Sukses

Waspadai 5 Tanda Tersembunyi Kanker Ginjal

Kanker ginjal dinilai memiliki gejala dan tanda yang kurang spesifik dan tersembunyi. Apa saja? Cek di sini!

Klikdokter.com, Jakarta Kanker ginjal adalah kondisi dimana sel-sel ginjal menjadi ganas (kanker) dan tumbuh di luar kendali, dan membentuk tumor. Hampir semua kanker ginjal pertama kali muncul di lapisan tabung kecil (tubulus) di ginjal. Namun, dilansir dari WebMD, berita baiknya adalah bahwa sebagian besar kanker ginjal ditemukan sebelum menyebar (bermetastasis) ke organ yang jauh. Kanker yang dideteksi lebih awal lebih mudah diobati. Namun begitu, tumor ini bisa tumbuh cukup besar sebelum terdeteksi.

Dokter belum tahu pasti penyebab kanker ginjal. Akan tetapi, faktor-faktor tertentu tampaknya meningkatkan risiko terkena kanker ginjal. Contohnya, kanker ginjal paling sering terjadi pada orang yang berusia lebih dari 40 tahun. Selain usia, beberapa penyebab lain adalah merokok, kelebihan berat badan, tekanan darah tinggi, dan penyalahgunaan obat-obatan penghilang rasa sakit jangka panjang.

Cek lima tanda kanker ginjal

Namun sayang, kanker ginjal dinilai memiliki gejala dan tanda yang kurang spesifik dan tersembunyi. Tak jarang, kanker ginjal disalahpahami sebagai penyakit lain. Lantas, bagaimana Anda dapat mengetahui tanda-tanda kanker ginjal? Seperti dilansir dari Reader’s Digest, beberapa tanda kanker ginjal adalah:

  1. Tonjolan di area ginjal

Kanker ginjal terletak sangat jauh di dalam tubuh. Biasanya, pengidap penyakit ini hampir tidak merasakan sakit karena tak ada gejala apa pun pada tahap awal kanker. Anda yang mengidapnya tidak akan pernah mengetahui dari mana asal kanker tersebut, kecuali merasa ada tonjolan di area sekitar ginjal, baik itu di depan, samping, atau punggung bagian bawah.

  1. Sakit perut bagian samping

Jika Anda termasuk orang yang sedang merasakan nyeri panggul, waspadalah. Bisa jadi, itu merupakan salah satu tanda dari gejala kanker ginjal. Apabila nyeri tidak kunjung hilang, segera periksakan pada dokter. Ingat, Anda tidak boleh mendiagnosis diri sendiri!

1 dari 2 halaman

Selanjutnya

  1. Urine berdarah

Urine berdarah acap kali dianggap sebagai hal yang biasa saja. Mungkin, Anda tidak menyadari betapa seriusnya hal tersebut dengan menganggapnya sebagai tanda penyakit biasa. Namun, jika darah dalam urine Anda adalah karena keberadaan kanker ginjal, kemungkinan kanker tersebut sudah besar.

“Jika Anda melihat warna merah muda atau merah pada air seni, walaupun hanya sekali, Anda pantas memeriksakan diri ke dokter. Ada banyak kondisi kesehatan yang menyebabkan itu, salah satunya kanker ginjal,” kata dr. Kartika Mayasari dari KlikDokter.

  1. Kelelahan dan berat badan turun drastis

Merasa kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan berat badan yang menurun drastis, belum tentu merupakan tanda-tanda yang disebabkan oleh kanker ginjal. Hal lain yang bisa jadi pemicu kondisi tersebut salah satunya adalah stres.

Namun, jika Anda berusaha memperbaiki pola tidur dan makan, tapi rasa lelah dan berat badan tetap tidak membaik, segera periksakan diri Anda. Bisa jadi, itu adalah tanda dari kanker ginjal!

  1. Anemia

Sebagian alasan kelelahan Anda bisa jadi karena jumlah sel darah merah yang rendah. Hormon lain yang dilepaskan oleh ginjal, yakni erythropoeitin, mendorong sumsum tulang untuk menghasilkan sel darah merah.

Saat ginjal mengalami masalah, seperti adanya pertumbuhan sel kanker, beberapa fungsi tersebut dapat menurun. Itulah sebabnya anemia bisa jadi salah satu tanda Anda mengalami kanker ginjal.

Itulah lima tanda kanker ginjal yang tersebunyi. Perhatikan selalu kondisi tubuh Anda dan segera periksakan diri ke dokter saat tanda-tanda di atas tak kunjung hilang. Selain itu, Anda mesti sadar untuk menjaga kesehatan ginjal sejak dini. Cobalah hidup sehat, berhentilah merokok, selalu menjaga tekanan darah, makan sayur-sayuran dan buah-buahan banyak, dan rutinlah berolahraga. Tak lupa, banyak minum air putih demi kesehatan ginjal yang lebih baik!

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar