Diet dan Nutrisi

10 Manfaat Biji Lotus untuk Kesehatanmu

dr. Valda Garcia, 27 Sep 2022

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Bukan cuma tanamannya, ternyata biji lotus juga memiliki khasiat yang menyehatkan, simak manfaat biji lotus bagi kesehatan sebagai berikut.

10 Manfaat Biji Lotus untuk Kesehatanmu

Biji lotus berasal dari tanaman lotus, sejenis teratai. Sama halnya dengan jenis biji-bijian lainnya, biji lotus juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Kandungan protein nabatinya memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Menurut kebudayaan Tionghoa, biji lotus bahkan memiliki nutrisi yang berkhasiat untuk penyembuhan dalam pengobatan. Biji ini juga dapat digunakan dalam banyak resep dan formula herbal. 

Selengkapnya, ketahui sejumlah manfaat biji lotus yang bisa kamu dapatkan:

1. Nilai Gizi Tinggi

Biji lotus merupakan sumber protein, magnesium, potassium, dan fosfor. Bahan alami ini juga rendah lemak jenuh, natrium, dan kolesterol. 

Bila rutin mengonsumsinya dalam jumlah cukup, kamu bisa memenuhi beragam kebutuhan nutrisi penting, mulai dari protein hingga berbagai jenis mineral.

2. Tinggi Protein

Protein

Biji lotus merupakan sumber protein yang baik. Jika kamu bosan dengan sumber protein hewani, biji lotus dapat menjadi salah satu sumber protein nabati yang dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian.

3. Tinggi Zat Besi

Zat besi sangat penting untuk berbagai fungsi di dalam tubuh. Salah satunya adalah membantu pembentukan sel darah merah. Kalau kamu kekurangan sel darah merah, gejala anemia bisa terjadi.

Nah, makan biji lotus bisa membantu memenuhi kebutuhan zat besi harian. Biji-bijian ini juga mengandung seng yang tak kalah penting bagi kesehatan.

4. Makanan Anti-Penuaan

Biji lotus mengandung enzim anti-penuaan L-isoaspartyl methyltransferase. Zat tersebut mampu membantu memperbaiki protein di dalam tubuh yang rusak.

Tak heran jika saat ini banyak perusahaan kosmetik yang menjadikan biji lotus sebagai salah satu komposisi penting. 

Biji lotus diketahui mengandung kaempferol, yaitu flavonoid alami yang mencegah peradangan pada sejumlah organ di dalam tubuh, khususnya area mulut.

Artikel lainnya: Minyak Biji Bunga Matahari Kaya Manfaat untuk Kesehatan, Apa Saja?

5. Meningkatkan Vitalitas

Sifat astringen di dalam biji lotus memiliki manfaat spesifik untuk kesehatan ginjal dan mampu memulihkan energi vital di dalam tubuh. 

Bahkan, tanpa diduga-duga, biji lotus baik digunakan untuk membantu mengobati masalah seksual.

6. Mengatasi Insomnia

Akhir-akhir ini sulit tidur? Coba makan biji lotus secara rutin, diimbangi pola hidup sehat lainnya.

Sampai saat ini biji lotus dianggap memiliki sifat penenang yang juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi insomnia atau kegelisahan. 

Artikel lainnya: Cara Alami Mengatasi Insomnia Tanpa Obat-obatan

7. Membantu Jaga Kesehatan Jantung

Studi: COVID-19 Bisa Picu Masalah Jantung pada Atlet Muda

Pengobatan ala Tiongkok percaya, inti biji lotus baik untuk jantung. Komponen pahitnya yang disebut alkaloid isoquinoline memiliki efek antispasmodik yang ampuh melebarkan pembuluh darah, sehingga mengurangi tekanan darah.

8. Menjaga Kesehatan Saluran Cerna

Khasiat biji lotus berikutnya adalah menyehatkan pencernaan. Biji lotus turut digunakan sebagai kombinasi dengan herbal lain untuk keperluan pengobatan masalah pencernaan. 

Lewat perpaduan yang tepat, biji lotus mampu mengatasi gangguan pencernaan dan mengurangi diare

9. Tinggi Serat

Kandungan serat di dalam biji lotus dapat membantu menjaga kesehatan saluran cerna. Selain itu, konsumsi makanan tinggi serat akan membuat lebih cepat kenyang dan rasa kenyang akan bertahan lebih lama.

Artikel lainnya: Berbagai Manfaat Serat bagi Kesehatan Tubuh

10. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Manfaat biji lotus juga dianggap berpotensi mencegah gangguan saluran kemih dan reproduksi, termasuk infeksi saluran kemih dan prostatitis

Namun, tetap penting untuk menjaga kebersihan saat buang air kecil dan menghindari menahan buang air kecil agar tidak terkena infeksi saluran kemih.

Cukup banyak ya manfaat biji lotus! Mulai sekarang jangan ragu mencampur biji lotus ke dalam hidangan kamu sehari-hari.

#JagaSehatmu dan konsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari. Kalau mengalami keluhan kesehatan, konsultasi saja lewat fitur Tanya Dokter di aplikasi KlikDokter!

(FR/JKT)

Biji Lotus

Konsultasi Dokter Terkait