HomeInfo SehatKulitTips Merawat Kulit Wajah di Musim Hujan
Kulit

Tips Merawat Kulit Wajah di Musim Hujan

dr. Astrid Wulan Kusumoastuti, 20 Jan 2021

Ditinjau Oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Musim hujan dapat memberi ancaman tersendiri bagi kulit wajah. Tenang, Anda bisa ikuti perawatan wajah berikut agar tetap cantik di musim hujan!

Tips Merawat Kulit Wajah di Musim Hujan

Merawat kulit wajah wajib dilakukan agar penampilan senantiasa segar dan awet muda. Terlebih di musim hujan, perawatan wajah tidak boleh luput dari perhatian.

Faktanya, musim hujan dapat mengganggu kesehatan kulit wajah, terutama bagi kulit berminyak. Ini karena udara lembap saat musim hujan dapat membuat wajah terlihat kusam dan menimbulkan jerawat.

Nah, untuk mencegah terjadinya masalah-masalah klasik tersebut, ada beberapa perawatan wajah di musim hujan yang perlu diterapkan:

1. Menjaga Kebersihan Wajah

Menjaga kebersihan merupakan hal utama dalam perawatan wajah di musim hujan. Ini karena udara yang cenderung lembap pada musim ini bikin kulit relatif lebih berminyak.

Tumpukan minyak dapat mempermudah terbentuknya komedo dan jerawat.

Untuk menghindarinya, bersihkan wajah 2-3 kali sehari dengan pembersih yang sesuai jenis kulit.

Bila Anda memiliki kulit sensitif, pembersih berbahan dasar tea tree oil, aloe vera, madu, dan rose water bisa jadi pilihan.

Artikel Lainnya: 10 Penyakit Kulit yang Mengintai Saat Musim Hujan

2. Gunakan Toner Setelah Membersihkan Wajah

Toner nyatanya cukup ampuh menjaga kulit wajah senantiasa bersih dan bebas jerawat.

Cukup tuangkan secukupnya pada kapas, lalu usap dan tepuk perlahan ke kulit. Kotoran yang tertinggal setelah membersihkan wajah dapat terangkat.

Selain itu, toner juga mampu memberikan kelembapan ekstra sebelum menggunakan produk skincare berikutnya.

Dengan begitu, bahan aktif produk selanjutnya dapat meresap sempurna sehingga manfaatnya lebih maksimal.

3. Selalu Oleskan Tabir Surya

Sinar matahari di musim hujan tetap mengandung ultraviolet. Dalam jangka panjang, ultraviolet bisa membuat kulit kusam, muncul flek hitam, hingga meningkatkan risiko kanker kulit.

Untuk melindungi kulit wajah dari bahaya tersebut, selalu gunakan tabir surya dengan Sun Protecting Factor (SPF) minimal 25.

SPF yang lebih tinggi dapat dipilih bila aktivitas banyak dilakukan di luar ruangan. Jangan lupa mengoleskannya berulang, apalagi kalau Anda sering berkeringat atau terpapar air.

4. Jangan Lupakan Pelembap

Pelembap merupakan kunci penting bila ingin kulit selalu kenyal dan terlihat segar. Meski di musim hujan udara cenderung lembap, pemakaian pelembap tetap wajib.

Untuk kulit yang cenderung kering, pilih pelembap mengandung minyak jojoba, madu, atau ekstrak almond agar kulit lebih lembap dan bebas iritasi.

Sementara, pemilik kulit berminyak dapat memilih pelembap berbahan dasar air dengan kandungan susu, madu, atau lemon.

Artikel Lainnya: Musim Hujan Bikin Anda Rentan Kena 5 Penyakit Ini

5. Eksfoliasi

Pori-pori tersumbat merupakan salah satu masalah kulit yang kerap terjadi di musim hujan. Salah satu cara untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah ini adalah rutin eksfoliasi kulit.

Ada dua cara eksfoliasi, yaitu dengan agen eksfoliator fisik atau kimia. Pilih mana agen yang cocok untuk kulit Anda dan lakukan secara rutin 2-3 kali setiap minggu. Kulit akan bersih dan bercahaya serta terhindar dari komedo.

6. Hindari Riasan Terlalu Tebal

Salah satu penyebab pori tersumbat lainnya adalah penggunaan riasan yang terlalu tebal.

Meski tidak spesifik berhubungan dengan musim hujan, namun udara yang dingin kerap membuat Anda lupa membersihkan riasan ini.

Sebaiknya, gunakan riasan yang tipis dan secukupnya sehingga mudah diaplikasikan kembali bila kehujanan. Lalu, jangan lupa bersihkan sampai tuntas setelah selesai beraktivitas.

7. Cukup Minum Air Putih

Udara dingin pada musim hujan kerap membuat seseorang tidak merasa haus karena tidak merasa gerah atau kepanasan.

Namun, penguapan cairan melalui kulit tetap terjadi. Oleh karena itu, kebutuhan cairan harian harus tetap dipenuhi.

Jangan pernah lupakan air putih bila ingin kulit tetap awet muda. Ingat, 60 persen kulit tersusun dari air.

Kalau asupan airnya kurang, kulit juga bisa terancam kesehatannya. Oleh karena itu, Anda dianjurkan setidaknya minum 2 liter air setiap hari.

Artikel Lainnya: Tak Mau Kena Diare Saat Musim Hujan, Lakukan Ini!

8. Olahraga Rutin

Meski cuaca tidak menentu dan sering tiba-tiba hujan, Anda tetap tidak boleh malas-malasan berolahraga.

Selain perawatan dan kecukupan air minum, olahraga juga penting agar peredaran darah ke kulit wajah tetap lancar dan optimal.

Untuk regenerasi kulit yang baik, kelancaran peredaran darah merupakan kunci utamanya. Maka dari itu, pastikan Anda selalu meluangkan waktu setidaknya 30 menit setiap hari untuk bergerak aktif.

Konsisten merawat wajah di musim hujan sangat penting dalam menjaga kesehatan dan keremajaan kulit.

Dengan menerapkan tips perawatan wajah di atas secara teratur, kulit wajah akan bebas kusam dan jerawat, terlihat segar, serta tampak awet muda! Bila ingin konsultasi ke dokter spesialis kulit, pakai LiveChat Klikdokter.

(FR/AYU)

HujankulitPerawatan Wajah

Konsultasi Dokter Terkait