Sukses

Berapa Lama Kebutuhan Tidur Bayi?

Kebutuhan tidur bayi berbeda-beda sesuai usianya. Bagi orang tua baru, ketahui berapa lama bayi seharusnya tidur.

Klikdokter.com, Jakarta Tak sedikit orang tua baru yang dibuat bingung dengan bayi yang tidur terus-menerus, atau hanya bangun beberapa jam dalam sehari. Beda dengan orang dewasa, bayi membutuhkan waktu tidur yang lebih lama. Kebutuhan tidur bayi bisa berbeda-beda, bergantung pada usia. Berapa lama sebetulnya bayi membutuhkan waktu untuk tidur?

Dilansir dari Stanford Children’s Health, bayi yang baru lahir akan menghabiskan waktu hampir seharian untuk durasi tidur yang singkat. Seiring dengan bertambahnya usia bayi, jumlah kebutuhan tidur bayi dalam sehari akan berkurang.

Kebutuhan tidur bayi berdasarkan usia

Umumnya, bayi baru lahir akan menghabiskan waktu 8-9 jam untuk tidur pada siang hari dan sekitar 8 jam pada malam hari. Namun, dalam setiap waktu tidur, bayi biasanya akan tidur kurang dari 2 jam, lalu kembali terbangun baik pada waktu siang maupun malam. Untuk lebih jelasnya, berikut di bawah ini adalah penjabaran kebutuhan tidur bayi.

  • Bayi 0-3 bulan

Kebanyakan bayi baru lahir tidak memiliki pola tidur siang ataupun malam. Ini karena pada usia tersebut, bayi masih belajar untuk beradaptasi, membedakan siang dan malam. Secara umum, bayi baru lahir akan tidur 16-20 jam dalam sehari. Namun, bayi akan terbangun setiap 2-4 jam untuk menyusu.

Dalam 12 minggu pertama, bayi baru lahir akan mulai beradaptasi untuk tidur siang dan malam hari. Menginjak usia 3 bulan, waktu tidur bayi akan berkurang, yaitu 14-15 jam dalam sehari.

  • Bayi 3-6 bulan

Pada rentang usia ini, bayi akan tidur selama 10-18 jam dalam sehari, dengan rata-rata 14 jam sehari. Sama seperti bayi yang baru lahir, bayi pada usia ini juga akan terbangun untuk menyusu.

Meski pola tidur bayi bisa berbeda-beda, tapi pada umumnya bayi dalam rentang usia ini akan tidur siang sebanyak tiga kali. Untuk membantu bayi tertidur, ia pun membutuhkan bantuan orang dewasa untuk membuatnya merasa nyaman. Misalnya dengan digendong atau ditenangkan.

  • Bayi 6-12 bulan

Saat memasuki usia 6-12 bulan, bayi akan membutuhkan waktu tidur sekitar 14 jam dalam sehari. Pada siang hari, bayi akan tidur selama 1-2 jam, sedangkan pada malam hari biasanya ia akan tidur antara pukul 6 sore – 10 malam.

Saat malam hari, bayi biasanya akan butuh waktu hingga 30 menit untuk bisa tertidur. Bayi juga akan sering terbangun pada malam hari, sehingga membutuhkan bantuan orang dewasa untuk kembali tertidur. Sekitar 1 dari 10 bayi akan melakukannya sekitar 3-4 kali dalam satu malam.

  • Bayi 12-18 bulan

Dalam 24 jam, bayi berusia 12-18 bulan membutuhkan waktu tidur selama 13-15 jam. Kebanyakan bayi akan tidur siang dua kali dalam sehari, hingga ia berusia 18 bulan. Selain itu, bayi dalam rentang usia ini juga sedang asyik mengeksplorasi lingkungan sekitar, sehingga kadang sulit untuk membuatnya tidur pada malam hari. Bayi pun biasanya akan cenderung memilih untuk bermain bersama anggota keluarga lainnya dibandingkan tidur.

Mengetahui berapa lama kebutuhan tidur bayi akan sangat berguna untuk menyesuaikan waktu tidurnya, juga bagi Anda—khususnya orang tua baru—untuk beradaptasi dengan waktu tidur bayi. Seiring bertambahnya usia bayi, tetapkanlah jam tidur yang tepat. Misalnya sudah di kamar tidur jam 07.30 malam, atau menidurkannya saat ia sudah tampak mengantuk. Jika ini dibiasakan, nantinya anak akan memiliki kebiasaan tidur yang baik, tidurnya pun akan berkualitas, sehingga tumbuh kembangnya bisa optimal.

[RN/ RVS]

0 Komentar

Belum ada komentar