Sukses

4 Manfaat Biji Lotus untuk Kesehatan

Biji lotus berkaitan erat dengan perayaan Imlek. Bukan sembarang makanan, simak 4 manfaat biji lotus bagi kesehatan sebagai berikut.

Klikdokter.com, Jakarta Perayaan Imlek tiba, sederet sajian istimewa pun dihidangkan di atas meja makan. Salah satu hidangan yang kerap disajikan adalah sup delapan bentuk. Sup khas Imlek ini disantap dengan harapan agar bisnis yang dijalankan mampu berkembang dengan cepat saat tahun baru tiba. Sup delapan bentuk terdiri dari teripang, jamur tungku, ikan, udang, perut ikan, kerang kering, abalone, jamur hitam, kacang ginko, serta biji lotus. Anda mungkin jarang mendengar tentang nama yang terakhir tersebut, namun manfaat biji lotus bagi kesehatan sangat luas.

Biji lotus berasal dari tanaman lotus, sejenis teratai. Sama halnya dengan jenis biji-bijian lainnya, biji lotus juga memiliki manfaat yang penting bagi kesehatan. Kandungan protein nabatinya memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

“Protein nabati juga dapat diperoleh dari tahu, tempe, dan berbagai biji-bijian serta kacang-kacangan,” ujar dr. Astrid Wulan Kusumoastuti dari KlikDokter.

Berdasarkan kebudayaan Tionghoa, biji lotus memiliki nutrisi yang berkhasiat untuk penyembuhan dalam pengobatan. Biji lotus juga dapat digunakan dalam banyak resep serta formula herbal. Dilansir dari Livestrong, berikut ini khasiat biji lotus yang bisa Anda dapatkan:

1. Nilai gizi yang tinggi

Biji lotus merupakan sumber protein, magnesium, potasium, dan fosfor yang baik. Mereka juga rendah lemak jenuh, natrium, dan kolesterol. Subhuti Dharmananda, Direktur Institute for Traditional Medicine di Portland Amerika Serikat, mengatakan bahwa biji lotus berperan penting dalam semangkuk sup delapan bentuk yang telah dipaparkan di atas.

Faktanya, biji lotus merupakan sumber protein yang baik dalam secangkir sup delapan bentuk. Merujuk pada penjelasan di situs Nutritional Wellness, biji lotus juga mengandung zat besi dan seng layaknya biji-bijian bergizi lain.

2. Makanan antipenuaan

Satu hal yang juga perlu Anda tahu, biji lotus mengandung enzim anti-penuaan L-isoaspartyl methyltransferase. Zat tersebut mampu membantu memperbaiki protein dalam tubuh yang rusak.

Tak heran jika saat ini, banyak perusahaan kosmetik yang menjadikan biji lotus sebagai salah satu komposisi penting. Biji lotus diketahui mengandung kaempferol, flavonoid alami yang mencegah peradangan pada sejumlah organ dalam tubuh, khususnya area mulut.

3. Penggunaan obat

Sifat astringen dalam biji lotus, memiliki manfaat spesifik untuk kesehatan ginjal dan mampu memulihkan energi vital dalam tubuh. Bahkan tanpa diduga-duga, biji lotus baik digunakan untuk mengobati masalah seksual Anda!

Sampai saat ini, biji lotus dianggap memiliki sifat penenang yang juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi insomnia atau kegelisahan. Pengobatan ala Tiongkok percaya bahwa inti biji lotus baik untuk jantung. Komponen pahitnya yang disebut alkaloid isoquinoline, memiliki efek antispasmodik yang ampuh melebarkan pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah.

4. Formula Kombinasi penting

Biji lotus turut digunakan sebagai kombinasi dengan herbal lain untuk keperluan pengobatan. Lewat perpaduan yang tepat, biji lotus mampu mengatasi gangguan pencernaan seta mengurangi diare. Bisa juga untuk gangguan saluran kemih dan reproduksi, termasuk infeksi saluran kemih dan prostatitis.

Begitu banyak manfaat biji lotus yang mungkin baru Anda ketahui sekarang. Menikmati semarak perayaan Imlek kali ini, Anda tentu sudah siap menghidangkan beragam sajian khas Imlek. Namun jangan lupa untuk menyajikan makanan berbahan biji lotus yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh Anda.

[RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar