3 juga dianggap berkontribusi dalam penurunan tekanan darah. 

Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko penyakit ginjal. Nah, penurunan tekanan darah dapat membantu melindungi ginjal.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam dan kangkung termasuk jenis makanan untuk penderita penyakit ginjal tahap awal. Sayuran hijau kaya antioksidan dan baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. 

Namun, sayuran hijau juga cenderung tinggi kalium, sehingga tidak cocok untuk pasien gangguan ginjal tahap lanjut dan menjalani hemodialisis.

3. Bluberi

Bluberi mengandung antioksidan bernama antosianin yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantungkanker, penurunan kognitif, dan diabetes. Bluberi juga termasuk buah yang aman untuk ginjal karena rendah sodium, fosfor, dan kalium.

4. Apel

Apel pun termasuk makanan sehat untuk ginjal. Hal ini dikemukakan oleh sebuah studi dalam Journal of American Society Nephrology.

Studi yang melibatkan lebih dari 10.000 orang berusia produktif tersebut menemukan, terdapat kaitan antara konsumsi apel dengan penurunan risiko batu ginjal setelah diamati lebih dari 10 tahun.

5. Anggur Merah

Mirip dengan bluberi, anggur merah mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C dan antioksidan flavonoid yang dapat mengurangi peradangan. Satu hal yang juga penting, anggur termasuk makanan yang baik untuk ginjal.

6. Putih Telur

Putih telur merupakan makanan untuk penyakit ginjal yang mengandung protein berkualitas tinggi. Berbeda dengan kuning telur yang tinggi fosfor, putih telur ramah terhadap ginjal karena rendah fosfor.

Jika kamu atau orang terdekat menderita penyakit ginjal, sebaiknya konsumsi 2 putih telur berukuran besar (66 gram). Porsi tersebut dapat mengandung sodium 110 mg, kalium 108 mg, dan fosfor 10 mg.

7. Minyak Zaitun

Sebagai sumber lemak dan bebas fosfor, minyak zaitun menjadi bahan makanan yang menyehatkan ginjal.

Biasanya, penderita penyakit ginjal umumnya sulit menjaga berat badan. Karena itu, asupan makanan sehat yang tinggi kalori seperti minyak zaitun menjadi penting.

Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, kandungan natrium, kalium, dan fosfor di dalam minyak zaitun juga rendah sehingga aman untuk penderita ginjal. 

8. Kol

Kol kaya akan vitamin dan mineral. Makanan untuk penderita sakit ginjal ini juga merupakan sumber vitamin K, vitamin C, vitamin B, dan asam folat. 

Selain itu, kol menyediakan serat tidak larut yang dapat menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Artikel lainnya: 7 Makanan Sehat yang Bisa Merusak Ginjal Bila Dikonsumsi Berlebih

9. Dada Ayam Tanpa Kulit

Bagi kamu yang mengalami masalah ginjal, sudah seharusnya membatasi asupan protein. Nah, agar kebutuhan protein tetap tercukupi dan ginjal aman, dada ayam tanpa kulit dapat menjadi pilihan karena lebih sedikit fosfor, kalium, dan natrium.

Pilihlah ayam yang segar dan perhatikan pengolahannya. Pengolahan dengan cara dibakar membuat ayam cenderung mengandung banyak natrium dan fosfor.

Kamu disarankan mengonsumsi sekitar 85 gram dada ayam tanpa kulit. Kandungannya antara lain 63 mg sodium, 216 mg kalium, dan 192 mg fosfor.

10. Bawang Putih dan Bawang Bombay

Tak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi makanan dengan bawang sebagai penyedap. Bawang putih dan bawang bombay termasuk bahan makanan sehat untuk ginjal karena bebas natrium dan fosfor. 

Kamu dapat menumis bawang putih atau bawang bombay menggunakan minyak zaitun.

11. Paprika

Paprika termasuk sayuran tinggi antioksidan serta rendah kalium, fosfor, dan natrium, sehingga baik untuk menjaga kesehatan ginjal.  

Paprika juga mengandung vitamin A. Vitamin ini penting untuk membantu menjaga daya tahan tubuh penderita penyakit ginjal.

12. Kembang Kol

Makanan yang baik untuk ginjal berikutnya adalah kembang kol. Kandungan kalium di dalam kembang kol rendah, sehingga aman untuk ginjal.

Kembang kol juga mengandung vitamin C dan K, serta bisa menjadi sumber serat yang sehat.

13. Nanas

Ingin makan yang segar-segar tapi aman untuk ginjal? Yuk, makan nanas! Buah yang aman bagi ginjal ini mengandung sedikit kalium.

Selain aman untuk ginjal, nanas mengandung serat, mangan, vitamin C, dan bromelain yang baik untuk kesehatan.

Artikel Lainnya: Deretan Makanan dan Minuman Pemicu Batu Ginjal

Jagalah asupan dan gaya hidup sejak dini agar ginjal tetap sehat. Hindari makanan tinggi lemak jenuh dan minuman manis tinggi kalori. 

Selain pola makan sehat, menjaga kesehatan ginjal juga dapat dilakukan dengan kontrol ketat faktor risiko gangguan jantung, seperti tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolesterol tinggi.

Bila ingin konsultasi lebih lanjut, pakai fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter. #JagaSehatmu untuk hari-hari yang lebih bahagia!

(FR/NM)

Kesehatan Ginjal

Konsultasi Dokter Terkait