Sukses

  • Home
  • Info Sehat
  • Berbagai Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Akupuntur

Berbagai Penyakit yang Bisa Disembuhkan dengan Akupuntur

Akupuntur terbukti bermanfaat bagi kesehatan dan dapat menyembuhkan penyakit. Apa saja penyakit yang bisa disembuhkan dengan akupuntur? Simak di sini.

Akupunktur adalah tindakan yang melibatkan masuknya jarum kecil dan halus ke kulit. Akupunktur juga dikenal sebagai terapi penunjang yang mampu mengurangi berbagai gejala kondisi kesehatan. 

Meski masih menjadi kontroversi di kalangan medis dunia barat, namun terdapat beberapa bukti dari dunia timur yang mendukung efektivitas akupunktur.

Selain mengurangi rasa nyeri,  beberapa gejala penyakit dipercaya bisa disembuhkan dengan terapi akunpunktur. Berikut beberapa manfaat akupunktur untuk pengobatan yang bisa Anda coba.

1 dari 6 halaman

1. Stres

Untuk sebagian orang, stres dapat menjadi akar dari berbagai masalah kesehatan. Stres dapat menjadi faktor pemicu insomnia, ketegangan otot, dan gangguan pencernaan. Akupunktur dapat menjadi terapi penunjang untuk mengurangi stres dengan menenangkan sistem saraf Anda.

2. Insomnia

Akupunktur diyakini bisa membantu mengatasi Anda yang sulit memulai tidur maupun mempertahankan tidur. Dengan menggunakan jarum yang diletakkan di beberapa titik tertentu, akupunktur diyakini dapat menangani insomnia

Bahkan, sebagian orang mengaku, setelah melakukan terapi akupunktur mereka merasakan tidur yang lebih nyenyak.

Artikel Lainnya: Efektifkah Akupuntur untuk Atasi Sakit Kepala?

3. Masalah Kesuburan 

Akupunktur dipercaya dapat membantu mengatur hormon kesuburan dan meningkatkan kesempatan wanita untuk hamil. Jangan khawatir, pria juga bisa mencoba akupunktur untuk gangguan kesuburan seperti impotensi atau prostatitis.

2 dari 6 halaman

4. Gangguan Muskuloskeletal

Muskuloskeletal adalah bagian tubuh yang meliputi otot, tulang rawan, tendon, ligamen, jaringan ikat. Bagian tubuh muskuloskeletal berguna untuk membantu Anda bergerak. Berbagai gangguan seperti arthritis, tendinitis, dan bursitis (termasuk dalam gangguan muskuloskeletal) seringkali dapat diatasi dengan akupunktur. 

Terapi menggunakan jarum kecil ini disebut-sebut dapat mengurangi rasa nyeri ketika mengidap gangguan muskuloskeletal.

5. Nyeri Kepala dan Migrain

Saat mengalami nyeri kepala dan migrain, biasanya seseorang akan berbaring di kamar yang gelap dan sunyi untuk mengurangi gejala tersebut. Sebetulnya, mereka dapat mencoba akupunktur untuk membantu mengurangi kambuh serta keparahan dari migrain dan nyeri kepala. 

Selain itu, akupunktur juga dapat membantu mengatasi tension headache dan nyeri kepala akibat sinus yang sedang meradang.

Artikel Lainnya: Benarkah Akupunktur Efektif untuk Atasi Obesitas?

3 dari 6 halaman

6. Nyeri Haid

Sebuah studi menyatakan bahwa intensitas dan durasi nyeri yang dirasakan saat haid bisa berkurang hingga 50 persen ketika seseorang melakukan terapi akupunktur. Efektivitas akupunktur dapat dirasakan setelah Anda melakukan terapi sebanyak 12 kali, selama 3 kali siklus menstruasi. Manfaat akupunktur ini juga punya pengaruh positif terhadap kualitas hidup wanita.

7. Alergi

Alergi musiman atau yang dipicu oleh lingkungan, dapat menyebabkan gejala seperti sinus tersumbat, ingus mengalir, mata berair dan gatal, serta bersin. Gejala alergi tersebut dapat diringankan dengan akupunktur. 

Terapi akupunktur juga dapat dilakukan sebagai pencegahan atau upaya mengendalikan gejala ketika musim maupun paparan pemicu alergi sedang tinggi-tingginya.

4 dari 6 halaman

8. Irritable Bowel Syndrome (IBS)

Penyakit Irritable bowel syndrome adalah kondisi yang dipercaya bisa disembuhkan dengan akupunktur. IBS memiliki gejala, seperti kentut berlebihan, nyeri perut, dan begah. 

IBS juga dapat menyebabkan Anda jadi tak nyaman karena harus ke toilet terus menerus. Dengan akupunktur, gejala IBS dapat berkurang sehingga Anda tidak terlalu terganggu gejala yang dirasakan dan menikmati hidup. 

Artikel Lainnya: Efektifkah Menghilangkan Varises dengan Akupunktur?

9. Fibromyalgia

Fibromyalgia merupakan kondisi lelah, susah tidur, dan disertai nyeri di seluruh tubuh. 

Akupunktur disebut-sebut dapat meredakan nyeri di titik tertentu tubuh akibat fibromyalgia. Selain itu, terapi pendamping ini dipercaya dapat meningkatkan mood, dan memperbaiki tidur. 

5 dari 6 halaman

10. Kecemasan dan Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD)

Mirip dengan stres, kecemasan dan PTSD merupakan tantangan besar bagi sebagian orang. Orang dengan PTSD dan kecemasan dapat mengalami serangan panik, kesulitan tidur, hingga jantung berdegup kencang. 

Akupunktur dapat menenangkan respon “fight or flight” yang dikeluarkan oleh tubuh dan mengurangi gejala PTSD serta kecemasan. 

Apabila ingin mencoba manfaat akupuntur untuk kesehatan, pastikan Anda tidak memiliki gangguan penggumpalan darah atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah. Disarankan juga untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan akupunktur sebagai terapi pendamping. 

Lakukan akupunktur di tempat dan dengan praktisi yang berlisensi agar terapi yang Anda lakukan efektif. Bila perlu, minta rekomendasi dari dokter Anda. Apabila ingin konsultasi dengan dokter, gunakan fitur Live Chat di aplikasi Klikdokter.

(OVI/JKT)

0 Komentar

Belum ada komentar