Menu
KlikDokter
Icon Search
Icon LocationTambah Lokasi KamuIcon Arrow
HomeInfo SehatGigi MulutIni Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Demam
Gigi Mulut

Ini Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Demam

dr. Devia Irine Putri, 08 Mar 2022

Ditinjau oleh Tim Medis Klikdokter

Icon ShareBagikan
Icon Like

Ketika sedang sakit, misalnya demam, Kamu bisa mengalami keluhan lidah pahit. Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya?

Ini Penyebab Lidah Terasa Pahit Saat Demam

Lidah pahit merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh seseorang yang sedang sakit, misalnya demam. Kondisi ini kerap membuat penderitanya sulit untuk makan, di mana makanan yang dikonsumsi terasa aneh bahkan hambar.

Padahal seharusnya, saat demam seseorang perlu menjaga asupan dan memperoleh nutrisi yang baik karena tubuh sedang berjuang mengatasi masalah yang sedang terjadi.

Perlu diketahui bahwa demam bukanlah suatu penyakit, melainkan tanda adanya masalah dalam tubuh. 

Ada begitu banyak gangguan kesehatan yang dapat menyebabkan demam. Seperti infeksi virus atau bakteri, keracunan, hingga kanker.

Lalu, apa penyebab lidah pahit saat demam? Bagaimana cara mengatasinya? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Mengapa Lidah Terasa Pahit Saat Sakit Demam?

Ketika Kamu demam, suhu dalam rongga mulut juga ikut meningkat. Lalu, cairan tubuh akan berkurang sehingga berisiko menimbulkan dehidrasi. Hal ini kemudian membuat mulut menjadi kering

Nah, kombinasi hal tersebut berdampak pada pengecapan di lidah Kamu.

Lebih lanjut, tubuh Kamu melepaskan sitokin saat demam. Zat kimia tersebut juga menyebabkan lidah pahit saat demam. Sitokin jenis TNF-alfa lah yang diduga berperan dalam kondisi tersebut.

Artikel Lainnya: Alasan Mengapa Ada Rasa Logam di Dalam Mulut

Ada beberapa mekanisme bagaimana sitokin TNF-alfa memicu lidah pahit saat demam. Salah satunya, TNF-alfa merangsang sel-sel lidah sehingga menimbulkan rasa pahit.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sekarang Kamu sudah tahu apa penyebab lidah pahit saat sakit demam. Nah, untuk membantu menghilangkan rasa pahit pada lidah, ada beberapa cara yang bisa Kamu lakukan, seperti:

1. Merawat Gigi dengan Baik

Lakukan perawatan gigi secara teratur. Ini meliputi sikat gigi dua kali sehari (pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur), membersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus, serta menggunakan obat kumur antibakteri.

2. Jangan Lupa Menyikat Lidah

Untuk membantu mengatasi lidah pahit saat demam, sikatlah lidah Kamu dengan lembut. Tak hanya di gigi, lidah bisa menjadi sarang kuman yang mana menjadi sumber infeksi.

3. Mengunyah Permen Karet Bebas Gula

Kamu bisa mengunyah permen karet bebas gula untuk membantu menghilangkan pahit pada lidah. 

Artikel Lainnya: Mulut Pahit Saat Bangun Tidur, Apa Sebabnya?

4. Manfaatkan Air Garam Hangat

Salah satu cara mengatasi lidah terasa pahit saat demam adalah dengan berkumur menggunakan air garam hangat. Kamu bisa berkumur 3-4 kali dalam sehari. 

5. Istirahat yang Cukup

Dengan istirahat cukup, demam yang Kamu alami juga akan cepat pulih sehingga gejala lainnya ikut mereda.

6. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Minum air putih dapat membantu mengatasi lidah yang terasa pahit saat demam. Kamu juga sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang pedas dan berminyak, agar tidak memperburuk keluhan.

7. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Saat demam, pastikan Kamu memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Usahakan menghindari makanan yang berlemak, asam, dan pedas. 

Hal ini berguna untuk mencegah peningkatan asam lambung yang dapat memperburuk keluhan mulut pahit saat demam. 

Artikel Lainnya: Mulut atau Lidah Terasa Manis? Waspada Gejala Diabetes

8. Makan Buah-buahan

Kamu bisa mengonsumsi jeruk, anggur, semangka, melon, ataupun buah-buahan yang Kamu sukai. 

Sedapat mungkin pilihlah yang rasanya manis dan segar. Hindari mengonsumsi buah yang terlalu asam karena justru dapat meningkatkan risiko refluks asam lambung.

Untuk memberikan rasa segar, Kamu bisa mengonsumsi buah dalam keadaan dingin. 

9. Hindari Kebiasaan Buruk

Untuk membantu mengatasi keluhan lidah pahit saat sakit, sebaiknya Kamu menghindari kebiasaan buruk seperti minum alkohol dan merokok. 

Tanpa disadari, kebiasaan buruk tersebut juga turut memperburuk keluhan lidah pahit. 

Itulah beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk mengatasi lidah pahit saat demam. Kondisi tersebut memang lumrah saat demam.

Walaupun nafsu makan berkurang karena lidah terasa pahit dan makanan terasa hambar, Kamu harus tetap makan makanan yang bernutrisi agar kondisinya cepat membaik.

Jika keluhan lidah pahit tak kunjung hilang, segera konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Apabila Kamu memiliki pertanyaan mengenai keluhan lidah pahit saat demam atau masalah kesehatan lainnya, jangan ragu untuk berkonsultasi melalui Live Chat 24 jam di aplikasi KlikDokter

[RS]

lidahDemam

Konsultasi Dokter Terkait

Tanya Dokter