Sukses

Ini Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Demam

Ketika sedang sakit, misalnya demam, Anda bisa mengalami keluhan lidah pahit. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Lidah pahit merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh seseorang yang sedang sakit, misalnya demam. Kondisi ini kerap membuat penderitanya sulit untuk makan, di mana makanan yang dikonsumsi terasa aneh bahkan hambar.

Itulah mengapa, lidah terasa pahit kerap menjadi penyebab menurunnya nafsu makan saat sakit. Padahal seharusnya, saat demam seseorang tetap menjaga asupan dan memperoleh nutrisi yang baik karena tubuh sedang berjuang mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Perlu diketahui bahwa demam bukanlah suatu penyakit, melainkan tanda adanya masalah dalam tubuh. Ada begitu banyak gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan demam. Namun, penyebab demam yang paling sering adalah infeksi virus atau bakteri, pascaimunisasi, keracunan, penggunaan obat-obatan, dan kanker.

Lalu, apa penyebab lidah pahit saat sakit demam? Bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1 dari 3 halaman

Mengapa Lidah Terasa Pahit Saat Sakit Demam?

Ketika Anda demam, suhu dalam rongga mulut juga ikut meningkat. Lalu, cairan tubuh akan berkurang sehingga berisiko menimbulkan dehidrasi. Hal ini kemudian membuat mulut menjadi kering. Nah, kombinasi hal tersebut berdampak pada pengecapan di lidah Anda.

Artikel Lainnya: Mulut Terasa Pahit, Ada Gejala Penyakit Apa?

Lebih lanjut, tubuh Anda melepaskan sitokin saat demam. Zat kimia tersebut juga menyebabkan lidah pahit saat sakit demam. Sitokin jenis TNF-alfa lah yang diduga berperan dalam kondisi tersebut.

Ada beberapa mekanisme bagaimana sitokin TNF-alfa memicu lidah pahit saat sakit demam. Salah satunya, TNF-alfa merangsang sel-sel lidah sehingga menyebabkan rasa pahit.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sekarang Anda sudah tahu apa penyebab lidah pahit saat sakit demam. Nah, untuk membantu menghilangkan rasa pahit pada lidah, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti:

  • Merawat Gigi dengan Baik

Lakukan perawatan gigi secara teratur. Ini meliputi sikat gigi dua kali sehari (pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur), membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus, serta menggunakan obat kumur antibakteri.

Artikel Lainnya: Mulut Pahit Saat Bangun Tidur, Apa Sebabnya?

  • Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Anda bisa mengunyah permen karet bebas gula untuk membantu menghilangkan pahit pada lidah.

  • Manfaatkan Air Garam Hangat

Salah satu cara mengatasi lidah terasa pahit adalah dengan berkumur menggunakan air garam hangat.

  • Istirahat yang Cukup

Dengan istirahat cukup, demam yang Anda alami juga akan cepat pulih sehingga gejala lainnya ikut mereda.

  • Perbanyak Konsumsi Air Putih

Minum air putih dapat membantu mengatasi lidah yang terasa pahit. Anda juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang pedas dan berminyak, agar tidak memperburuk keluhan.

Itulah beberapa pengobatan yang bisa Anda lakukan untuk melawan rasa pahit di lidah. Kondisi tersebut memang hal yang lumrah saat demam.

Walaupun nafsu makan berkurang karena lidah terasa pahit dan makanan terasa hambar, Anda harus tetap makan makanan yang bernutrisi agar kondisinya cepat membaik.

Semakin cepat pulih, maka semakin cepat pula lidah akan kembali normal. Ini sangat penting untuk membantu proses perbaikan masalah yang sedang terjadi di dalam tubuh Anda. Namun, jika keluhan lidah pahit tak kunjung hilang, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai keluhan lidah pahit saat sakit demam atau masalah kesehatan lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter. Gratis!

[FY]

0 Komentar

Belum ada komentar