Sukses

Ini Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Demam

Ketika demam, orang sering kali tidak nafsu makan karena lidahnya terasa pahit. Apa penyebab lidah pahit tersebut?

Klikdokter.com, Jakarta Ketika demam, salah satu keluhan yang sering dialami orang adalah lidah pahit. Rasa makanan pun jadi aneh atau bahkan hambar. Hal ini juga sering kali membuat keinginan untuk makan buyar, dan akhirnya memperlambat kesembuhan.  Sebenarnya, mengapa lidah terasa pahit saat demam?

Sekilas tentang demam

Demam bukanlah penyakit, melainkan gejala adanya masalah atau penyakit dalam tubuh. Ada begitu banyak gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan demam pada seseorang. Namun, penyebab demam yang paling sering adalah proses infeksi. Misalnya, infeksi virus atau bakteri.

Penyebab demam yang lainnya, antara lain pascaimunisasi, keracunan makanan, kanker, dan penggunaan obat-obatan.

Demam ringan tanpa disertai gejala lain rata-rata tidak membutuhkan penanganan medis yang khusus. Minum cukup cairan dan istirahat biasanya cukup untuk mengatasi demam. Tapi jika suhu tubuh melebihi 39,4 derajat Celsius, demam lebih dari tiga hari, dan orang tersebut memiliki penyakit serius, penting untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Sebagian besar demam disebabkan oleh infeksi. Karena itu, untuk mencegah terserang demam, cara terbaik yang dapat Anda lakukan adalah meminimalkan paparan terhadap virus dan bakteri serta menjaga praktik kebersihan.

Cucilah tangan secara rutin sebelum menyiapkan makanan dan makan, setelah ke toilet, setelah bersin, dan setelah menangani orang sakit. Lakukan dengan sabun dan di bawah air mengalir. Jika tidak ada akses air dan sabun, gunakan hand sanitizer berbasis alkohol. Pastikan juga Anda melindungi diri dengan vaksinasi, karena baik anak-anak maupun orang dewasa butuh imunisasi.

Gejala lidah pahit saat demam

Ketika demam, orang sering mengeluh tidak nafsu makan. Lidah terasa pahit kerap menjadi penyebab menurunnya nafsu makan tersebut. Padahal seharusnya, saat demam seseorang tetap menjaga asupan dan memperoleh nutrisi yang baik karena tubuh sedang berjuang mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Apa sebenarnya yang menyebabkan lidah terasa pahit saat demam? Terdapat beberapa hal yang berperan dalam kondisi tersebut.

Selama demam, peningkatan suhu tubuh juga terjadi di rongga mulut. Lalu, cairan dalam tubuh juga berkurang sehingga dapat masuk dalam kondisi dehidrasi. Akibatnya mulut penderita jadi kering. Kombinasi hal tersebut pada akhirnya memengaruhi kemampuan pengecapan dan mengubah rasa makanan di lidah menjadi pahit.

Selain itu, saat demam terjadi, tubuh mengeluarkan zat kimia sitokin. Zat tersebut juga menyebabkan lidah terasa pahit. Sitokin jenis TNF alfa yang diduga berperan dalam kondisi tersebut.

Terdapat dua mekanisme bagaimana sitokin TNF alfa menyebabkan lidah pahit. Pertama, stimulasi TNF alfa pada sel-sel lidah menimbulkan rasa pahit. Kedua, TNF alfa memengaruhi bagian sel otak yang bertanggung jawab dalam mengartikan rasa makanan sehingga sesuatu yang dimakan akan terasa pahit.

Itulah penjelasan mengapa lidah Anda terasa pahit saat demam. Meski begitu, pastikan Anda tetap memperoleh asupan yang bergizi selama demam. Ini sangat penting untuk membantu proses perbaikan masalah yang sedang terjadi di dalam tubuh Anda. Pilihlah menu makanan dan minuman yang sesuai dengan masalah kesehatan yang sedang Anda alami. Contohnya, hindari minum susu saat sedang diare.

[RS/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar