Sukses

5 Gejala Kanker Testis yang Dialami Nathan Adrian Juara Olimpiade

Atlet renang, Nathan Adrian, mengungkapkan bahwa ia tengah mengalami kanker testis. Ini dia, gejala kanker testis yang perlu Anda tahu.

Klikdokter.com, Jakarta Juara Olimpiade lima kali dari cabang renang, Nathan Adrian, menyampaikan di Twitter bahwa dirinya menderita kanker testis. Kanker testis merupakan penyakit akibat berkembang biaknya sel tumor ganas pada testis. Organ ini merupakan bagian dari kelenjar reproduksi pria yang terletak di skrotum. Dalam kondisi normal, testis berfungsi untuk mengeluarkan hormon testosteron dan memproduksi sel sperma.

Penyebab pasti dari kanker ini belum diketahui pasti, tapi terdapat beberapa kondisi yang meningkatkan risiko seorang mengalami kanker testis. Beberapa kondisi tersebut antara lain kriptorkismus (undescendent testis), yaitu kondisi testis yang tidak turun dan masuk ke dalam kantong buah zakar; kelainan bawaan pada penis; hernia inguinal; dan adanya riwayat kanker testis dalam keluarga.

Semakin dini kanker terdeteksi,angka kesembuhannya pun semakin besar. Pada kasus Nathan Adrian, kanker dideteksi pada tahap awal sehingga angka kesembuhan masih cukup tinggi. Apa saja gejala kanker testis yang perlu diwaspadai?

1. Benjolan pada testis

Salah satu tanda awal kanker testis adalah adanya pembesaran pada buah zakar. Seorang penderita kanker testis akan mengeluhkan adanya benjolan pada buah zakarnya. Benjolan ini dapat menyebabkan perubahan bentuk dari buah zakar.

2. Merasakan tekanan pada skrotum atau perut

Bahkan jika tidak ada benjolan pada testis, tekanan yang dirasakan di testis atau perut bagian bawah merupakan sinyal bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Sering kali, penderita menggambarkan keluhan ini seperti adanya rasa tekanan yang berat di skrotum (kantong buah pelir) atau perut bagian bawah.

3. Perubahan ukuran testis

Jenis tertentu dari tumor testis dapat mengurangi kadar testosteron atau meningkatkan estrogen dalam tubuh. Hal ini dapat mengakibatkan perubahan pada ukuran testis.

4. Kaki bengkak

Ketika tumor menyebar ke kelenjar getah bening, maka aliran kelenjar getah bening dapat terhambat dan menyebabkan aliran limfe tidak lancar. Hal ini pada akhirnya akan menyebabkan pembengkakan pada kaki.

5. Nyeri punggung bagian bawah dan sesak napas

Ini adalah gejala kanker testis tingkat lanjut, yang berarti kanker telah menyebar ke berbagai organ di luar testis. Jika telah menyebar ke bagian lain, maka kanker testis dikatakan sudah bermetastasis. Pada tahap ini, Anda mungkin juga mengalami gejala lainnya. Sekitar 5 persen penderita kanker testis akan mengalami metastasis.

Bagian yang paling umum mengalami penyebaran kanker testis adalah kelenjar getah bening di dekatnya, perut, atau paru-paru. Kelenjar getah bening adalah kelenjar yang membentuk sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, kanker testis juga dapat menyebar ke hati, otak, bahkan hingga ke tulang.

Gejala lain dari kanker testis yang sudah menyebar, meliputi:

  • Batuk terus-menerus
  • Batuk atau meludahkan darah
  • Sesak napas
  • Bengkak pada leher
  • Nyeri punggung bawah

Jika Anda mengalami salah satu dari gejala-gejala diatas, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan menyeluruh. Hampir 95 persen kanker testis seperti yang dialami Nathan Adrian dapat disembuhkan. Oleh karena itu, penting untuk mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat agar kanker dapat dideteksi pada tahap awal perkembangannya.

[HNS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar