Sukses

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi Alami dan Efektif

Tekanan darah tak hanya bisa diturunkan dengan mengonsumsi obat. Berikut ini daftar makanan penurun darah tinggi.

Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan timbulnya komplikasi berbagai penyakit seperti serangan jantung, stroke, pecahnya pembuluh darah, hingga gagal ginjal. 

Sering kali tekanan darah tinggi atau hipertensi pun tidak menimbulkan gejala dan tidak disadari oleh penderitanya. 

Untuk menurunkan hipertensi, bisa dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu sesuai rekomendasi dokter. 

Namun, menurunkan tekanan darah tinggi juga bisa dengan menerapkan pola makan sehat. Anda dapat mengonsumsi makanan penurun darah tinggi seperti berikut ini. 

1 dari 22 halaman

1. Sayuran Hijau

Menurut Harvard Medical School, banyak sayuran berdaun hijau, seperti kubis, bayam, dan collard mengandung kalium dan magnesium yang merupakan mineral utama untuk mengendalikan tekanan darah. Nutrisi ini merupakan bagian penting dari diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension).

Artikel Lainnya: Lakukan Hal Ini untuk Mencegah Tekanan Darah Tinggi 

Diet kaya kalium membantu tubuh menjadi lebih efisien dalam membuang kelebihan natrium. Sebaliknya, magnesium dalam sayuran hijau membantu meningkatkan aliran darah yang sehat.

2 dari 22 halaman

2. Telur

Telur juga bisa jadi pilihan makanan penurun tensi tinggi. Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam American Chemical Society, putih telur dapat menjadi makanan penurun darah tinggi alami.

Seperti yang dilaporkan pula oleh MensHealth.com, ketika tikus dengan tekanan darah tinggi diberi makan protein yang ditemukan dalam putih telur, tekanan darah mereka turun, sebanding dengan dosis rendah Captopril, obat penurun darah tinggi. 

Meski begitu, manfaat telur sebagai makanan penurun darah tinggi ini perlu penelitian lebih lagi.

3 dari 22 halaman

3. Brokoli

Brokoli adalah sumber yang baik untuk mineral pengatur tekanan darah, magnesium, kalsium, dan kalium. Sebuah studi pada hewan telah menemukan bahwa diet tinggi brokoli dapat membantu menurunkan darah tinggi alami paling cepat, penyakit kardiovaskular, dan stroke. 

Brokoli kaya akan senyawa yang dapat membantu mengurangi kerusakan pada arteri. Ini memungkinkannya untuk menjadi salah satu makanan untuk menurunkan darah tinggi.

Artikel Lainnya: Tanda-Tanda Anda Punya Bakat Hipertensi

4 dari 22 halaman

4. Jus Bit

Berdasarkan sebuah penelitian yang diterbitkan pada April 2013 di jurnal American Heart Association Hypertension, orang dengan tekanan darah tinggi yang minum sekitar 8 ons jus bit tekanan darahnya turun sekitar 10 mmHg. 

Bit bisa menjadi makanan penurun darah tinggi, karena diketahui mengandung zat yang bernama nitrat. Zat ini dapat diubah menjadi NO (nitrit oksida) di dalam tubuh yang berfungsi memperlebar pembuluh darah. Apabila pembuluh darah melebar, tekanan darah pun kemungkinan akan turun.

5 dari 22 halaman

5. Pisang

Sekali lagi, makanan penurun darah tinggi biasanya tinggi kalium. Nah, pisang bisa menjadi salah satu pilihan makanan untuk menurunkan darah tinggi secara alami. 

Satu pisang mengandung sekitar 420 miligram kalium. Jumlah ini setara dengan 11 persen dari konsumsi 4.700 miligram yang direkomendasikan American Heart Association setiap harinya.

6 dari 22 halaman

6. Cokelat Hitam

Jika Anda mencari makanan untuk darah tinggi yang rasanya enak, cokelat hitam bisa menjadi pilihan. Cokelat hitam kaya antioksidan yang disebut flavanol, yang membuat pembuluh darah lebih elastis. 

Untuk mendapatkan manfaat cokelat hitam dalam menurunkan tekanan darah tinggi, dianjurkan makan tidak lebih dari 1 ons sehari. Pastikan pula cokelat yang dimakan mengandung setidaknya 70 persen kakao.

7 dari 22 halaman

7. Buah Delima

Minum jus buah delima secara teratur dapat membantu mengurangi angka tekanan darah Anda. Tapi, sebaiknya jangan mengonsumsinya dengan menambahkan gula. 

Sebuah studi pada 2012 lalu menemukan bahwa konsumsi jus buah delima berpotensi menurunkan tekanan darah. Manfaat tersebut akan diperoleh ketika orang dewasa yang sehat minum 330 ml jus delima setiap hari selama empat minggu.

Artikel Lainnya: Hipertensi Sebabkan Darah Kental, Benarkah?

8 dari 22 halaman

8. Yoghurt

Yoghurt merupakan alternatif yang bagus untuk memenuhi kebutuhan susu Anda. Selain itu, yoghurt juga bisa menjadi pilihan makanan penurun darah tinggi yang cepat dan efektif. 

Menurut American Heart Association, wanita yang mengonsumsi 5 atau lebih porsi yoghurt seminggu, risiko terkena tekanan darah tinggi berkurang hingga 20 persen. 

Mengacu pada data tersebut, makanan ini juga dinilai mampu membantu mengurangi tekanan darah tinggi pada pria, meski studi lanjutan masih perlu dilakukan. 

9 dari 22 halaman

9. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu dari beberapa makanan yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Oatmeal mengandung jumlah serat yang tepat dan biji-bijian yang sangat penting untuk menjaga tekanan darah normal.

Penelitian klasik telah membuktikan bahwa makan oatmeal dapat menurunkan tekanan darah. Selain itu, serat dapat membantu Anda mempertahankan berat badan ideal dan mencegah obesitas, faktor risiko hipertensi.

10 dari 22 halaman

10. Bawang Putih

Sejak lama, bawang putih dipercaya sebagai makanan penurun darah tinggi. Antibiotik alami ini mengandung allicin sangat baik bagi penderita hipertensi. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa makan bawang putih memengaruhi pembuluh darah menjadi besar, yang mengakibatkan tekanan darah juga berubah.

Artikel Lainnya: Mengenal Hipertensi Renovaskular dan Cara Mengatasinya

11 dari 22 halaman

11. Semangka

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kandungan asam amino sitrulin yang ditemukan dalam buah semangka dapat membantu mengelola tekanan darah tinggi.

Sebuah studi menemukan mereka yang mengonsumsi ekstrak semangka mengalami penurunan tekanan darah secara alami, khususnya di pergelangan kaki dan arteri lengan.

12 dari 22 halaman

12. Buah Kiwi

Kiwi dipercaya sebagai salah satu buah penurun darah tinggi. Para peneliti menemukan bahwa makan tiga buah kiwi sehari selama delapan minggu dapat menurunkan tekanan darah

Sementara itu, satu porsi kiwi harian juga bisa mengurangi tekanan darah pada orang-orang yang tekanan darahnya meningkat, meski tidak signifikan.

13 dari 22 halaman

13. Buah Beri

Makanan yang bisa menurunkan darah tinggi selanjutnya adalah buah beri. Pigmen yang memberi warna pada jenis buah beri, seperti blueberry, stroberi, dan blackberry, kaya akan antosianin yang punya manfaat luar biasa bagi pembuluh darah Anda.

Ini adalah senyawa alami yang dapat membantu dinding arteri menjadi lebih luas dan lebih fleksibel untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung Anda.

14 dari 22 halaman

14. Ikan Berlemak

Ikan berlemak yang memiliki kandungan omega-3 tinggi, seperti salmon, dapat bermanfaat sebagai makanan untuk orang darah tinggi. Penelitian menunjukkan omega-3 dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

American Heart Association merekomendasikan untuk makan ikan berlemak setidaknya dua kali dalam seminggu.

Artikel Lainnya: Daftar Komplikasi Hipertensi yang Mesti Diwaspadai

15 dari 22 halaman

15. Minyak Zaitun

Tidak ada salahnya mengganti minyak sawit Anda selama ini dengan minyak zaitun. Pasalnya, minyak zaitun mengandung senyawa polifenol. Senyawa ini, menurut peneliti dari University of California, dapat melawan peradangan dan menurunkan darah tinggi. 

Kandungan polifenol dalam minyak zaitun sangat baik untuk tubuh. Polifenol dapat meningkatkan kesehatan pembuluh darah dan membantu pembuluh darah tetap elastis. Ini adalah pilihan cerdas untuk lemak sehat. Gunakan sebagai pengganti mentega, minyak sayur, atau minyak kanola dalam masakan Anda saat mengolah makanan penurun darah tinggi.

16 dari 22 halaman

16. Buah Sitrun

Buah sitrus seperti jeruk, jeruk bali, dan lemon merupakan makanan penurun darah tinggi alami. Ini berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Journal of Nutrition and Metabolism pada tahun 2014. 

Penelitian tersebut melihat pengaruh sitrus terhadap 101 wanita di Jepang selama 5 bulan. Hasilnya, para partisipan melaporkan bahwa jus lemon yang dikombinasikan dengan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki, dapat menurunkan tekanan darah sistolik secara signifikan. 

17 dari 22 halaman

17. Kacang Pistachio

Makanan penurun darah tinggi lain yang bisa Anda coba yaitu kacang pistachio. Kacang pistachio mengandung berbagai vitamin dan mineral penting, termasuk kalium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung dan tekanan darah. 

Berdasarkan penelitian meta analisis yang dilansir pada the American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2015, melaporkan bahwa di antara semua jenis kacang yang diteliti (walnut, almond, hazelnut, mede, makadamia, pistachio, kacang tanah, dan kacang kedelai), kacang pistachio memiliki efek yang paling signifikan dalam menurunkan tekanan darah. 

18 dari 22 halaman

18. Wortel

Selama ini Anda mungkin hanya tahu manfaat wortel untuk kesehatan mata saja. Namun ternyata, wortel juga menjadi sayuran penurun darah tinggi, lho! Wortel mengandung chlorogenic, p-coumaric, dan caffeic acids yang dapat membantu turunkan tekanan darah. 

Artikel Lainnya:  Benarkah Hipertensi Menyebabkan Impotensi? Ini Faktanya!

Meski wortel dapat dicampurkan di berbagai olahan masakan, sebaiknya konsumsi mentah jika Anda ingin mendapatkan manfaatnya sebagai makanan penurun darah tinggi. Studi dari Journal of Human Hypertension tahun 2014 pada 2.195 orang usia 40-59 tahun, menyimpulkan bahwa konsumsi wortel mentah secara rutin dapat menurunkan tekanan darah. 

19 dari 22 halaman

19. Seledri

Seledri sudah lama populer sebagai makanan penurun darah tinggi. Sayuran ini memiliki kandungan phthalid yang bermanfaat untuk membuat pembuluh darah “rileks” dan menurunkan tekanan darah. 

Sama halnya seperti wortel, penelitian dari Journal of Human Hypertension, juga menyebutkan bahwa untuk mendapatkan manfaat penurun darah tinggi sebaiknya seledri dikonsumsi secara mentah. 

20 dari 22 halaman

20. Chia Seeds

Chia seeds kini sedang naik pamor menjadi super food yang diklaim memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, salah satunya sebagai makanan untuk menurunkan darah tinggi. 

Chia seeds mengandung kalium, magnesium, dan serat yang penting untuk pengaturan tekanan darah. Penelitian pada jurnal Plant Foods for Human Nutrition di tahun 2014, melaporkan bahwa mengonsumsi chia seeds 35 gr setiap harinya selama 12 minggu dapat menurunkan kebutuhan dosis obat darah tinggi pada penderita hipertensi. 

21 dari 22 halaman

21. Bayam

Seperti buah bit, bayam kaya akan nitrat. Selain itu bayam juga tinggi akan antioksidan, kalium, kalsium, dan magnesium yang dapat menjadi pilihan makanan penurun darah tinggi. 

Menurut studi yang dilansir di jurnal Clinical Nutrition Research pada tahun 2015, disebutkan bahwa subjek penelitian yang diberikan sayur bayam 500 ml setiap harinya selama 7 hari mengalami penurunan tekanan darah. 

Berbagai buah, sayur, dan makanan di atas dapat menjadi pilihan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, jika ingin mengonsumsi buah dan sayur serta ingin mendapatkan manfaat penurun darah tinggi, sebaiknya konsumsi mentah dan tidak ditambahkan apapun. 

Konsumsinya juga tentu harus dibarengi dengan pola hidup sehat, seperti rutin berolahraga dan menghindari hal yang meningkatkan risiko meningkatnya tekanan darah. 

Untuk berkonsultasi langsung dengan dokter, Anda bisa gunakan fitur LiveChat di aplikasi KlikDokter

(PUT/NM)

1 Komentar