Sukses

Berapa Kali Sebaiknya Berolahraga dalam Seminggu?

Ada yang bilang tiga kali, dua kali, bahkan cukup satu kali seminggu. Sebetulnya, berapa kali sebaiknya berolahraga dalam seminggu.

Klikdokter.com, Jakarta Masyarakat, khususnya di perkotaan, semakin sadar akan pola hidup sehat. Tren ini terlihat dari makin menjamurnya pusat kebugaran, ramainya car free day dengan penggiat olahraga, beragam event olahraga, hingga makin banyaknya pilihan produk dan menu sehat di restoran dan swalayan. Nah, soal durasi olahraga yang dianjurkan, ini masih simpang siur. Ada yang bilang setiap hari, dua kali, tiga kali, bahkan satu kali seminggu saja sudah cukup. Berapa kali sebaiknya berolahraga dalam seminggu?

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, mari membahas lebih dalam mengenai berbagai manfaat olahraga.

  1. Berat badan ideal

Dengan berolahraga secara teratur, Anda akan meningkatkan pembakaran kalori dari tubuh. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan berat badan ideal—entah sebagai upaya menurunkan berat badan atau menjaga agar tubuh tetap ideal. Berolahraga lebih dari 30 menit diketahui dapat meningkatkan pembakaran lemak yang membandel dalam tubuh.

  1. Lebih bugar dan berenergi

Jika Anda sering merasa lelah, mungkin akibat Anda kurang olahraga. Jangan percaya anggapan bahwa berolahraga akan bikin badan lebih mudah lelah. Justru, dengan rutin berolahraga, kekuatan otot, kebugaran, dan ketahanan fisik akan meningkat.

Olahraga yang dilakukan secara rutin akan membuat jantung lebih kuat dalam memompa darah, sehingga aliran darah pun menjadi lebih lancar. Selain itu, kapasitas paru-paru dalam mengambil oksigen pun akan meningkat. Dengan demikian, Anda akan lebih berenergi untuk melakukan sederet aktivitas, dari pagi hingga malam.

  1. Tubuh lebih sehat

Dengan rutin berolahraga, tubuh pun otomatis menjadi lebih sehat. Banyak penelitian yang menemukan bahwa olahraga berhubungan dengan penurunan risiko berbagai penyakit. Mulai dari tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes melitus, penyakit jantung, stroke, kanker, dan penyakit sendi.

  1. Memperbaiki mood

Sering merasa stres dan kurang bersemangat? Olahragalah! Tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik, olahraga juga dapat meningkatkan kesehatan mental dan memperbaiki mood Anda.

Olahraga dapat meningkatkan pengeluaran hormon endorfin yang membuat Anda merasa lebih nyaman dan bahagia. Selain itu, berolahraga juga dapat membuat tubuh menjadi lebih ideal, sehingga membuat Anda merasa lebih nyaman dengan diri sendiri pula.

  1. Lawan insomnia

Jika Anda kerap sulit tidur pada malam hari, olahraga secara rutin bisa membuat Anda lebih mudah tertidur. Namun, satu hal yang perlu diingat, jangan berolahraga terlalu dekat dengan waktu tidur, karena akan membuat tubuh terlalu segar untuk tertidur.

  1. Kehidupan seksual lebih baik

Sering merasa lelah dan sudah tidak bersemangat untuk berhubungan intim bersama pasangan? Atasi dengan berolahraga. Olahraga dapat meningkatkan level energi dan memperbaiki penampilan. Sehingga, rata-rata mereka yang rutin berolahraga memiliki kehidupan seksual yang lebih baik ketimbang mereka yang jarang atau tidak pernah berolahraga.

Berapa kali sebaiknya berolahraga dalam seminggu?

Enam manfaat di atas seharusnya sudah lebih dari cukup untuk memotivasi Anda untuk berolahraga secara rutin. Pertanyaannya, seberapa sering Anda harus berolahraga untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal?

Anda disarankan untuk berolahraga minimal:

  • 150 menit dalam seminggu jika melakukan olahraga kardio intensitas ringan-sedang (5 kali seminggu, 30 menit tiap sesi atau 3 kali seminggu, 1 jam tiap sesi).
  • 75 menit untuk olahraga kardio intensitas berat atau kombinasi antara intensitas sedang dan berat (3 kali seminggu, 25 menit tiap sesi).

Ada bermacam-macam olahraga kardio yang bisa Anda pilih. Mulai dari joging, lari, renang, bersepeda, menari, dan masih banyak lagi.

Selain olahraga kardio, Anda juga disarankan untuk mengombinasikannya dengan olahraga angkat beban sebanyak 2-3 kali seminggu. Olahraga angkat beban ini bisa dilakukan dengan alat canggih yang ada di pusat kebugaran, dengan dumbell, atau tanpa alat sama sekali. Gerakan yang dapat Anda lakukan tanpa alat antara lain adalah squat, push-up, sit-up, plank, dan pull-up.

Agar lebih bersemangat, ajak teman-teman Anda atau anggota keluarga lainnya untuk berolahraga bersama. Anda juga bisa melakukan variasi jenis olahraga untuk mencegah rasa bosan. Percaya, deh, durasi yang dianjurkan tak akan terasa karena dilakukan dengan senang, badan pun jadi sehat dan bugar!

(RN/ RVS)

0 Komentar

Belum ada komentar