Sukses

Amankah Pengidap Diabetes Mengonsumsi Gula Merah?

Para pengidap diabetes dianjurkan untuk membatasi konsumsi gula. Bagaimana jika gula merah? Apakah boleh?

Klikdokter.com, Jakarta Sebagai upaya mengontrol kadar gula darah, pengidap diabetes dianjurkan untuk membatasi asupan gula. Sering kali aturan ini membuat pengidap diabetes harus memutar otak untuk menyiasati menu makanan, termasuk menentukan jenis gula yang dikonsumsi. Nah, ada yang bilang bahwa gula merah lebih sehat untuk pengidap diabetes ketimbang gula putih. Apa benar?

Terdapat berbagai jenis gula yang biasa digunakan dalam masakan sehari-hari, salah satunya gula merah. Gula merah dikenal sebagai pemanis alami yang dapat digunakan sebagai bumbu masakan. Dibanding pemanis lainnya, termasuk gula putih, gula merah memiliki indeks glikemik (IG) yang lebih rendah, yaitu sekitar 54.

IG adalah ukuran pengaruh suatu makanan berkarbohidrat terhadap kenaikan kadar gula darah sesaat setelah dikonsumsi. Suatu makanan dinilai memiliki IG rendah jika skornya 55 atau kurang. Sedangkan makanan IG tinggi memiliki skor 70 atau lebih. Semakin rendah skor IG, maka semakin sedikit pengaruhnya terhadap kadar gula darah.

Artinya, bisa dikatakan gula merah aman untuk dikonsumsi pengidap diabetes. Di samping itu, gula merah memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi dibandingkan gula putih, terdiri dari kalium, magnesium, zink, fosfor, nitrogen, natrium, dan besi.

Tetap harus dibatasi

Meskipun tergolong aman, tentu saja konsumsi gula merah harus dilakukan dengan takaran dan cara yang tepat. Hal ini dikarenakan gula merah masih  mengandung karbohidrat dan kalori sehingga harus dibatasi konsumsinya. Belum lagi, sebenarnya kadar karbohidrat gula merah hampir serupa dengan gula putih.

Lebih lanjut, belum cukup banyak penelitian yang dapat membuktikan bahwa gula merah lebih sehat secara menyeluruh dibandingkan jenis gula lainnya.

Perlu Anda ketahui pula bahwa IG tidak berdiri sendiri dalam memengaruhi kadar gula darah. Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi peningkatan kadar gula darah sesaat setelah makan, yaitu kondisi individu, kandungan makanan, cara penyajian makanan, campuran makanan lain, dan kecepatan proses pencernaan.

Kendati harus membatasi asupan gula, pengidap diabetes tetap dapat menyantap makanan manis. Berikut beberapa makanan manis yang bisa dikonsumsi oleh pengidap diabetes:

  • Buah-buahan

Buah-buahan bisa menjadi sumber serat, vitamin, dan cairan bagi tubuh. Pengidap diabetes dapat menyantap buah-buahan untuk memenuhi hasrat mengonsumsi makanan manis. Pilihlah buah yang memiliki indeks glikemik rendah seperti apel, jeruk, atau stroberi. Selain itu, sebaiknya buah dikonsumsi dalam keadaan masih segar.

  • Granola

Granola memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk pengidap diabetes. Di samping itu, campuran yang biasa digunakan dalam granola tergolong baik untuk kesehatan, misalnya saja potongan buah atau yoghurt. Untuk memaksimalkan efek sehatnya, pilihlah granola yang memiliki kandungan gula rendah.

  • Xylitol

Xylitol merupakan salah satu jenis pemanis alami yang aman dikonsumsi pengidap diabetes. Xylitol memiliki kandungan sukrosa yang rendah dan tidak mengandung fruktosa. Dengan begitu, Anda dapat memperoleh rasa manis yang diinginkan sekaligus menghindari efek negatif dari gula.

Bagi para pengidap diabetes, boleh-boleh saja jika ingin mengonsumsi gula merah. Namun, pastikan Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang tidak berlebihan. Selain itu, jangan lupa untuk tetap menjalankan pola hidup sehat untuk menghindari berbagai komplikasi dari penyakit diabetes Anda.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar