Sukses

Lakukan 7 Hal Ini Bila Ingin Tetap Sehat Selama Musim Flu

Musim flu sudah datang seiring curah hujan yang kian tinggi. Berikut ini beberapa tips untuk tetap sehat meski rekan-rekan Anda sedang flu.

Klikdokter.com, Jakarta Seraya meningkatnya curah hujan, flu juga rentan menyerang siapa saja yang kekebalan tubuhnya sedang menurun. Meski sering kali tidak berbahaya, tetap saja penyakit flu bisa mengganggu aktivitas Anda. Ketahui tips untuk menjaga kesehatan selama musim flu seperti sekarang ini.

Flu merupakan reaksi peradangan pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh infeksi virus. Gejala flu biasanya ditandai dengan adanya sumbatan di hidung, bersin, tenggorokan gatal, hidung meler, batuk, suara serak, badan lemas, sakit kepala, demam, dan mata berair.

Virus flu sendiri sebenarnya bisa hilang dari tubuh dengan cara cukup beristirahat. Akan tetapi, untuk kasus flu yang berat, Anda membutuhkan bantuan penanganan medis dan obat untuk meredakannya.

Namun, mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. Agar terhindar dari penyakit flu, lakukanlah beberapa tips sehat di bawah ini selama musim flu:

1. Berpikir positif dan perbanyak tawa 

Di tengah masalah hidup yang kian berat, cobalah untuk memandang segala sesuatunya dari sisi yang positif. Cara ini sangat baik untuk menjaga ketahanan tubuh Anda. Selain berpikir positif, tertawa juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. Satu studi menemukan bahwa setelah orang menertawakan video lucu, sistem kekebalan tubuh mereka bekerja dengan lebih baik.

2. Makan buah dan sayuran berwarna 

Buah dan sayuran berwarna memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Nutrisi ini membantu Anda menjaga tubuh dari radikal bebas yang dapat membahayakan kesehatan Anda. Cobalah untuk makan jeruk, paprika hijau, brokoli, kiwi, stroberi, wortel, semangka, pepaya, sayuran berdaun hijau, dan blewah pada musim flu saat ini.

3. Banyak bergerak 

Olahraga adalah cara sederhana untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda, karena membuat Anda lebih banyak bergerak. Aktivitas ini juga dapat meredakan stres dan membuat Anda cenderung terhindar dari osteoporosis, penyakit jantung, dan jenis kanker tertentu.

Anda akan merasakan hasilnya setelah rutin berolahraga selama 30 menit dalam sehari. Tidak perlu yang berat-berat, Anda bisa mulai dengan melakukan joging, bersepeda, berjalan kaki, melakukan yoga, atau berenang.

4. Tidur nyenyak 

Tanpa tidur nyenyak, sistem kekebalan tubuh Anda tidak akan akan memiliki kekuatan untuk melawan penyakit. Sebagian besar orang dewasa membutuhkan sekitar 6 hingga 8 jam untuk tidur setiap malamnya. Agar tidur Anda lebih nyenyak, buatlah jadwal tidur yang teratur.

Lalu, cobalah untuk tetap aktif di siang hari, tidak mengonsumsi kafein serta minuman keras menjelang waktu tidur, jaga suhu kamar tetap sejuk, dan buat tubuh Anda serelaks mungkin sebelum tidur.

5. Hindari konsumsi alkohol 

Tak hanya perlu dihindari menjelang waktu tidur, sebaiknya Anda menghindari konsumsi alkohol selama musim flu seperti sekarang ini. Sebab, terlalu banyak alkohol dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan Anda lebih sering sakit, termasuk terserang flu.

6. Berhenti merokok 

Demi mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang optimal, berhentilah merokok. Selain itu, bagi Anda yang tidak merokok, jauhi asap rokok dari perokok aktif. Menjadi perokok pasif juga cukup berbahaya dan dapat menurunkan kualitas kesehatan Anda.

7. Rajin cuci tangan

Kuman-kuman yang ada di tangan bisa menjadi sumber penyakit. Gunakan cairan antiseptik untuk mencuci tangan, dan bilas dengan air bersih yang mengalir, minimal selama 20 detik. Jika Anda tidak mau repot, hand sanitizer dapat membantu (kecuali kulit Anda kotor dengan kotoran dan minyak).

Hand sanitizer tidak akan menghapus semua kuman yang ada di tangan, tetapi setidaknya pilihlah hand sanitizer yang mengandung 60 persen alkohol. Kandungan ini biasanya cukup ampuh untuk membunuh kuman yang menempel di tangan Anda.

Musim hujan tengah berlangsung, dan flu rentan terjadi. Tak heran, banyak orang-orang di sekitar Anda yang terserang penyakit flu. Nah, agar tetap sehat pada musim flu seperti sekarang ini, perkuat benteng pertahanan tubuh Anda dengan kiat-kiat di atas. Sehingga, sistem kekebalan tubuh Anda baik, dan flu pun enggan mendekat.

[NP/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar