Sukses

Manfaat Minyak Argan untuk Kulit Wajah

Ingin mengikuti tren minyak argan untuk kulit? Baca dulu manfaatnya disini!

Klikdokter.com, Jakarta Di tengah maraknya berbagai produk perawatan kulit saat ini, minyak argan menjadi salah satu yang kerap terdengar dan dipromosikan oleh berbagai produsen. Minyak argan digadang-gadang memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit, benarkah?

Minyak argan adalah produk alami yang dihasilkan dari inti biji pohon Argania spinosa, tanaman asal Maroko. Minyak argan diekstraksi dari inti buah argan, yang berbentuk serupa dengan zaitun besar.

Di negara asalnya, masyarakat banyak menggunakan minyak argan untuk mengobati berbagai kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis, hingga keriput serta rambut rontok. Karena itulah, minyak argan kemudian banyak dikenal dan banyak diproduksi secara massal, meski dibanderol dengan harga yangtidak murah.

Kulit cantik dengan minyak argan

Berangkat dari pedalaman Maroko, minyak argan kini telah menjadi “bintang” dalam berbagai produk perawatan kulit dan kosmetik. Manfaatnya yang utama adalah membuat kulit terasa halus dan lembut segera setelah penggunaan pertama. Minyak argan mengandung asam lemak dan vitamin E yang bermanfaat untuk menghidrasi dan menjaga kelembapan kulit. Minyak argan juga kaya akan antioksidan dan vitamin A, yang dapat membantu meredakan efek inflamasi pada kulit serta membantu mencegah timbulnya tanda penuaan dini.

Saat dioleskan ke kulit, kandungan trocoferol dari vitamin E pada minyak argan akan meningkatkan produksi sel sehingga mendukung terbentuknya kondisi kulit dan rambut yang sehat. Untuk alasan tersebut, minyak argan kini menjadi bahan andalan berbagai produsen kosmetik dan perawatan kulit untuk lini anti-aging atau mencegah penuaan dini.

Penggunaan minyak argan

Tanpa harus membeli berbagai produk yang mengandung minyak argan, Anda dapat menggunakan minyak argan murni dan memanfaatkannya dalam berbagai langkah perawatan kulit. Meski harganya terbilang mahal, Anda tak perlu khawatir karena penggunaannya hanya memerlukan beberapa tetes saja. Beberapa penggunaan minyak argan untuk kulit wajah adalah:

  • Pelembap di malam hari

Setelah mencuci wajah, tuang satu tetes minyak argan ke telapak tangan Anda dan oleskan dengan gerakan memutar ke wajah dan leher. Langkah ini akan membantu menjaga kelembapan wajah Anda di malam hari dan memberi minyak argan waktu yang cukup untuk bekerja di kulit saat Anda tidur.

  • Untuk eksfoliasi

Eksfoliasi penting untuk memberi kesempatan kulit beregenerasi. Namun seringkali, proses pengelupasan dengan berbagai agen baik kimia maupun fisik dapat merusak kulit dan menyebabkan iritasi. Dengan menggunakan minyak argan, Anda bisa mengurangi dampak iritasi saat proses eksfoliasi sekaligus menjaga kelembaban kulit.

Anda bisa mencampur 1 satu sendok makan gula merah (brown sugar) dengan beberapa tetes minyak argan, lalu oleskan memutar ke wajah selama 2 sampai 4 menit kemudian basuh dengan air hangat.

  • Obat jerawat

Penelitian menyatakan bahwa minyak argan dapat membantu mengurangi kadar sebum atau minyak pada mereka yang memiliki kulit berminyak. Kandungan asam linoleat yang tinggi pada minyak argan dapat membantu meredakan inflamasi akibat jerawat dan menenangkan sel kulit yang rusak. Anda dapat menotolkan minyak argan pada daerah yang bermasalah secara rutin untuk membantu meredakannya.

Meskipun minyak argan sebagai bahan alami terbilang aman digunakan untuk semua jenis kulit, Anda tetap harus perhatikan jika timbul tanda alergi atau iritasi setelah penggunaan. Untuk mengecek adanya reaksi efek samping, sebaiknya coba dulu minyak argan pada area kecil di leher dan tunggu beberapa saat. Jika tidak ada reaksi yang muncul, Anda dapat menggunakannya di seluruh wajah.

[HNS/ RVS]

4 Komentar